HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Dasar-Dasar Belajar Komputer Bagi Pemula

Dasar-Dasar Belajar Komputer Bagi Pemula

Bagaimana caranya mempelajari komputer untuk pemula ? Jangan cemas,berikut ini  dasar-dasar lengkap serta kiat untuk belajar komputer termudah bagi pemula :

1.Mempunyai Niat Belajar Komputer

Tanpa adanya niat yang kuat,maka apapun proses belajar yang kalian lakukan akan terhambat.Dengan niat yang baik,kalian tidak akan mudah goyah atau mundur dari proses pembelajaran meski di pertengahan prosesnya bertemu dengan banyak kendala.Karena itu,sebelum terjun praktek belajar,maka kalian perlu memiliki niat.

Cari tahu apa tujuan kalian mempelajari komputer,apakah untuk mempermudah pekerjaan ? Atau untuk mendukung aktivitas belajar di sekolah ? Seberapa penting peranan komputer bagi kalian ? Apakah dengan belajar komputer,beban pekerjaan dapat menjadi ringan ? Belajar komputer pada dasarnya tidak sulit.Hanya saja,kalian akan dituntut untuk memiliki kesabaran,sebab untuk bisa lebih cepat lancar menggunakan komputer,kalian harus sering berpraktek sendiri menggunakannya setiap hari.

2.Memiliki Tujuan Penggunaan Komputer

Kalian harus membuat tujuan penggunaan komputer,setelah mengetahui tujuan dan niat mendasar belajar komputer,bisa menyusun skala prioritas serta spesifikasi dari tujuan tersebut.

Komputer adalah peralatan yang sangat kompleks,karena itu,komputer mempunyai banyak sekalikegunaan di dalamnya.Sebuah komputer dapat digunakan untuk beragam tujuan berbeda,tergantung pada kebutuhan dari masing-masing user.Dengan komputer Anda bisa mencari banyak referensi dan informasi di internet, mengedit gambar dan video, menonton film, menyimpan aneka file, membuat aneka jenis dokumen, dan seterusnya.

Jadi,apa tujuan terpenting kalian dari mempelajari komputer ? Dengan mengetahui tujuan utama belajar komputer,selain bisa cepat dalam proses belajar,kalian bisa fokus pada pembelajaran yang mendukung tujuan kalian.Alhasil,pembelajaran komputer akan semakin efisien.

3.Memiliki Komputer Sendiri

Mengapa harus memiliki komputer sendiri? Tentu dengan memiliki komputer sendiri, jadi lebih leluasa dalam berlatih komputer.Selain masalah kenyamanan dalam manajemen waktu,dengan mempunyai komputer sendiri membuat kalian lebih leluasa menginstal software yang dibutuhkan untuk bekerja. Jumlah jam untuk berlatih komputer pun akan lebih banyak,karena kalian bisa belajar komputer dimanapun.

Saat ini ada banyak sekali komputer serta laptop yang bisa dibeli dengan harga murah mulai dari 3 juta rupiah.Membeli komputer saat ini sangat mudah dan praktis,karena dapat dilakukan via online di e-commerce.Cukup dengan klik produk yang ingin dibeli,maka komputer pesanan akan dikirimkan ke alamat kalian.

4.Selalu Rajin Berlatih

Rajin berlatih menjadi kunci utama dalam proses penguasaan komputer.Hal ini sama dengan keterampilan lainnya,untuk bisa mahir menggunakan komputer,maka kalian harus rajin berlatih dan sesering mungkin.Semakin kalian sering berlatih,maka akan semakin hafal dengan letak-letak serta berbagai macam instruksi yang perlu kalian lakukan untuk bisa mengoperasikan komputer.

Proses latihan sangat penting sekali peranannya dalam kesuksesan kalian belajar komputer.Semakin sering berlatih,maka akan semakin cepat kalian bisa menguasai komputer.

5.Komponen Yang Ada Pada Komputer

Jika Anda pernah memerhatikan sebuah perangkat komputer,maka kalian akan menyadari bahwa komputer yang utuh disusun oleh beragam komponen yang berbeda.Berikut beberapa di antaranya yang wajib kalian ketahui agar bisa semakin lancar mengoperasikan komputer :

Monitor

Monitor adalah layar dari komputer yang memiliki fungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan yang sudah diproses oleh komputer.Monitor baru bisa bekerja jika disambungkan ke komputer.Jadi,monitor bukanlah komputer,hanya bagian pelengkap dari komputer saja.

Seiring perkembangan teknologi modern,bentuk monitor layar tabung ini mulai digantikan dengan aneka layar yang lebih tipis dan lebar.Bentuk layar modern kekinian dan banyak digunakan masyarakat modern terkenal dengan nama layar LED dan LCD.

Processor

Komputer jelas memiliki mesin khusus agar bisa beroperasi sesuai perintah dan kehendak kalian,seperti membuat dokumen,memutar lagu dan video, menjelajahi internet dan lainnya.Komputer bisa bekerja mengolah berbagai informasi menjadi tampilan visual (output),karena dibantu oleh mesin khusus bernama processor.

Processor merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai otak komputer.Semua perintah-perintah yang dijalankan komputer akan diproses oleh processor.Proses kerjanya seperti ini : kalian memasukkan input (data) ke komputer,lalu komputer akan mengolah data kalian sesuai arahan yang paling sesuai.Arahan ini dapat dijalankan oleh komputer berkat otak dan kecerdasan buatan yang dimiliki processor,sampai akhirnya,data yang sudah diolah akan muncul sebagai output atau hasil sesuai yang kalian inginkan.

Harddisk

Hardisk adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer.Semua data yang ada dalam komputer baik itu dokumen,gambar, data sistem,OS,aplikasi akan tersimpan dalam perangkat ini.Komputer kalian pasti akan mempunyai ruang penyimpanan yang sangat besar.Untuk cek kalian bisa membuka bagian File Explorer>klik Local Disk C dan Local Disk D yang tertera di bagian kiri layar.Disetiap local disk mempunyai ukuran yang sangat besar,umumnya mencapai ratusan GB.

Ukuran hardisk yang besar biasanya membantu dalam proses instalasi dan pengoperasian beragam aplikasi di komputer kalian.Jadi kalian tidak perlu khawatir aplikasi kalian akan macet saat dioperasikan.Ruang yang dimiliki komputer sudah sangat besar dan mendukung kinerja setiap aplikasi secara maksimal.Ukuran hardisk setiap komputer umumnya berbeda.Di era modern ini,ukuran minimal sebuah harddisk komputer adalah 160 GB.Ukuran ruang ini pun masih dapat kalian tambah dengan menggunakan hardisk eksternal hingga mencapai 1 terabyte (TB).

RAM

Random Acces Memory atau RAM berfungsi untuk menyimpan memori di komputer secara sementara.Jadi,sebelum data diproses oleh processor,maka data ini disimpan di RAM.Data pun juga disimpan kembali di RAM saat selesai diproses oleh processor sebelum ditampilkan sebagai output ke hadapan pengguna.

VGA

Video Graphics Array atau VGA merupakan standar tampilan dari komputer analog pertama di tahun 1987.Kini,standar tampilan VGA sudah tidak dipakai lagi,digantikan oleh standar grafis yang lebih modern yakni kartu grafis komputer.Meski begitu,tampilan dari perangkat komputer berbasis Windows masih banyak menggunakan VGA,sebab VGA masih kompatibel (didukung) oleh banyak kartu grafis.

Istilah VGA sering dipakai untuk merujuk pada resolusi layar berukuran 640 x 480.Ada juga yang menyebut VGA dengan nama lain yakni video card,display card,video adapter,graphics adapter,graphics board,display adapter dan graphics card.

Motherboard

Motherboard merupakan komponen komputer yang paling esensial.Bentuknya seperti papan tipis dengan banyak sambungan kabel di dalamnya.Fungsi motherboard yakni untuk menampung seluruh komponen-komponen lainnya dari sebuah komputer.

Peranan motherboard dalam sebuah komputer memang sangat vital,sebab kegunaan dari motherboard yakni untuk menghubungkan semua komponen dalam komputer untuk saling berinteraksi dan bekerja satu sama lain.Motherboard berperan penting dalam mengatur BIOS atau Basic Input Output System komputer,VGA,processor,RAM,chipset (pengaturan koneksi input output komputer), dan penambahan additional cards seperti PCI dan ISA.

Power Supply

Power supply memiliki fungsi untuk memasok aliran listrik dari PLN menuju ke komputer.Bentuk dari power supply biasanya kotak dengan banyak kabel saling tersambung.Tanpa ada power supply,maka komputer tidak akan mendapat pasokan listrik untuk bisa dinyalakan dan beroperasi.Kalian harus memastikan komputer terpasang ke aliran listrik dan power supply dengan benar agar komputer dapat menyala.

Casing

Bagian dari komponen komputer yang paling luar dan bisa kita lihat kapanpun juga adalah casing. Casing berfungsi sebagai tempat semua komponen komputer diletakkan. Casing pun menjadi “tameng pelindung” dari komputer dari partikel-partikel kecil semacam debu.

Partikel debu jelas dapat merusak dan mengganggu jalannya system komputer, oleh sebab itu Anda disarankan untuk menggunakan komputer yang memiliki casing lengkap.

Walaupun sebenarnya tanpa casing pun, komputer bisa beroperasi, tetapi casing juga memiliki peranan lain yakni untuk melindungi pengguna dari sengatan listrik yang mengaliri komputer. Oleh sebab itu, peranan casing menjadi semakin penting dalam komputer.

6.Mengetahui Sistem Operasi Komputer

Ada tiga jenis sistem operasi yang biasa dipakai di Indonesia, yang pertama dan yang paling banyak dipakai adalah Windows, kedua adalah Linux dan ketiga adalah Macintosh. Oleh sebab mayoritas pengguna komputer adalah pengguna system operasi Windows.

7.Software Yang Digunakan Di Komputer

Kalian perlu memahami software-software atau aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna komputer.Ini dikarenakan,untuk bisa merampungkan tugas dan pekerjaan dari user,komputer tidak hanya dapat mengandalkan sistem operasi yang mereka miliki saja.Jika diibaratkan,sistem operasi tersebut hanyalah sebagai wadah dan alat bantu untuk melancarkan aneka tugas yang diinput oleh pengguna.

Namun pada prakteknya,untuk lebih mudah melaksanakan tugas dan mendapatkan hasil,maka perlu memanfaatkan kinerja dari beragam software alias aplikasi komputer.Beragam jenis aplikasi milik komputer seperti browser,pemutar video,Microsoft Word,paint,Microsoft Excel,Power Point hingga aplikasi Adobe Photoshop dan Movie Maker.

Demikian pembahasan artikel kali ini.Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian yang baru ingin belajar tentang komputer.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

14 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

16 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

3 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

3 days ago