HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Bagaimana Cara Menaikkan Rating di Playstore Terbaru 2021 ?

Ketika ranking dan rating app di Playstore menjadi semakin menurun,kalian harus sigap melakukan berbagai upaya untuk memastikan aplikasi buatan kalian tetap populer.Salah satu cara menaikan rating yakni menggunakan ASO.

ASO adalah cara menaikkan rating di Playstore terbaik yang wajib kalian coba.Seperti apa kira-kira cara memasarkan aplikasi dengan ASO ? Berikut ini cara-cara menaikkan rating di Playstore dengan App Store Optimization yang bisa kalian lakukan demi menambah pengguna aplikasi bisnis penghasil uang kalian.

ASO : Cara Memasarkan Aplikasi Terbaik

ASO adalah singkatan dari App Store Optimization.ASO adalah cara menaikkan rating di Playstore itu sendiri.Melalui optimalisasi pada sejumlah aspek seperti kata kunci deskripsi,foto icon dan lainnya.Orang-orang dapat menemukan aplikasi kalian dengan mudah,bahkan aplikasi yang dimaksimalkan dengan ASO seringkali menduduki peringkat pertama halaman depan Playstore.

Strategi ASO diciptakan bertujuan serupa dengan SEO (Search Engine Optimization).Bisa dikatakan bahwa ASO dan SEO serupa hanya berbeda tempat dan objek yang dioptimalkan.Jika SEO mengoptimalisasi website di mesin pencari (seperti Google),maka ASO mengoptimalisasi aplikasi di dunia Google Play (Android) dan Apple Store (iOS).Mengaplikasikan teknik ini sangat penting mengingat ada begitu banyak aplikasi yang beredar di Playstore.

Kesimpulannya tanpa menggunakan ASO otomatis aplikasi kalian di playstore akan mudah tenggelam dan berada paling bawah di banding aplikasi kompetitor lainnya.

Cara-Cara Menaikkan Rating Di Playstore Menggunakan ASO

Berikutnya kita simak saja berbagai cara memasarkan aplikasi sekaligus menaikkan ratingnya di Playstore saat pandemi dengan ASO.Berikut ini tips-tipsnya :

Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Studi menunjukkan sekarang ini sebagian besar masyarakat mulai mencari aplikasi secara spesifik.Karena itu,mereka mencari rekomendasi nama-nama aplikasi menarik untuk digunakan.Kebiasaan ini akhirnya mengubah gaya penelusuran konsumen di Playstore dari menggunakan kata kunci general menjadi spesifik.

Jadi,cara memasarkan aplikasi lainnya yakni meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap brand kalian(menumbuhkan brand awareness).Semakin terkenal nama perusahaan dan aplikasi yang kalian miliki,maka minat orang-orang untuk mencoba memakai app semakin besar.Mereka bisa dengan mudah mengenali aplikasi kalian,baik dari namanya,deskripsi ataupun icon logo aplikasi.

Menggunakan Judul Dengan Nama Dan Inti Deskripsi Aplikasi

Pasti kalian pernah menemukan laman aplikasi di Playstore dengan judul menggunakan nama serta deskripsi inti dari aplikasi tersebut ? Misal seperti “Gmail – Email by Google”, “Shopee : No 1 belanja online” dan lainnya.

Ternyata penamaan judul dengan cara tersebut bukan tanpa sengaja.Cara tersebut dapat menaikkan rating di Playstore dengan rumus judul : Nama Brand + Inti Deskripsi App.

Kalian wajib menamai judul halaman aplikasi di Playstore dengan rumus kombinasi di atas.Hasil eksperimen uji aplikasi dari SplitMetrics membuktikan penggunaan judul dan inti deskripsi App memperbesar peluang masyarakat menemukan app milik kalian di Playstore.Orang-orang bisa mudah menemukan aplikasi dengan mengetik nama brand atau mengetik deskripsi app.

Semisal pada aplikasi “Gmail”. Calon pengguna bisa menemukan aplikasi Gmail dengan mengetikkan nama brand (“Gmail”) ataupun deskripsi aplikasi (“Email by Google”).Menggunakan kata kunci Gmail atau Email by Google yang diketikkan,pada akhirnya pengguna akan tetap menemukan aplikasi Gmail di Playstore.

Menjalankan A/B Testing

Nama “A/B Testing” terkenal dalam dunia IT,khususnya perkembangan aplikasi,peran tes A/B ini untuk mengetahui apakah ASO yang dilakukan sudah berhasil atau belum.Khusus kini,uji A/B dapat dilakukan untuk menguji performa beberapa elemen di Playstore : preview aplikasi,icon/logo aplikasi dan screenshots yang digunakan untuk melengkapi deskripsi aplikasi.Jika 3 elemen di atas lolos uji A/B dengan optimal,artinya aplikasi kalian sudah aman beroperasi di Playstore.

Tips tambahan yang harus diperhatikan ketika melakukan A/B testing :

  • Meletakkan kata kunci pencarian paling efektif hasilnya di screenshot aplikasi paling pertama : Strategi ini membantu konsumen menyadari bahwa aplikasi kalian menawarkan jawaban persis seperti yang mereka cari. kalian bisa mengetahui keyword mana yang efektif atau banyak dicari konsumen lewat A/B testing.
  • Screenshot preview aplikasi pertama dan kedua terpenting : Bagian ini menjadi elemen terpenting untuk membangun kesan pertama konsumen terhadap aplikasi kalian.Gunakanlah screenshot terbaik pada posisi pertama.Jika menggunakan video untuk memperkenalkan aplikasi kalian,cek juga performa tampilan covernya.
  • Menggunakan ikon aplikasi yang jelas menggambarkan maksud inti kegunaan aplikasi : Konsumen bisa mendapat gambaran aplikasi tersebut asli dan berkualitas dari kalian.Usahakan membuat ikon aplikasi simpel dan memakai warna kontras atau menarik.

Menjalankan Penelusuran Untuk Apple Ads

Untuk melakukan ASO di Playstore Apple,lakukan penelusuran khusus Apple Ads (iklan) untuk mengetahui sudah seberapa populer aplikasi kalian di kalangan pengguna iOS.Pengguna tertarik dengan sebuah aplikasi usai melihatnya tayang di iklan (ads).Penelusuran ini juga membawa berbagai manfaat ASO menarik lainnya :

  • Mengetahui keyword populer yang digunakan oleh pesaing kalian di Playstore.Kalian bisa turut memanfaatkan kata kunci tersebut untuk menaikkan popularitas.
  • Sarana pengujian pre-launch (sebelum aplikasi benar-benar dirilis).Menjalankan kampanye promosi dengan judul pre-order untuk mengetahui antusiasme masyarakat terhadap kehadiran aplikasi baru kalian.
  • Ada fitur “Creative Sets” yang bisa digunakan untuk menjalankan eksperimen tes A/B dan optimalisasi preview aplikasi, keyword serta screenshots.

Mengoptimalisasi Kembali Desain Visual App

ASO menjadi strategi yang lebih menekankan pada aspek visual.Menata desain visual aplikasi dengan cermat dinilai sebagai cara menaikkan rating di Playstore termudah.Tujuan utama dari strategi ini menjadikan setiap objek visual pada laman Playstore menonjol dengan baik.Cara ini memudahkan pengunjung menangkap objek-objek menarik di laman aplikasi kalian lalu mendorong mereka untuk mendownload app.

Beberapa tips optimalisasi visual di Playstore :

  • Letakkan judul pada ikon aplikasi atau screenshots preview app.
  • Menggunakan warna kontras,khususnya untuk memperjelas bagian tertentu.
  • Memperjelas bagian CTA (Call To Action),misal ajakan untuk mendownload app ataupun fitur-fitur utama aplikasi.
  • Menggunakan screenshot bentuk horizontal.Bentuk ini terbukti lebih baik dan nyaman dilihat daripada vertikal.
  • Meletakkan teks pada bagian kanan sedangkan elemen-elemen desain seperti ilustrasi pendukung di sisi kiri.Menurut psikologi,otak kanan lebih aktif mencerna elemen tulisan,sedangkan bagian kiri cepat memproses elemen visual/gambar.
  • Letakkan item vektor yang lebih besar atau kecil di sekitar objek yang berukuran sama dengan ikon/logo utama.

Mewaspadai Update Playstore

Biasanya update aturan baru Playstore bisa berdampak pada ASO yang dilakukan.Hal ini sama ketika Google Update memengaruhi SEO.Jadi mau tidak mau,kalian harus rajin cek perubahan ketentuan aturan atau cara kerja Playstore setiap ada update.Jika tidak,aplikasi kalian otomatis kalah saing dengan aplikasi pesaing yang memperbarui ASO-nya sesuai aturan terbaru Playstore.

Ada 3 update aturan baru Playstore yang wajib diwaspadai dan sesuaikan ASO-nya :

  • Laman informasi privasi pengguna : Sekarang,setiap aplikasi wajib untuk mengisi laman informasi privasi pemakai aplikasi dengan detil.Informasi yang harus dicantumkan misalnya data-data apa saja yang bisa dikumpulkan atau diakses oleh aplikasi saat digunakan.
  • Auto correct : Playstore terbaru sudah dilengkapi dengan perbaikan kesalahan ejaan (auto correct).Jadi kalian tidak bisa berkreasi dengan sengaja memelintir kata pada deskripsi,judul dan lainnya.Beberapa brand memang ada yang sengaja memelesetkan kosakata atau memakai bahasa-bahasa gaul untuk meningkatkan rating pencarian.
  • App Clip : Fitur aplikasi versi mini untuk memperkenalkan aplikasi kepada masyarakat sebelum mereka benar-benar mendownloadnya.Fitur app clip bisa membantu konsumen mencoba aplikasi untuk menyelesaikan tugas-tugas awal sederhana.Jika dirasa cocok, baru mereka mendownload aplikasi versi utuh.

Meningkatkan Kualitas Aplikasi

Konsistensi kinerja perbaikan pada aplikasi merupakan hal penting untuk menjaga ranking aplikasi di Playstore.Rajin melakukan pengecekan berkala membantu mengetahui kekurangan pada aplikasi secara cepat.Jadi kalian bisa dengan mudah memperbaikinya sebelum terlambat.Konsumen setia aplikasi kalian pasti juga senang dan nyaman jika kualitas kinerja aplikasi selalu dijaga dalam jangka panjang.

Sampai pada pembahasan akhir artikel seputar tips App Store Optimization (ASO).Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk kalian 🙂

3.7/5 - (3 votes)
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

2 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago