HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Debian : Pengertian, Fungsi, dan Keunggulan

Pernahkan kamu mendengar istilah Debian? Debian adalah salah satu pilihan para ahli IT yang bekerja di bagian server. Debian ini bisa di install ke dalam Cloud VPS juga lho. Nah, Cloud VPS itu sendiri merupakan pengembangan tingkat lajut dari server secara virtual.

Oh yaa, lantas apa itu debian? Penasaran? Yukl, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Debian?

Nah, debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Sistem operasi tersebut terdiri software package yang dirilis sebagai free dan open software dibawah lisensi GNU General Public License dan lisensi software gratis yang lainnya. Umumnya, debian lebih cocok digunakan untuk user yang sudah berpengalaman.

Fungsi Debian

Sebagai Sistem Operasi Laptop dan Desktop

Debian merupakan salah satu sistem operasi untuk laptop dan desktop. Debian dapat digunakan pada berbagai jenis hardware, baik itu pada generasi lampau maupun modern. Selain itu, debian juga memiliki puluhan ribu packages yang tidak dimiliki oleh operating sistem yang lain. Misalnya, Microsoft Office yang tidak tersedia pada linux dapat digantikan dengan LibreOffice pada Debian.

Membangun Server

Selain sebagai sistem operasi laptop dan desktop, debian juga dapat berfungsi untuk membangun server, baik itu server web, server mail, DNS, dan lain sebagainya. Perlu kamu ketahui bahwa debian server sudah mampu memberikan performa yang stabil dan tingkat keamanan yang cukup ketat.

Keunggulan Debian

Free dan Open Source

Kelemahan dari sistem operasi Windows, yaitu tidak mudah diakses sebab tidak gratis. Sementara itu, Linux datang dengan menawarkan sistem operasi yang free dan open source. Hal inilah yang membuat sistem operasi Linux lebih mendapatkan popularitas, apalagi ditambah dengan stabilitas dan fleksibilitasnya. Maka dari itu, karena sifatnya yang free dan open source, sistem operasi debian menjadi basis pengembangan software distribusi Linux gratis yang lainnya.

Distribusi dari Linux yang Sudah Terancang

Debian merupakan salah satu distribusi dari linux yang tertua dan paling mapan tersedia secara gratis untuk umum. Hal ini memiliki manfaat yang lebih spesifik bagi developer dan user. Mengingat adanya komunitas open source yang mengembangkan sistem operasi inilah yang membuat debian menjadi matang.

Support untuk Arsitektur Sistem yang Berbeda

Debian dapat berjalan pada hampir setiap arsitektur yang ada, bahkan kamu dapat menginstall debian mulai dari 32 bit/64 bit arm64 ARM, 64 bit X86-64, 32 bit i386 of Intel, 64 bit powerPC dan power ISA hingga arsitektur prosesor berbasis RISC serta CISC yang lainnya.

Availability dari Free dan Proprietary Software

Debian merupakan distributor free software dengan lebih dari 57200 software packages yang dapat diakses secara gratis. Selain itu, debian juag dilengkapi dengan banyak pilihan free software pada saat proses install, seperti serangkaian software kebutuhan kantor yaitu LibreOffice. Selain itu, tersedia juga beragam pilihan software, seperti Adobe Photoshop, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan aplikasi editor video gratis lainnya.

Stabilitas dan Keamanan yang Unggul

Debian dikelola oleh komunitas developer yang mapan dan matang sehingga membuat debian menjadi distribusi linux yang stabil dan aman. Bahkan, untuk merilis debian versi terbaru diperlukan waktu dua hingga tiga tahun. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa versi terbaru lebih stabil dan bebas dari bug serta masalah ketidakstabilan yang lain. Hal inilah yang membuat keamanan debian tak perlu diragukan.

Nah itulah, beberapa hal yang berkaitan dengan debian: pengertian, fungsi, dan keunggulan. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

5 hours ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

2 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

2 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

3 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

3 days ago