HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Syarat, Ketentuan, dan Cara Mendapatkan AdSense YouTube

YouTube merupakan salah satu paltfrom untuk para content creator berkreasi. Bahkan tak jarang para content creator tersebut mendapatkan uang dari adsense YouTube.

Perlu kamu ketahui bahwa sejak tahun 2020 terdapat peraturan baru mengenai iklan dan YouTube adsense, yaitu jika kamu tidak mengaktifkan fitur monetisasi, iklan tetap bisa muncul pada video yang kamu unggah. Jadi, pastikan kamu sudah memanfaatkan fitur untuk memonetisasi konten-konten yang kamu buat agar kamu bisa mendaptakan tambahan cuan, atau dengan kata lain agar kamu tidak rugi.

Nah, biar kamu lebih paham tentang YouTube Adsense. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Adsense YouTube?

Jadi, YouTube adsense adalah penghasilan yang bisa kamu dapatkan dengan menyediakan ruang bagi para pemasang iklan di video yang kamu unggah. Sistem ini secara resmi disediakan oleh Google sebagai perusahaan induk Youtube. Untuk penghasilan yang akan kamu dapatkan dari YouTube adsense ini bervariasi sebab terpengaruh dari berbagai faktor, seperti angka bid dari pengiklan, jenis konten yang tampil, durasi video, hingga lokasi geografi penonton videomu.

Cara Mendapatkan Adsense YouTube

Terdapat beberapa langkah agar kamu bisa memonetisasi video yang kamu unggah di YouTube. Namun, pastikan kamu sudah memenuhi ketentuan dasar, seperti memiliki minimal 4000 views dalam satu tahun terakhir dan 1000 subcribers.

Selain itu, kamu juga harus verifikasi dua langkah pada akun Google milikmu. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan pada akunmu dari serangan para checker.

Cara Melakukan 2-Step Verification

Berikut ini cara melakukan verifikasi dua langkah untuk akun Google sebelum mendaftarkan diri ke YPP (YouTube Program Partner) dan mendapatkan YouTube adsense.

  1. Buka akun Google yang sudah kamu buat.
  2. Terdapat beberapa panel navigasi, pilih security.
  3. Lalu klik tulisan 2-Step Verification yang berada di bawah tombol Signing in to Google.
  4. Selanjutnya pilih Get Started dan ikuti panduan setiap langkah yang sudah tersedia.

Cara Mendaftar YouTube Program Partner (YPP)

Setelah melakukan verifikasi dua langkah, selanjutnya kamu bisa mendaftar YPP. Berikut ini langkah-langkah mendaftar YPP agar kamu bisa mendapatkan adsense YouTube.

  1. Buka youtube.com dan login ke akun YouTube milikmu.
  2. Klik foto profil akun yang berada di bagian kanan atas layar.
  3. Akan muncul beberapa menu, klik YouTube Studio pada layar sebelah kiri. Selanjutnya akan ada beberapa pilihan menu, klik pada menu Monetization, lalu tunggu sebentar
  4. Jika kamu belum memenuhi syarat jumlah views dan subscriber, kamu bisa klik Notify me when I’m eligible. Sehingga nantinya jika akunmu sudah memenuhi syarat, maka pihak Google akan mengirim surel agar kamu segera mengaktifkan monetisasi.
  5. Apabila jumlah viewsmu sudah di atas 4000 dan subscriber di atas 1000 akun, silahkan klik tombol Start setelah membaca Review partner program terms.
  6. Setelah itu, akan muncul tulisan Done berwarna hijau.

Cara Menghubungkan Saluran Youtube ke Google Adsense

Setelah mendaftar ke YPP (YouTube Program Partner), ternyata langkahmu untuk mendapatkan adsense YouTube belum selesai. Sebab kamu masih perlu untuk menghubungkan akunmu ke akun Google AdSense. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan.

1. Pada bagian Sign up for Google AdSense, klik Start. Perlu kamu ketahui, jika kamu sudah memiliki akun Google AdSense, kamu bisa menggunakannya. Namun, pastikan akun tersebut sudah terverifikasi oleh Google. Sebaliknya, jika belum punya, kamu bisa membuat akun baru dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia di layar kamu saat ini.

2. Setelah berhasil menghubungkan akun YouTube dengan akun Google Adsense, maka akan muncul tulisan Done berwarna hijau.

Nah, jika kamu sudah mengikuti langkah-langakh di atas dengan benar, maka saat ini kamu tinggal menunggu pertimbangan dari pihak Google untuk menyetujui permintaan monetisasi.

Syarat dan Ketentuan untuk Dapat AdSense YouTube

Sebelum melakukan langkah administratif di atas, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu ketahui untuk bisa mendapatkan adsense Youtube.

1. Minimal Memiliki 1000 Subscribers dan Total 4000 views

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa untuk melakukan pendaftaran saluran YPP kamu harus memenuhi syarat dasar ini terlebih dahulu. Nah, untuk jumlah 4000 views tersebuat hanya akumulasi satu tahun kebelakang. Jumlah tersebut tidak termasuk views pada private video, video yang sudah dihapus, kampanye iklan, video pada Youtube shorts, dan livestream yang tidak kamu konversikan ke video on demand (VOD).

2. Berada pada Wilayah Jangkauan YPP

Tidak semua negara sudah dapat terfasilitasi oleh YPP. Oleh karena itu, untuk mendapatkan YouTube Adsense kamu harus berada di negara yang telah masuk daerah operasinya.

3. Mematuhi Aturan Komunitas

Terdapat banyak aturan yang telah ditetapkan pihak Youtube agar kamu bisa memonetisasi konten kamu. Salah satunya, yaitu pedoman komunitas. Secara garis besar, pedoman tersebut menyatakan bahwa untuk mendapatkan adsense Youtube kamu tidak boleh membuat video penipuan, mengancam keselamatan anak, pelecehan, ujaran kebencian, dan konten seksual.

4. Ketentuan Khusus untuk Video Anak

Jika target kamu anak-anak, maka kamu harus mematuhi beberapa ketentuan khusus agar bisa mendapatkan YouTube adsense dari video dengan penonton anak. Ketentuan tersebut antara lain harus memiliki kualitas tinggi. Kualitas tinggi disini maksudnya, yaitu konten yang kamu buat harus yang berisi mengembangkan rasa ingin tahu pada anak, meningkatkan kreativitas, serta konten yang mengajarkan anak mengenai permasalah dunia nyata.

5. Aktif Membuat Konten untuk Dapat YouTube AdSense

Perlu kamu ketahui bahwa YouTube bisa kapan saja menonaktifkan monetisasi akun milikmu. Salah satu alasannya adalah karena kamu tidak lagi aktif mengunggah konten terbaru. Dalam peraturannya, YouTube menetapkan bahwa pihak YouTube akan segera menonaktifkan monetisasi jika kamu tidak memiliki konten baru setidaknya selama enam bulan.

6. Membuat Konten yang Original

YouTube memberi perhatian besar pada hak cipta. Video seperti memodifikasi lagu, konten berulang dan tidak memiliki nilai edukasi, slideshow gambar tanpa narasi, dan sebagainya yang mengarah ke duplikasi tidak akan dapat monetisasi.

Nah, itulah beberapa syarat dan ketenuan untuk mendapatkan Adsense YouTube. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

11 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

12 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

1 day ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

4 days ago