HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Domain Name Generator Untuk Mencari Ide Nama Domain

Apa Itu Domain Name Generator ?

Domain name generator adalah tool yang memudahkan Anda dalam mencari ide nama domain. Tool ini juga akan menampilkan alternatif nama domain berdasarkan frasa atau kata yang dimasukkan.

Nama domain sendiri erat kaitannya dengan brand. Maka dalam pembuatannya, nama domain harus singkat, catchy, mudah diingat, dan yang paling penting masih bisa untuk didaftarkan (belum digunakan oleh user lain atau sebagai nama dagang perusahaan).

Contoh ilustrasi : jika ingin menyertakan kata kunci “makanan”, “enak”, dan “murah” di nama domain. Susunannya akan jadi seperti ini: www.example.co.id. Selain itu, nama domainnya sudah terlalu umum.

Cara mencari ide nama domain dengan tool ini sangat mudah. Masukkan kata kunci (bisa lebih dari satu), kemudian pilih ekstensi (.com, co.id, .id, .org, dll). Algoritma generator akan menampilkan nama domain beserta alternatifnya kata-kata yang di acak, tambahan prefix atau awalan dll.

Sebelum membahas 20 domain name generator terbaik, berikut beberapa tips memilih nama domain yang layak, yaitu :

  • Buat domain yang singkat

Selain mudah diketik di kolom browser, domain yang singkat juga gampang dipromosikan.

  • Pilih ekstensi yang sejalan dengan tema website

Selain ekstensi .com, .id, dan .co.id yang sudah cukup populer masih ada pilihan lainnya yang bisa disesuaikan dengan lini bisnis atau area, misalnya .store, .edu, .design, photography, .london, .nyc dll.

  • Buat nama yang unik dan menarik

Sekali dibaca, langsung diingat saking uniknya.

  • Hindari tanda penghubung dan angka

Umumnya pengguna browser mengetik domain sambil mengejanya. Misalnya, ada angka “0” di domain. Kemungkinan besar akan terjadi kesalahan dalam memasukkan nama domain di browser. Alih-alih “0”, pengguna justru mengetik “kosong” atau “nol”. Kalau begini, halaman yang terbuka adalah halaman “not found” atau halaman web lain.

  • Segera daftarkan 

Jangan sampai nama domain yang diinginkan tidak tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain. Segera daftarkan domain dan mulailah membuat website.

Domain Name Generator Terbaik

Berikut ini daftar domain name generator yang akan memudahkan dalam membuat domain :

1. Bust A Name

Untuk menggunakan domain name generator ini hanya perlu memasukkan kata kunci. Nantinya Bust A Name akan mengacak kata hingga membentuk daftar nama domain dan bisa memakai ekstensi dan kombinasi tiga kata.

Fitur lain yang tersedia di tool ini adalah peniadaan huruf vokal terakhir, penggunaan kata benda jamak, dan penambahan awalan, akhiran dan tanda penghubung.

Bust A Name juga punya domain maker. Tool ini akan membuatkan domain natural berdasarkan kata yang dimasukkan. Peletakan kata ini bisa di awal atau akhir nama domain.

2. Lean Domain Search

Dengan Lean Domain Search akan memperoleh alternatif domain hingga ribuan. Meskipun tool ini hanya menampilkan domain dengan ekstensi .com, setidaknya memiliki banyak opsi untuk dipertimbangkan.

Keunggulan lain dari domain name generator ini adalah kemampuannya mengecek ketersediaan username Twitter. Jadi, kemungkinan besar bisa memiliki nama yang sama untuk domain dan akun Twitter. Pilihan tepat untuk membangun bisnis online di media sosial.

Selain itu juga bisa :

  1. Filter nama domain berdasarkan panjang atau tingkat popularitas.
  2. Simpan nama domain favorit.
  3. Track pencarian sebelumnya.
  4. Share pencarian.
  5. Mencari nama domain yang Anda inginkan (jika masih tersedia).

3. Domain Name Generator Zyro

Zyro adalah website builder yang memudahkan siapa pun dalam pembuatan website. Di dalamnya terdapat berbagai fitur canggih, termasuk domain generator. Hal yang membuat tool ini menjadi menarik adalah penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan. Tidak heran apabila daftar nama yang ditampilkan didasarkan pada nama yang populer di bidangnya.

Ketik nama kunci berdasarkan tema website atau brand dan klik ikon cari di samping kolom pencarian. Beberapa saat kemudian akan muncul daftar nama domain. Kalau ingin lebih murah, pilih Paket Premium dan domain gratis bisa di dapatkan.

4. Name Boy

Name Boy adalah salah satu domain generator yang sudah cukup lama beredar di pasaran. Untuk penggunanya, masukkan satu atau dua kata kunci dan daftar nama domain akan ditampilkan.

Name Boy menambahkan kata-kata yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. Klik “Show more results” untuk melihat hasil pencarian yang lebih lengkap.

5. Impossibillity

Impossibility memiliki banyak fitur canggih. Masukkan satu kata kunci, dan domain name generator ini akan menggabungkan dengan kata kerja, kata sifat, dan kata benda agar nama yang dihasilkan terkesan unik dan catchy.

Bagusnya lagi, Impossibility hanya menampilkan domain .com yang belum terdaftar. Jadi tidak perlu mengecek ketersediaan satu per satu.

6. Name Mesh

Keunggulan utama Name Mesh adalah pengelompokan nama domain. Tinggal pilih, ingin memiliki domain yang ‘lucu’ atau domain yang singkat. Semua kategori ada di tool ini. Domain generator Name Mesh juga menghadirkan kolom khusus berisikan domain SEO-friendly, TLD baru, dan TLD premium. Tool Name Mesh akan memberikan pilihan berdasarkan kategori seperti :

  1. Umum
  2. Baru
  3. Pendek
  4. Mirip/Relevan

Bisa filter hasil pencarian berdasarkan extension domain, domain yang belum terdaftar dan juga panjang maksimum nama domain.

7. Domain Puzzler

Domain Puzzler membagi pencarian nama domain ke dalam empat bagian, yakni easy, advanced, magic, dan page rank. Masukkan kata kunci dan domain name generator ini akan mengkombinasikan dengan berbagai ekstensi.

8. Domain Bot

Untuk mendapatkan nama domain yang unik dan berbeda dari website yang sudah ada, maka harus kreatif dan berani mengeksplorasi.

Di Domains Bot bisa ‘mengutak-atik’ nama domain menggunakan 11 pilihan bahasa dan ekstensi. Selain itu juga bisa memfilter nama domain dengan tidak menyertakan tanda penghubung, menyembunyikan konten dewasa dan memilih TLD yang ingin ditampilkan. Daftar TLD yang tersedia di tool ini adalah gTLD, TLD baru dan TLD negara.

9. Name Smith

Dua keunggulan utama Name Smith adalah mengacak dan mengkombinasikan kata kunci. Dalam menghasilkan nama domain yang unik, tidak ada yang lebih inovatif dari Name Smith. Fitur lain yang tersedia adalah menghasilkan domain berima, modifikasi domain, dan menambahkan awalan pada domain.

10. I Want My Name

Masukkan nama domain dan domain name generator ini akan mengecek ketersediaan sekaligus memberikan pilihan alternatif.

Alih-alih memeriksa daftar TLD yang sudah dipakai dan bisa mengetikan kata kunci di tool ini. I Want My Name menyediakan ekstensi domain populer, ekstensi domain negara dan ekstensi domain yang baru.

11. Wordoid

Domain generator ini melakukan ‘permainan kata’ untuk menghasilkan nama domain yang keren. Pengaturan dapat disesuaikan berdasarkan aturan bahasa yang dipilih, level kualitas (quality level) dan panjang karakter maksimum.

Bisa meletakkan kata kunci di awal, tengah dan akhir nama domain. Intinya bebas melakukan apa pun dengan Wordoid.

12. Pana Bee

Pana Bee akan mengubah dua kata kunci menjadi kumpulan nama domain. Adapun modifikasi yang dilakukan tool ini, yaitu mengganti huruf pertama, menambah awalan, menimpa kata dll.

Dengan Pana Bee juga bisa mengecek ketersediaan nama aplikasi mobile dan username media sosial.

13. Naque

Naque berasal dari tiga kata bahasa Inggris, yakni “name”, “create” dan “unique”. Dari namanya  sudah bisa tahu kalau tool ini dirancang untuk membuat nama domain yang bagus dan unik.

Naque memiliki fitur Word Mixer Seeds yang akan memudahkan kalau belum punya nama yang potensial. Pilih kategori dan Naque akan menampilkan beberapa kata secara acak. Pilih lima kata untuk kemudian dikombinasikan hingga menghasilkan nama domain.

14. Dot-o-mator

Penggunaan domain name generator ini cukup simpel. Pilih kata yang akan jadi awalan dan akhiran, lalu klik Combine dan voila. Daftar nama domain berhasil ditampilkan di layar.

Tidak ada batasan jumlah kata yang dapat ditambahkan ke tool ini. Bahkan bisa memilih kata di kategori yang tersedia. Hasilnya, nama domain akan ditampilkan sesuai urutan abjad.

15. Domain Wheel

Generator ini menyediakan 15 ekstensi domain, termasuk TLD baru seperti .info dan .blog. Masukkan kata kunci dan akan diberikan sejumlah alternatif nama domain berdasarkan bunyi, rima dll.

16. Cool Name Ideas

Nama domain harus relevan dengan website beserta konten. Cool Name Ideas akan meminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan terkait bisnis atau produk yang dijual. Tool ini akan bekerja sedemikian rupa untuk membuat domain berdasarkan informasi yang diberikan.

17. Domain Typer

Domain Typer dikenal akan sistem real-time-nya. Selagi mengetik kata kunci, informasi terkait langsung ditampilkan, seperti ketersediaan masing-masing ekstensi, harga, alternatif nama domain dll. Tool ini juga memberikan kemudahan untuk mengecek ketersediaan domain di media sosial populer.

Melalui Domain Typer bisa mengajukan penawaran terhadap pemilik domain yang jadi target. Kalau info kontak pemilik domain disembunyikan di tool ini maka bisa mengunjungi website WHOIS untuk mengecek datanya.

18. Domain Name Soup

Domain Name Soup memiliki banyak fitur inovatif. Selain itu juga bisa mengatur jumlah huruf, mengkombinasikan dan mengacak kata, dan masih banyak lagi. Fitur Delicous Domain Names-nya akan mempermudah pencarian domain yang ekstensinya menjadi bagian dari suatu kata, misalnya delicio.us, inter.com dll.

19. Instant Domain Search

Instant Domain Search juga akan menampilkan informasi yang relevan. Tidak sampai di situ saja, domain name generator ini juga akan mengecek ketersediaan domain premium (nama domain yang mampu mendatangkan lebih banyak trafik ke website).

20. Name Station

Bisa mendaftar dan membuat akun secara gratis di Name Station enggan menggunakan email atau akun Facebook. Tool ini memberikan akses untuk menggunakan :

  1. Domain name generator.
  2. Checker untuk ketersediaan nama domain.
  3. Suggestion keyword yang relevan atau populer.

Name Station akan mempermudah dengan filter berdasarkan extension, panjang nama domain dll.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago