HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Baidu Dan Kelebihan Kekurangannya

Kali ini kita akan membahas mengenai web browser Baidu.Apa si Baidu itu?Dan Bagaimana kelebihan serta kekurangannya dan banyak lagi lainnya tentang baidu.Mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Baidu

Baidu Browser atau sebelumnya Baidu Spark Browser ini merupakan web browser yang berbasis Chromium, sama seperti Google Chrome.Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara mandarin.Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif.

Layanan Baidu menyediakan indeks 740 miliar lebih laman internet, 80 miliar gambar, dan 10 miliar data multimedia,selain itu Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya dengan nama Changhong H5018.Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet.Secara umum, Baidu Browser tak jauh berbeda dengan aplikasi peramban lainnya, yaitu menawarkan sebuah tool untuk menjelajah dunia maya dari smartphone Android.

Perkembangan Baidu

Robin Li membantah bahwa sukses Baidu di China saat ini karena pemerintah China mendepak Google dari negara tersebut. Menurut Li, perusahaan mesin pencari yang ia dirikan bisa mendominasi pasar karena kemampuannya menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Tiongkok.Pendiri Baidu, Robin Li, tidak puas dengan pencapaian Baidu hanya sebagai mesin pencari terbesar di China. Fokus barunya adalah bidang baru yang sedang diperebutkan semua raksasa teknologi dunia: kecerdasan buatan (artificial intelligence).Menurut Li, Baidu memang sukses pada era desktop, mendominasi mesin pencari di Tiongkok. Namun, pada era mobile, tantangannya jauh lebih rumit.Di sinilah Baidu mendapatkan tantangan dari perusahaan seperti Google dan Apple. pada era kecerdasan buatan, Baidu kembali melihat kesempatan besar.Ketika pengguna mengetikkan kata pencarian atau query, misalnya, Baidu akan mencoba menebak apa maksudnya dan menyediakan jawaban terbaik dari kata pencarian itu.Nah, itu merupakan bagian dari kecerdasan buatan,di mana komputer dapat memahami manusia dan memberikan jawaban atau layanan tertentu.

Fitur-Fitur Baidu

Bebetapa fitur yang menarik yang dimiliki Baidu Browser diantaranya :

  • T5 engine

Dengan memasanga T5 engine akan meningkatkan kecepatan loading halaman web up to 30℅ dan berpengaruh pada fitur-fitur yang lainnya.

  • Screenshort

Dapat mengambil screenshort dari halaman browser dengan sekali tekan.Cukup buka halaman web, tekan menu pilih, dan tekan screenshort.

  • Konten berita yang up to date

Setaip hari konten berita yang disajikan Baidu Browser selalu update baik itu berita nasional maupun internasional dan banyak pilihan kategori berita yang bisa kalian pilih yang telah disiapkan Baidu Browser.

  • QR code

QR code sebuah fitur yang berfungsi untuk pemindai kode QR, dengan fitur ini kita bisa mengetahui isi dari kode QR dengan mudah.

Masih banyak fitur-fitur yang tidak kalah menarik lainnya yang dimiliki Baidu Browser seperti, fitur wallpaper, incognito, quick search, download manager, desktop widget dan lain sebagainya yang bisa kalian rasakan bila kalian menggunakan Baidu Browser.

Cara Unduh Baidu

Cara unduh baidu sangat mudah karena bisa di download melalui play store

atau bisa di https://baidu-browser.id.softonic.com/download

Keunggulan Baidu

  • Antarmuka Familiar Seperti Chrome, dengan Skin yang Bisa Diganti

Pengguna setia Chrome,pasti akan familiar juga dengan tampilan yang ditawarkan Baidu Browser,termasuk juga dengan fitur Menu Bar untuk menyimpan URL yang sering dikunjungi.Namun bedanya, Baidu Browser menyediakan fitur skin yang bisa diganti-ganti dengan berbagai pilihan tema, hingga tema kustomisasi.

  •  Bisa Memilih Tempat Penyimpanan Lokal yang Diinginkan

Baidu selalu menanyakan di mana kamu ingin menyimpannya. Tidak seperti Chrome, semua hasil unduhan kita akan masuk di Local Store Downloads.

  • Ada Fitur Feedback

Baidu di komputer mengalami masalah? Masukan saja komplain kalian di menu Feedback yang letaknya berada di dekat skin tema.

  • Screenshot Langsung dari Browser

Di dalam Baidu Browser memberikan screen capture langsung pada antarmukanya, dengan opsi untuk whole page atau region.

  •  Built-in Download Manager

Antarmuka Baidu Browser menyediakan built-in Facebook dan WhatsApp,aplikasi sosial media, dan chatting paling populer, serta Media  Download. Fitur ini memungkinkan kalian tidak perlu lagi menginstall aplikasi download manager lainnya, misalnya pada YouTube dan platform streaming video online lainnya.

Kekurangan Baidu

  • Kurang user friendly ketika ingin menambah jendela situs baru.
  • saat instalasi harus mendownload file meski telah ada instalernya,karena basisnya sam seperti google chrome.
  • saat koneksi internet buruk atau lambat benar-benar tidak bisa diandalkan.
  • Kecepatan rata-rata untuk downolad cenderung rendah.
  • saat instalasi harus mendownload file meski telah ada instalernya,karena basisnya sam seperti google chroome.
  • Pilihan membuat shortcut situs-situs pada halaman menu kedua terbatas, tidak bisa menambahkan situs favorit sendiri.

Browser Baidu tidak aman kirim data ke server?

Baidu browser mengambil data koordinat GPS (lokasi), pencarian yang dilakukan pengguna dan halaman website yang dikunjungi juga dicatat datanya. Dan hal penting lain adalah user IMEI perangkat, dan jaringan WIFI ikut dikirim ke server lain.Browser Baidu mengambil data pribadi,hal ini diungkap oleh peneliti Citizen Lab Canada.Bukan data biasa tapi banyak data yang dikirim ke server Baidu Server.Bahkan data yang diambil tidak di enskripsi.Khususnya bagi penguna Windows Browser dan OS Android. Sebuah penelitian dengan browser Baidu ditemukan mengambil data penting dari pengguna.Baidu browser versi desktop Windows.Mengambil data yang dimasukan oleh penguna seperti data dari search di internet, nomor seri harddisk, MAC Address dan website yang dikunjungi, bahkan tipe VGA yang dipakai.Tim peneliti keamanan dikabarkan sudah menanyakan ke pembuat Baidu browser. Dan dijawab akan diperbaiki karena penemuan tersebut dianggap masalah penting.

Berikut Penemuan Citizen Lab Tentang Baidu Browser :

Browser web untuk platform Windows dan Android,mentransmisikan data pengguna pribadi ke server Baidu tanpa enkripsi dan dengan enkripsi yang mudah didekripsi dan rentan terhadap eksekusi kode arbitrer selama pembaruan perangkat lunak melalui serangan man-in-the-middle.Versi Android Baidu Browser mentransmisikan data pengenal pribadi, termasuk koordinat GPS pengguna, istilah penelusuran, dan URL yang dikunjungi, tanpa enkripsi, dan mengirimkan IMEI pengguna dan daftar jaringan nirkabel terdekat dengan enkripsi yang dapat didekripsi dengan mudah.Versi Windows Baidu Browser juga mengirimkan sejumlah titik data yang dapat diidentifikasi secara pribadi,termasuk istilah pencarian pengguna,model nomor seri hard drive dan alamat MAC jaringan,URL dan judul semua halaman web yang dikunjungi dan nomor model CPU,tanpa enkripsi atau dengan mudah. enkripsi yang dapat didekripsi.Baik versi Windows maupun Android dari Baidu Browser tidak melindungi pembaruan perangkat lunak dengan tanda tangan kode, yang berarti aktor jahat yang berada di jalur dapat menyebabkan aplikasi mengunduh dan mengeksekusi kode arbitrer, yang menunjukkan risiko keamanan yang signifikan.Versi Windows dari Baidu Browser berisi fitur untuk permintaan proxy ke situs web tertentu,yang mengizinkan akses ke beberapa situs web yang biasanya diblokir di Cina.

oke,sekian artikel kali ini semoga bisa membantu kalian semua 🙂

3.5/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago