HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Duckduckgo : Search Engine Yang Mengedepankan Privasi

Pada kenyataannya kini memang hampir tidak mungkin bagi perusahaan lain untuk mengalahkan kehebatan dari Google.Namun karena perkembangan teknologi yang terus meningkat,muncul juga search engine yang lain,bernama DuckDuckGo yang memanfaatkan celah kelemahan Google, yaitu privasi. Mereka mendeskripsikan diri sebagai “mesin pencari yang tidak akan melacakmu”.

Lalu apa si definisi dari Duckduckgo ini,Apa saja fitur Duckduckgo yang bisa diakses? Berikut akan kita bahas semua mengenai Duckduckgo.

Pengertian DuckDuckgo

Merupakan mesin pencari internet yang menggunakan informasi dari berbagai sumber,seperti website crowdsourced seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti Yandex,Yahoo,Bing dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasilnya.Kebijakan mesin pencari mengatakan bahwa itu melindungi privasi dan tidak merekam informasi pengguna.Karena pengguna tidak diprofilkan,”Filter gelembung”dapat dihindari,dengan semua pengguna yang menunjukkan hasil pencarian yang sama untuk istilah pencarian tertentu.

Perkembangan DuckDuckgo

Gabriel Weinberg merupakan sosok yang mendirikan DuckDuckGo,ia merupakan seorang pengusaha.Awalnya didanai sendiri oleh Gabriel Weinberg,sekarang DuckDuckGo terkadang didukung oleh iklan.Mesin pencari ini ditulis dalam pret dan berjalan pada nginx,FreeBSD dan Linux.DuckDuckGo secara utama dibangun pada pencarian APIs dari berbagai vendor <-! .Tidak perlu memanggil satu,jika ada lebih dari 50 ->.Karena itu,TechCrunch ditandai layanan sebagai mesin pencari”hybrid”.Pada saat yang sama,hal itu menghasilkan halaman konten sendiri dan mirip dengan Mahalo,Kosmix dan SearchMe.

DuckDuckGo telah ditampilkan pada TechCrunch’s Elevator Pitch Friday dan menjadi finalis dalam BOSS Mashable Challenge.Pada bulan Juli 2010,Gabriel Weinberg memulai situs komunitas DuckDuckGo untuk memperbolehkan masyarakat untuk melaporkan masalah,membahas sarana untuk menyebarkan penggunaan mesin pencari,fitur permintaan dan mendiskusikan tentang “open sourcing the code”.Pada bulan September 2011,DuckDuckGo mempekerjakan Tighe Caine sebagai karyawan pertama.Bulan berikutnya,Union Square Ventures berinvestasi dalam DDG.Union Square mitra Brad Burnham,Linux Mint menandatangani kesepakatan eksklusif dengan DuckDuckGo pada bulan November dan itu menjadi mesin pencari default untuk Linux Mint 12.Selain itu,Triquel dan Midori web penjelajah menggunakan DuckDuckGo sebagai mesin pencari default.Dalam profil panjang pada bulan November 2012,Washington post mengindikasikan bahwa pencarian di DuckDuckGo berjumlah hingga 45.000.000 per bulan pada bulan Oktober 2012.Tujuan non-ambisius Gabriel Weinberg membuatnya menjadi pesaing secara online yang sangat aneh dan berbahaya.

Fitur-Fitur DuckDuckgo

  • Mendapatkan data Secara Instan

Menggunakan search engine DuckDuckGo,maka pengguna dapat langsung mendapatkan data secara cepat.Hadir di halaman pertama dengan penjelasan tentang kata kunci yang pengguna berikan.Apabila kata kunci tersebut berupa situs atau organisasi besar yang ternama,bahkan DuckDuckGo akan menyajikan highlight tentang hal tersebut.Bahkan pengguna akan diberikan banyak alternatif bila menanyakan makna suatu kata.Dari berbagai alternatif yang disajikan oleh DuckDuckGo,maka pengguna dapat memilih mana yang paling pas dengan yang pengguna cari.

  • !bang untuk langsung dibawa masuk ke Web

Bila pengguna mengetikkan sesuatu yang spesifik,maka pengguna akan dibawa langsung masuk ke dalam website Firefox dan menunjukkan  benda yang ditampilkan sesuai dengan kata kunci tersebut.Ada banyak sekali daftar !bang yang bisa pengguna manfaatkan dari DuckDuckGo.!bang merupakan fitur yang bermanfaat untuk digunakan langsung ke dalam pencarian mendalam. Misalnya !w untuk wikipedia, !bi untuk pencarian bing dan banyak lagi.

  • Is it Raining?

Pengguna dapat menanyakan cuaca hujan atau tidak dengan berbekal kata kunci “is it raining”.Tentu saja ini akan bermanfaat bagi pengguna untuk memeriksa kondisi cuaca di daerah masing-masing dengan cara yang menarik.

  • Shortcut Keyboard

DuckDuckGo menawarkan banyak shortcut keyboard.Misalnya k dan j untuk ‘melompat’ langsung ke halaman pencari dan dengan menekan enter maka pengguna akan membuka link yang diberikan. Bila pengguna menekan Ctrl + Enter,maka link tersebut akan dibuka ke Tab baru.

  • Emoticon

Tidak mengerti maksud emoticon tertentu?Ketikkan saja di DuckDuckGo dan mesin pencari ini akan menjelaskannya untuk pengguna.

  • Bagaimana caranya?

Tips melakukan sesuatu?Gunakan keyword “How to”,maka akan langsung dikirim ke halaman pencarian yang menunjukkan cara melakukan sesuatu tersebut. Ini juga bisa digunakan untuk mencari resep memasak sesuatu dengan sangat cepat!Nah, itulah fitur-fitur dari DuckDuckGo yang takkan kamu temukan di Google.Ini menunjukkan bahwa mesin pencari DuckDuckgo layak dinanti gebrakannya dalam menggeser dominasi Google.Apalagi kebijakan open source memungkinkan mesin pencari ini untuk digunakan oleh khalayak tanpa memerlukan biaya.

Kelebihan DuckDuckgo

Berikut ini beberapa kelebihan penggunaan DuckDuckgo :

  • Duckduckgo tidak melacak pengguna

Duckduckgo merupakan search engine yang menjaga users privasi.Duckduckgo tidak akan melacak informasi pribadi atau aktivitas pencarian yang dilakukan oleh para pengguna.Search engine ini tidak akan menampilkan riwayat pencarian sehingga semua pencarian akan terlihat seperti belum pernah kalian lakukan sebelumnya.

  • Tidak memiliki banyak iklan

Saat pengguna melakukan pencarian melalui Google,maka akan dapat melihat banyak ads di halaman pertama.Berbeda dengan Duckduckgo yang meminimalkan tampilan iklan di dalam hasil penelusurannya,Iklan yang ditampilkan juga hanya berdasarkan kata kunci yang diinput oleh users,bukan berdasarkan profil pribadi atau riwayat pencarian sebelumnya.

  • Tidak ada Google Remarketing

Google remarketing,yakni suatu cara yang dipergunakan oleh para pengiklan di Google Ads untuk mengikuti calon pelanggan kemana pun mereka pergi di internet setelah mereka mengunjungi situs web mereka.Namun saat menggunakan Duckduckgo,pengguna tidak akan terganggu dengan iklan tersebut karena Duckduckgo tidak akan menyimpan riwayat pencarian pengguna.

  • Fitur !bangs

Salah satu fitur unggulan Duckduckgo,yakni fitur !bangs : merupakan shortcuts yang memberikan hasil pencarian di situs web lain secara langsung.Tanda seru yang dipergunakan (!) akan memberitahu Duckduckgo bahwa pengguna ingin melakukan pencarian di halaman website tertentu. Sebagai contoh,pengguna ingin membaca artikel tentang Film Avengers,dengan menggunakan Duckduckgo,pengguna bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mengetik “!Avengers” di kolom pencarian. Pengguna juga bisa menggunakan fitur ini untuk pencarian produk.Contoh : ketika pengguna ingin mencari speakers di Amazon,maka cukup ketik “!a speakers” di kolom pencarian.Duckduckgo memiliki ribuan list !bangs untuk berbagai kategori.Pengguna dapat melihat daftar tersebut di duckduckgo.com.Kalian juga dapat membuat saran untuk !bangs yang ingin ditambahkan ke dalam halaman Duckduckgo ini.

Kekurangan DuckDuckgo

Meski memiliki beberapa kelebihan DuckDuckgo juga memiliki kekurangan.Berikut beberapa kekurangan dari penggunaan DuckDuckgo :

  • Tidak ada fasilitas lengkap

Jika dibandingkan dengan Google yang memiliki banyak fasilitas seperti : Google memiliki Google Maps,Google Flights,Google Finance serta Google Books,Nah sedangkan Duckduckgo memiliki lebih sedikit fasilitas.Duckduckgo belum memiliki layanan serupa.

  • Tidak selalu nyaman digunakan

Google mengumpulkan data untuk meningkatkan layanan serta user experience para pengguna agar hasil pencarian dapat disesuaikan dengan minat atau profil pengguna.Jadi,ketika mencari informasi,Google akan memberikan jawaban yang sesuai untuk masing-masing pengguna.Sebagai contoh,ketika pengguna mencari kueri “rumah makan Padang”,Google akan mengetahui lokasi kalian dan menunjukkan rekomendasi rumah makan Padang terdekat beserta dengan peta untuk menuju rumah makan tersebut.Berbeda dengan Duckduckgo yang tidak akan mengingat profil penggunanya sehingga ketika pengguna mencari informasi dengan kueri “rumah makan Padang”,pengguna akan memperoleh informasi secara general.Jadi, jika tidak memiliki masalah dengan pengumpulan data yang dilakukan oleh Google,maka Google lebih nyaman untuk digunakan.

Cara Menggunakan DuckDuckGo

Menggunakan search engine DuckDuckgo,pengguna akan browsing secara privat.Jadi apapun yang pengguna cari lewat DuckDuckgo akan aman dari pelacakan.Cara menggunakan DuckDuckGo cukup mudah,pengguna bisa mengaksesnya langsung dengan mengunjungi situs atau menambahkan extension di browser, baik Google Chrome atau yang lainnya.

Untuk mengunjungi situs resmi DuckDuckgo,kalian bisa akses melalui link di bawah ini : https://duckduckgo. com/

Ketika mengakses situs di atas,kalian langsung bisa menambahkan extension di browser yang digunakan.Tinggal klik saja “Add DuckDuckGo to Chrome”,maka akan di arahkan langsung ke halaman extension untuk menginstallnya.Selain itu pengguna HP Android dan iPhone bisa langsung download browser DuckDuckGo lewat PlayStore atau Appstore.Meski demikian,tetap saja harus waspada,kalian tidak pernah tahu serentan apa informasi milik kalian yang mungkin bisa tersebar di internet.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

17 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago