HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Edmodo : Platform Belajar Online Paling Inovatif Dan Cara Mendaftarnya

Pengertian Edmodo

Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukan untuk guru,murid dan juga orang tua murid.Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten,mendistribusikan kuis,tugas dan mengelola komunikasi dengan siswa,kolega dan orang tua.

Edmodo sangat membantu dalam proses pembelajaran.Edmodo menyediakan cara aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah.Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook.Dengan Edmodo,guru atau dosen dapat mengirim nilai,tugas,maupun kuis untuk siswa atau mahasiswa dengan mudah.

Perkembangan Edmodo

Edmodo mulai pertama kali dikembangkan pada akhir Tahun 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’hara dan Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah,efisien dan lebih menyenangkan.Pada Tahun 2013, Edmodo dimasukkan ke dalam daftar “Aplikasi Teratas untuk Guru” oleh PC Magazine dan Edmodo mengakuisisi startup Root-1 dalam upaya untuk menjadi toko aplikasi untuk pendidikan,Vibhu Mittal,Co-founder dan CEO dari Root-1, menjadi CEO dari Edmodo tahun berikutnya.

PadaTahun 2014,Edmodo meluncurkan Snapshot yakni seperangkat alat penilaian untuk mengukur kemajuan siswa pada standar pendidikan.Edtech digest memberikan penghargaan untuk Edmodo Snapshot dalam Cool Tool Award sebagai solusi Penilaian Terbaik.Perusahaan ini bermitra dengan 2 penerbit besar di Inggris,Oxford University Press dan Cambridge University Press untuk menyediakan akses ke konten pendidikan di Edmodo Platform dan membawa Edmodo Snapshot ke Inggris.

Pada Bulan Agustus 2016 Edmodo diklaim memiliki lebih dari 66.900.000 pengguna di seluruh dunia.Pada Bulan Maret 2015, Noodle menyebut Edmodo sebagai salah satu 32 Alat Pendidikan Daring Paling Inovatif.

Fungsi Edmodo

  • Untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau guru dengan guru atau dosen.
  • Sarana komunikasi belajar atau berdiskusi.
  • Sebagai tempat untuk ujian atau quiz, dan lain sebagainya.

Fitur-Fitur Pada Edmodo

Ada banyak fitur-fitur yang ditawarkan Edmodo untuk mendukung proses pembelajaran.Berikut fitur-fitur yang ada pada Edmodo :

  • Gradebook

Dengan fitur ini : guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis.Fitur ini memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa.Penilaian tersebut dapat diexport menjadi file .csv. Pada fitur Gradebook,guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.Fitur gradebook membantu untuk membuat catatan nilai yang terorganisir dengan cepat.Guru dengan mudah dapat menambahkan periode penilaian pada Progress Book,menambahkan tugas dan nilai menggunakan komputer dan kemudian memantau nilai dari setiap murid dengan mudah.Data yang terorganisir juga membuat guru mudah memantau progress setiap murid,kemajuannya dalam proses belajar,serta peringkat murid di sebuah kelas.

  •  Polling

Fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru.Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu.Fitur Edmodo yang satu ini merupakan cara yang baik untuk mendapatkan feedback instan mengenai sebuah event yang baru saja terjadi,tugas dan sebagainya.Polling dapat digunakan untuk membuat para murid memahami makna ilmu yang baru dipelajari.

Untuk menggunakan fitur polling,lakukan langkah-langkah ini :

    1. Pada halaman grup kalian, klik “Poll” di toolbar bagian atas.
    2. Ketik pertanyaan yang akan dijadikan polling pada bagian kotak “Question”.
    3. Ketik pilihan jawaban yang ingin diberikan untuk dipilih murid pada kotak “Answer”. Jika ada lebih banyak jawaban untuk dipilih,tinggal menambah jawaban tambahan dengan klik “Add Answer”.
    4. Ketik nama murid,guru atau grup tujuan yang kalian ingin menjawab polling tersebut.
    5. Bisa memilih untuk “Send Now” (jika ingin dikirimkan saat itu juga) atau “Send Later” (jika ingin dikirimkan nanti pada waktu tertentu atau istilahnya dijadwalkan).
  • File and Links

Berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link,biasanya file tersebut berekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lainnya.Terkadang guru membutuhkan tambahan materi seperti gambar agar murid dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan.Inilah fungsi fitur File dan Links yang ada pada Edmodo.Hanya dalam waktu singkat,guru dapat mengunggah gambar,video,teks atau apapun yang dapat meningkatkan rasa keingintahuan murid ketika belajar.Jika suatu tambahan materi tersebut sudah tersimpan di dalam komputer,maka guru dapat menggunakan fitur file untuk mengunggahnya agar dapat dilihat murid.Sementara jika tambahan materi masih berada di dalam website tertentu dan ukurannya cukup besar untuk diunduh,guru dapat memberikan link yang dapat diakses siswa untuk memahami suatu pelajaran.

  • Library

Dengan fitur ini guru dapat mengunggah bahan ajaran seperti materi,presentasi,gambar,video,sumber referensi dan lain-lain. Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.Fitur library ini sangat berguna untuk para guru yang kewalahan memiliki ratusan file di komputer sekolah atau daftar bookmark panjang untuk halaman web yang berguna sebagai materi pembelajaran.Library Edmodo menyediakan kapasitas tanpa batas yang membuat setiap guru mampu menyimpan, mengurutkan, membagi, dan mengorganisir berbagai macam dokumen hanya dalam satu akun. Dokumen yang terdapat dalam Library virtual ini kemudian juga dapat diakses dimanapun dan dibagikan dengan guru-guru lainnya.

  • Assignment

Dengan fitur ini guru dapat memberikan tugas kepada murid secara online dan juga dilengkapi dengan waktu deadline,fitur attach file yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt) dan tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.Di bagian feature ini guru dapat dimudahkan perannya.Assignment atau tugas yang sebelumnya pernah diberikan pada murid di periode sebelumnya,bisa kembali diberikan pada murid di periode berikutnya.Tugas untuk murid ini bisa disimpan di Library untuk digunakan kembali di masa depan,sehingga tidak terbuang begitu saja.Sesama guru juga dapat saling berbagi materi tugas yang diberikan pada murid sehingga tugas lebih bervariasi.

  • Quiz

Fitur ini hanya dapat dibuat oleh guru,sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz.Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru.Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian singkat atau soal uraian.Dengan fitur quiz ini pun terasa lebih mengikuti perkembangan zaman, karena guru dapat membuat quiz dengan menyisipkan gambar atau bahkan video sebagai bahan pelengkap pertanyaan quiz.Guru juga dapat menyimpan pertanyaan quiz dalam Library pada Edmodo,sehingga di kemudian hari dapat digunakan lagi di kelas selanjutnya.Setelah mengerjakan quiz,murid dapat mengetahui hasil dengan cepat serta melakukan Retake quiz jika dirasa nilainya masih kurang.

  •  Parent Code

Jika seorang murid membuat akun student di Edmodo,murid tersebut otomatis akan mendapatkan sebuah Parent Code unik yang dapat digunakan oleh orang tuanya untuk membuat akun khusus orang tua.Setiap orang tua hanya membutuhkan 1 Parent Account,guna memantau semua grup yang diikuti oleh murid.Jika orang tua memiliki lebih dari 1 anak,orang tua tersebut hanya membutuhkan 1 buah akun yang dapat memantau proses belajar semua anaknya hanya dari 1 akun.Lalu juga orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak mereka.Untuk mendapatkan kode tersebut,orang tua murid mendapatkannya dengan mengklik nama kelas atau grup anak mereka di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.

  •  Award Badge

Fitur ini memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup,badge yang diberikan tentu akan menunjukkan track record positif murid.Guru dengan mudah menyediakan badge untuk murid berprestasi yang telah mengerjakan quiz dan tugas lainnya dengan hasil sangat baik.Award Badge dapat menjadi motivasi bagi murid untuk mengerjakan berbagai tugas dengan baik.Adanya penghargaan membuat seseorang lebih bersemangat untuk mengerjakan sesuatu.Guru dapat mengatur juga untuk memberikan badge untuk beberapa murid sekaligus.Sayangnya,award badge hanya dapat diberikan dari guru oleh murid, tidak untuk sesama guru lain.Meski begitu,beberapa Badge Edmodo diberikan otomatis kepada guru, misal jika guru tersebut adalah guru pertama dari suatu sekolah yang bergabung dengan Edmodo.

Keunggulan Edmodo

  • Clossed group collaboration,hanya yang memiliki group code yang dapat mengikuti kelas.
  • Mirip dengan Facebook yakni mudah digunakan.
  • Free access online dan tersedia bagi perangkat smartphone (Android).
  • Tidak memerlukan server di sekolah.
  • Dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
  • Selalu diupdate oleh pengembang.
  • Dapat diaplikasikan dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satu kota / kabupaten.
  • Dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan model sosial media,learning material dan evaluasi.
  • Edmodo mendukung model team teaching,co-teacher,collaboration.
  • Terdapat notifikasi.
  • Fitur badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi siswa.

Kekurangan Edmodo

  • Jika ingin mengaksesnya dibutuhkan sambungan internet.
  • Password akun siswa bisa disalahgunakan oleh Teacher,karena teacher di Edmodo seperti server yang mengatur semua settingan akun client (murid).
  • Tidak bisa berhubungan dengan kelas lain tanpa ID grup-nya.
  • Tidak bisa membuat status dengan menambahkan gambar.

Cara Kerja Edmodo

Cara kerja Edmodo seperti sebuah platform edukasi lainnya.Edmodo membantu pengajar atau guru menggunakan platform ini untuk lebih efisien dan efektif dalam mengajar.Seperti penggunaan fitur gradebook,library,assignment dan quiz dan masih banyak lagi dan semuanya dapat dikelola oleh pengguna secara mudah.Platform ini membantu para siswa untuk lebih disiplin ketika sebuah proyek dan tugas diberikan oleh guru mereka serta juga membantu para pengguna untuk saling berkolaborasi dan berbagi melalui salah satu fiturnya.

Cara Mendaftar Edmodo Untuk Siswa/Mahasiswa

  • Buka situs resmi Edmodo di https://www.edmodo. com.
  • Klik button Student (karena kita akan mendaftar sebagai siswa),lalu akan muncul halaman formulir pendaftaran Edmodo.

  • Jika ada akun gmail,bisa langsung dipilih.

  •  Pilih i’m student.

  • Pada formulir ada beberapa kolom yang harus diisi dengan identitas yang benar diantaranya :
    • First Name : Diisi dengan nama awal pengguna
    • Last Name : Diisi untuk nama belakang pengguna.
    • Group Code : Kolom untuk mengisi kode dari group kelas yang akan kita masuki untuk membuat akun Edmodo yang diberikan oleh masing-masing guru yang bersangkutan.
    • Email : Kolom pilihan dimana pada kolom ini diberikan pilihan untuk memasukkan email atau tidak,disarankan agar memasukkan alamat email,dimana jika kita lupa dengan password edmodo kita dapat menggunakan konfirmasi dari email tersebut.
    • Username : Isinya tidak harus sesuai dengan nama,karena username ini nantinya hanya menjadi ID pada saat login.
    • Password : Kolom ini harus diisi,dimana ketika ingin login ke Edmodo,akan diminta untuk mengisi password, dan buatlah password yang mudah untuk diingat.
  • Jika semua kolom telah terisi,selanjutnya harus klik pada button signup for free yang berada pada bagian bawah formulir dengan begitu proses pembuatan akun akan segera dimulai.
  • Jika sudah berhasil membuat akun Edmodo baru sebagai siswa dan ada ucapan selamat datang yang diucapkan oleh guru pada kelas tersebut,Maka dapat menggunakan akun tersebut jika kita ingin belajar,mengirim tugas dalam bentuk softcopy tanpa bertatapan muka dengan guru yang bersangkutan.
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

6 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

9 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago