HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain, meski berjauhan. Anda dapat dengan cepat menemukan informasi spesifik, bahkan secara real time. Menurut Wikipedia, era digital bisa juga disebut dengan globalisasi.

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang dihasilkan dari pertukaran pandangan dunia, produk, gagasan, dan aspek budaya lainnya, dan terutama disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi, dan Internet.

Kemudahan Hidup di Era Digital

Berikut ini gambaran betapa mudahnya hidup di era digital ini:

1. Kemudahan Komunikasi

Kutipan dari New York Times: Thomas L Friedman dalam The World is a Flat globalisasi terbagi menjadi tiga fase: globalisasi 1.0, globalisasi 2.0, dan globalisasi 3.0. Saat ini kita telah memasuki era globalisasi 3.0 dan kehidupan masyarakat dikelilingi oleh teknologi digital. Semua orang terhubung satu sama lain melalui Internet. Apalagi dengan munculnya email dan media sosial seperti saat ini.

Kirim surat secara instan melalui email,
Menyebarkan berita ke masyarakat umum di Twitter dan Instagram,
Menyapa teman lama di Facebook,
Berbicara dengan keluarga Anda melalui video call Line atau WhatsApp dan Anda dapat mengirim pesan, dll.
Semuanya seolah-olah saling terhubung satu sama lain tanpa batasan ruang dan waktu.

2. Mobile dan Fleksibel

Di era digital, segala sesuatunya serba mudah dan tidak terbatas. Anda dapat melakukan semuanya secara mobile. Bahkan saat ini sudah banyak acara yang tidak memerlukan kehadiran peserta. Yang dibutuhkan hanyalah media online dan semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Ada banyak online course yang bisa Anda ikuti. Beberapa universitas juga menawarkan kuliah online. Mahasiswa tidak perlu berkumpul di kelas untuk mendengarkan penjelasan instruktur. Yang Anda butuhkan hanyalah akses internet dan sistem informasi yang memungkinkan Anda mengobrol layaknya ceramah. Jika ingin berdiskusi bisa menggunakan Google Hangouts.

Di bidang bisnis dan perbankan, pembayaran dapat dilakukan menggunakan virtual account. Begitu pula dengan pemesanan hosting dan domain murah dari Hosteko. Anda dapat menggunakan fitur virtual account. Sederhana dan tidak rumit, tidak diperlukan konfirmasi pembayaran.

3. Internet Lebih Ampuh dari Pulsa

Benarkah tidak ada pulsa lebih baik dari pada tidak ada paket data? Saat ini, Internet lebih canggih dari pulsa. Era digital merupakan tanda kemajuan internet. Faktanya, anak-anak zaman sekarang lebih memilih hidup tanpa makanan daripada tidak memiliki akses internet. Ketika kita kehabisan paket data, kita cenderung mencari koneksi WiFi untuk melakukan aktivitas. Media sosial dan game online telah menjadi gaya hidup.

4. Belanja Mudah

Bagi pecinta belanja, kehidupan di era digital serasa seperti surga dunia. Anda dapat memilih produk tanpa harus pergi ke toko atau pusat perbelanjaan. Yang Anda butuhkan hanyalah layar smartphone atau laptop dan internet untuk memilih barang sesuai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pokok, fashion, souvenir, pembayaran tagihan listrik, pembayaran pinjaman, pembayaran tiket kereta api, pembayaran paket data hingga pembelian game online. Anda dapat memilih item dan harga sesuai dengan situasi dompet Anda.

Prosedur pembayarannya juga mudah. Anda tidak perlu memiliki uang tunai untuk membeli barang-barang mahal. Cukup transfer sejumlah uang dan produk akan diantar langsung ke rumah Anda.

5. Gak Usah Ribet

Takut tersesat di era digital? Mungkin Anda belum mengetahui apa itu teknologi GPS. Saat ini, aplikasi GPS seperti Google Maps memungkinkan kita bepergian kemana saja tanpa takut tersesat. Anda hanya perlu mengikuti rute yang ditampilkan di aplikasi. Anda juga dapat melihat perkiraan waktu tempuh, rute terdekat, dan memilih jalan yang mengalami kemacetan lalu lintas. Ini juga membantu menemukan fasilitas umum terdekat seperti SPBU, ATM, dan restoran.

Berbagai macam ojek online dan taksi online kini tersedia untuk transportasi. Di era digital, jika Anda memiliki smartphone, Anda bisa langsung memanggil ojek. Para orang tua tidak perlu khawatir jika harus meluangkan waktu untuk menjemput anaknya dari sekolah. Meski tidak punya kendaraan, para anak kos tidak perlu berjalan jauh ke kampus.

6. Cashless

Pernah ke mall dan tidak punya uang tunai? Di era digital, kartu debit, uang elektronik, dan kartu kredit dapat digunakan. Dapatkan item impianmu hanya dengan satu gesekan. Apakah Anda sedang berlibur ke luar kota? Anda mempunyai tagihan listrik yang belum dibayar? Ingin menelepon seseorang tetapi tidak memiliki pulsa?

Tenang! Selesaikan pekerjaan Anda dengan mobile banking dan internet banking. Selama Anda memiliki koneksi internet, semuanya akan beres! Apakah Anda ingin berdonasi? Saat ini sudah banyak aplikasi crowdfunding yang bisa Anda gunakan.

7. Ingin Jadi Artis? Gampang!

Dulu, untuk berperan dalam film atau sinetron diperlukan beberapa langkah. Untuk mendapatkan pengalaman, Anda harus berpartisipasi dalam beberapa casting, seperti casting gadis sampul, kontes model, dan casting di mana Anda harus mengalahkan ribuan lainnya. Anda kini bisa menjadi populer hanya dengan memiliki saluran YouTube. Fenomena ini menjadi semakin umum di kalangan pemula.

Ya, ini Vlog! Tidak ada orang yang tidak tahu tentang video blogging atau vlog! Hampir semua anak milenial sudah mulai merambah dunia vlog. Menurut Wikipedia, Vlogging atau video blogging adalah suatu bentuk blogging yang menggunakan media video sebagai pengganti teks atau audio dengan menggunakan berbagai perangkat seperti kamera ponsel, kamera digital, dan drone.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

1 day ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago