HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan tujuan untuk menambah penghasilam .Namun, memulai usaha sampingan selain pekerjaan utama tidak selalu mudah. Banyak hal yang harus direncanakan dan dipertimbangkan, terutama masalah permodalan.

Ya, modal awal untuk usaha sampingan bisa jadi seperti pintu yang membuka jalan untuk berwirausaha, atau bisa jadi penghalang untuk melanjutkan. Tidak jarang banyak orang yang memutuskan untuk mundur dari bisnisnya lebih awal atau di tengah jalan karena masalah permodalan.

Namun jika kamu lebih selektif, kamu akan menemukan bahwa ada banyak pekerjaan sampingan yang membutuhkan sedikit atau tanpa modal. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis ya!

Ide Usaha Sampingan Karyawan Bermodal Kecil

  • Online Shop

Usaha sampingan yang pertama datang dari bisnis retail yang sebagian besar dijalankan oleh berbagai kalangan, yaitu online shop. Seperti namanya, kamu bisa dengan mudah menjual barang apa pun secara online, biasanya melalui internet, media sosial, atau website marketplace.

Di Indonesia sendiri, gaya belanja sebagian besar masyarakat telah berubah menjadi gaya belanja online yang praktis sehingga usaha online shop semakin menarik perhatian. Namun, memulai sebuah online shop memiliki tantangan tersendiri. Hal ini karena kamu harus bersiap bersaing dengan online shop lain yang sering menjual produk niche yang sama.

Jadi, jika kamu berencana membuka online shop yang akan membantu kamu menghasilkan uang dengan cepat, juallah produk yang unik atau produk harga murah dan bersaing. Misalnya, kamu bisa menjual pakaian atau perangkat lunak berkualitas tinggi dengan harga yang relatif murah. Atau kamu bisa menjual produk unik, seperti kerajinan tangan.

  • Reselling dan Dropshipping

Dengan semakin banyaknya online shop yang tersedia di berbagai situs e-commerce, jasa reseller dan dropshipper juga semakin banyak dipilih sebagai usaha sampingan. Ini karena kamu bisa menjual kembali produk brand rumahan hingga brand terkenal.

Terdapat perbedaan antara reselling dan dropshipping pada sistem kerja dan modal yang perlu dikeluarkan. Reselling mengharuskan adanya penjualan kembali produk melalui sistem stok sehingga kamu memerlukan lahan dan peralatan untuk menjual produk.

Sedangkan dropshipping adalah model yang lebih sederhana untuk menjual kembali produk. Ini karena dropshipper berperan sebagai pihak ketiga antara produsen dan pembeli. Dengan kata lain, kamu tidak perlu menyimpan produk di tempat khusus, tetapi kamu masih bisa menjualnya secara leluasa.

Saran kami, jika kamu serius ingin memulai usaha sampingan dari rumah sebagai reseller atau dropshipping, buatlah website bisnis khusus untuk jasa reseller atau dropship kamu.Untuk meningkatkan kredibilitas website kamu, cobalah membeli domain website dari Hosteko.

  • Affiliate Marketing

Singkatnya, affiliate marketing adalah program strategi pemasaran yang memberikan komisi kepada afiliasi setelah berhasil menjual produk melalui tautan atau voucher khusus. Hingga saat ini sudah banyak orang yang mencoba usaha sampingan ini.

Untuk memulainya, cukup dengan mendaftar ke program afiliasi suatu perusahaan dan kamu akan mendapatkan voucher khusus yang dapat kamu gunakan untuk mulai memasarkan produk.

Jika kamu sudah yakin untuk mengikuti program afiliasi, kamu perlu mencari banyak pengunjung marketplace atau website bisnis. Ini karena kamu dapat menghasilkan uang hanya dengan menarik pelanggan untuk membeli produk di marketplace tersebut menggunakan voucher afiliasi kamu.

  • Content Creator

Sejak awal pandemi COVID-19 yang mengharuskan bekerja secara online dari rumah, banyak orang yang mulai melirik media sosial sebagai ladang mendapatkan penghasilan. Sebut saja Tik Tok dan Youtube.

Kedua media sosial tersebut memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi seorang content creator. Rata-rata modal yang dibutuhkan adalah smartphone, laptop, alat editing, atau kamera digital jika diperlukan.

Namun, usaha sampingan sebagai content creator ini tidak hanya sebatas membuat konten video ya. Ini karena kamu juga bisa menjadi content creator yang less effort, seperti blog ontent creator.

Bagaimana caranya? Nah, seorang content writer dapat memonetisasi atau menguangkan tulisannya dengan menyajikan konten yang SEO friendly. Selain itu, kamu juga dapat beriklan di blog itu.

Dengan begitu, konten tulisan kamu akan muncul di mesin pencari dan lebih banyak orang akan mengakses konten blog tersebut. Semakin banyak orang mengeklik dan terlibat dengan konten, semakin banyak juga traffic blog yang memengaruhi monetisasi web kamu.

  • Jasa Penerjemah

Jenis usaha sampingan ini sangat cocok bagi kamu yang menguasai bahasa asing selain bahasa Indonesia. Meski profesi ini sudah ada sejak lama, namun masih banyak orang yang memilih menjadi penerjemah di waktu senggangnya. Ini karena seorang penerjemah hanya membutuhkan laptop, jaringan internet, dan alat bantu penerjemah jika diperlukan.

Peluang menjadi penerjemah juga sangat menjanjikan karena banyak bekerja sama dengan industri yang membutuhkan penerjemahan, seperti penerjemah buku, penerjemah website, bahkan penerjemah acara TV.

Portal freelance seperti Freelancer, Sribulancer, dan Fastwork memungkinkan kamu mencari lowongan penerjemah yang biasanya berstatus freelance.

  • Jasa Pengetikan

Sama seperti jasa penerjemah, jenis usaha sampingan ini relatif mudah dijalankan. Sebab kamu tidak memerlukan banyak modal atau keahlian khusus, namun hanya membutuhkan laptop atau komputer, printer, dan jaringan internet.

Ide usaha sampingan dari rumah ini bisa dilakukan tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Jasa pengetikan ini akan lebih menguntungkan jika kamu tinggal dekat sekolah atau universitas. Harga yang kamu tawarkan harus ramah kantong, misalnya Rp 2.000 per halaman atau slide.

  • Konsultan SEO

Strategi SEO juga penting untuk keberhasilan program pemasaran usaha kecil. Namun, memahami SEO mungkin lebih penting daripada memanfaatkan kehadiran media sosial yang kuat. Jadi, jika kamu memiliki lisensi atau pengetahuan SEO, kamu dapat mempertimbangkan untuk menjadi ahli SEO bagi bisnis kecil sebagai usaha sampingan.

Sebenarnya belum banyak orang yang memiliki keterampilan menjadi konsultan SEO, namun keterampilan ini sangat populer. Karena tugas konsultan SEO adalah memberikan saran dan rekomendasi bagaimana cara meningkatkan persaingan website kamu di mesin pencari.

Oleh karena itu, seorang konsultan SEO harus memperoleh pengetahuan tentang cara kerja SEO dan algoritma Google. Dengan syarat kompetensi yang harus dikuasai sangat kompleks maka kamu bisa menentukan biaya layanan SEO yang cukup bagus. Bahkan, rata-rata konsultan SEO bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 380.000 hingga Rp 400.000 per jam.

  • Jasa Desain Grafis dan Multimedia

Apakah kamu pandai menggambar atau mengedit foto dan video? Kalau iya, jangan sia-siakan bakat itu karena kamu bisa menjadi seorang desainer grafis atau editor. Desain yang dimaksud pun cakupannya luas, mulai dari desain logo, poster, website, interior, dan sebagainya.

Kenapa desainer grafis atau editor bisa dijadikan usaha sampingan? Ini karena tidak semua orang bisa menjadi editor atau desainer yang bisa memonetisasi karyanya. Mereka harus belajar hingga menjadi pintar dan diakui sebagai desainer.

Dan mereka yang telah memperoleh ilmu dan keterampilan menjadi desainer berpeluang mendapatkan gaji yang relatif tinggi atau bahkan mendirikan perusahaan desain yang besar. Kebutuhan modalnya juga relatif kecil, mulai dari  laptop atau komputer, alat atau aplikasi editing, dan koneksi internet.

Jika kamu ingin memulai usaha sampingan ini, kamu dapat menemukan klien melalui Fiverr, 99design, project.co.id, atau Sribu.

  • Kursus Online

Salah satu usaha sampingan yang bisa dicoba adalah menjadi tutor kursus online. Jika kamu memiliki hard skill lain di luar pekerjaan utama, seperti bimbingan belajar, pemasaran, coding, memasak, cobalah buka kursus, seperti webinar live atau record.

Untuk menghasilkan uang, pertama-tama kamu harus menentukan target audiens, seperti masyarakat umum atau pelajar. Modal yang dibutuhkan untuk memulai kursus online ini tergantung pada niche kursus yang diajarkan dan media penyampaian materi (online atau offline).

  • Jasa Titip Beli (Jastip)

Selain menjadi reseller atau dropshipper, kamu juga bisa menawarkan jasa titip untuk membeli produk tertentu. Ide usaha sampingan yang biasa disebut Jastip ini bisa dijalankan dengan dua cara, yaitu dengan membeli produk dari toko secara langusung atau secara online.

Bagi kamu yang lebih suka mencari produk di toko secara langsung, kamu bisa buka Jastip untuk produk-produk, seperti pakaian, tas, sepatu, dan produk bermerek lainnya yang hanya dijual di etalase toko.

Namun kamu juga bisa membuka Jastip untuk produk yang dijual di luar negeri atau online shop dengan sistem open order dimana pembeli harus berebut agar bisa membeli produk tersebut. Melalui Jastip, kamu bisa mendapatkan keuntungan untuk setiap produk pesanan, misalnya Rp 5.000-10.000 per item.

  • Jasa Fotografer

Apakah kamu suka memotret teman kamu? Apakah mereka senang dengan hasilnya? Jika iya, itu artinya kamu punya bakat fotografi. Hobi dan bakat fotografi ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang saat ini. Misalnya pernikahan, acara formal, model, produk, pariwisata, dan alam.

Kamu dapat menjual hasil foto yang kamu ambil dengan harga yang bervariasi tergantung kesulitan memotret subjek dan kebutuhan pasar. Namun, kamu juga bisa memulai dengan harga murah untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Atau kamu bisa menjual foto karya terbaik kamu secara online di Istock, Shutterstock, dan situs lainnya.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sampingab ini tidak sedikit karena dibutuhkan uang untuk membeli dan merawat kamera. Namun, jika kamu tidak mempunyai modal dan tetap ingin menjadi seorang fotografer, kamu bisa menggunakan smartphone untuk mengambil foto dan mengeditnya menggunakan aplikasi editing gratis atau berbayar.

  • Jasa Penjahit

Ide usaha sampingan yang bisa kamu lakukan dari rumah adalah menjadi penjahit. Jika kamu memiliki mesin jahit, benang dan peralatan bantu lainnya dengan kisaran harga Rp 500.000 hingga Rp 2 juta, kamu bisa membuka rumah jahit kecil-kecilan selama liburan kerja.

Tidak memerlukan tempat khusus untuk menjahit, kamu bisa gunakan ruang tamu atau ruang keluarga. Meskipun pada umumnya kamu membutuhkan keterampilan menjahit, kamu tetap bisa mempertimbangkan jenis usaha sampingan ini. Memiliki pengetahuan tentang desain pakaian pasti akan meningkatkan profitabilitas jasa jahit kamu.

  • Catering

Jika kamu seorang pekerja kantoran atau ibu rumah tangga, kamu pasti memiliki bakat dalam bidang memasak. Oleh karena itu, jika kamu merasa bakat memasak kamu sia-sia jika hanya dinikmati oleh keluarga, cobalah memulai usaha sampingan berupa catering.

Usaha catering juga sangat mudah dilakukan karena kamu bisa bebas menentukan menu apa yang ingin dijual. Kamu juga bisa membuka sistem pre-order atau sesuai waktu luang kamu. Modal yang dibutuhkan pun bervariasi tergantung masakan yang kamu buat, namun rata-rata membutuhkan hingga 2 juta rupiah.

  • Jual Aneka Kue

Usaha sampingan rumahan ini hampir mirip catering yang diperuntukkan bagi orang-orang yang pandai memasak, khususnya kue dan jajanan sejenisnya. Apalagi kue masih banyak diminati banyak orang untuk berbagai acara. Contohnya kue kering untuk hari besar, kue jajanan pasar, dan bahkan kue pernikahan.

Kue bisa dijual dari yang murah hingga yang mahal, tergantung jenis kue dan kesulitan pembuatannya. Kamu juga dapat mengembangkan keterampilan membuat kue secara gratis melalui kursus gratis di YouTube dan blog memasak.

  • Jual Pulsa Elektrik

Ide usaha sampingan ini tampaknya paling mudah diterapkan selama memiliki handphone. Modal awal yang kamu perlukan juga bergantung pada potensi finansial kamu.

Ide usaha ini tidak akan hilang begitu saja karena kebutuhan akan pembiayaan juga tidak ada habisnya. Siapa pun yang memiliki handphone pasti membutuhkan pulsa untuk kebutuhan komunikasi dan internetnya. Bahkan, target pelanggan tidak terbatas pada jenis kelamin atau kelompok umur tertentu.

Nah, itulah ide usaha sampingan yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

1 day ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago