HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Error 502 Bad Gateway: Cara Efektif Mengatasi dan Memahami Penyebabnya

502 Bad Gateway adalah kode status HTTP umum yang dapat Anda perbaiki sendiri. Dalam tutorial ini, kita akan membahas 502 Bad Gateway dan mengidentifikasi penyebab masalah dari sisi klien dan sisi server. Mari kita bahas berbagai kemungkinan penyebabnya agar Anda dapat memahami masalahnya dan mengambil tindakan yang tepat. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Arti 502 Bad Gateway?

502 Bad Gateway adalah pesan eror yang muncul ketika ada masalah komunikasi antara dua server di Internet dan server perantara (server proxy atau server gateway) tidak menerima respons yang valid dari server pusat. Jadi, ketika Anda mengunjungi sebuah website, permintaan ditransfer dari server perantara ke server utama, tempat data website disimpan. Oleh karena itu, jika server perantara menerima respons yang tidak valid dari server utama, maka akan menampilkan kesalahan 502 Bad Gateway. Namun tidak perlu khawatir karena memperbaiki error 502 tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya sendiri dengan mudah dan cepat.

Penyebab Error 502 Bad Gateway

Error 502 Bad Gateway  disebabkan oleh kegagalan komunikasi antar server web yang diperlukan untuk memenuhi permintaan pengunjung website. Hal ini dikarenakan server yang bertindak sebagai perantara menerima respon yang tidak dapat dipahami atau diproses oleh server lain.

Pada dasarnya ada empat penyebab kesalahan 502 Bad Gateway.

  • Respons yang salah – web server lain mengirim kembali data yang salah atau tidak lengkap.
  • Format salah – Respons diberikan dalam bahasa atau format teknis yang salah sehingga server perantara tidak dapat menafsirkannya.
  • Server kelebihan beban – server lain terlalu sibuk dan tidak bisa memberikan respons dengan baik.
  • Masalah jaringan – Koneksi antar server terputus.

Masalah ini mencegah server perantara memenuhi permintaan, yang pada akhirnya mengakibatkan kesalahan 502.

Variasi Error 502 Bad Gateway

Error 502 dapat terjadi pada perangkat atau layanan apa pun, namun pesan yang Anda lihat mungkin berbeda-beda. Ada beberapa variasi kode status HTTP ini yang mungkin Anda lihat:

  • Sederhana – Temporary Error (502), 502 Error.
  • Deskriptif – HTTP Error 502 Bad Gateway, 502 Server Error, dengan penjelasan.
  • Teknis – 502 – Web server received an invalid response, HTTP 502, 502 Proxy Error.
  • Kelebihan beban – 502 Service Temporarily Overloaded.
  • Masalah terkait server – 502 Bad Gateway Nginx, tergantung pada software server.
  • Layar blank – website menampilkan layar kosong.

Beberapa pemilik website terkadang juga membuat halaman error sendiri yang menampilkan informasi tambahan. Misalnya, Chrome memberikan tips penyelesaian masalah dan menyarankan pengguna untuk mencoba kembali.

Cara Mengatasi 502 Rogue Gateway

Biasanya 502 Rogue Gateway hanya terjadi sementara saja. Harap tunggu sekitar 30 detik hingga masalahnya hilang. Namun, jika masalah masih terjadi, coba metode berikut:

1. Refresh Halaman

Kesalahan 502 Bad Gateway mungkin hanya terjadi sesaat karena peningkatan lalu lintas secara tiba-tiba. Anda dapat mencoba mengatasi masalah ini dengan merefresh halaman. Di Windows, tekan F5 atau CTRL + F5. Di Mac, gunakan CMD + R.

2. Cek Status Website

Jika Anda masih menerima error 502, hal ini mungkin disebabkan oleh downtime pada server website Anda. Untungnya, ada banyak tool yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa apakah website Anda sedang down, seperti Down for Everyone, Just Me, dan IsItDown. Cukup masukkan URL website Anda untuk memeriksa statusnya.

3. Hapus Cache Browser

Apakah Anda tidak berhasil memperbaiki error 502 Bad Gateway? Cache browser Anda mungkin berisi file yang kedaluwarsa atau rusak. Dalam hal ini, coba bersihkan cache browser Anda untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Harap diingat bahwa menghapus file cache dapat mengakibatkan hilangnya data penjelajahan penting seperti bookmark dan pengaturan pribadi. Jadi jangan lupa untuk mengekspor data Anda dari browser dan mengimpornya lagi.

4. Coba Aktifkan Mode Samaran (Incognito)

Buka website dalam mode penyamaran untuk melihat apakah error 502 disebabkan oleh masalah browser. Untuk membuka jendela penyamaran, klik tiga titik di browser Anda dan pilih Jendela Penyamaran Baru. Jika masalah gateway buruk tidak terjadi dalam mode penyamaran, penyebabnya mungkin adalah ekstensi browser. Coba nonaktifkan plugin atau ekstensi satu per satu. Setelah Anda menghapus ekstensi yang menyebabkan kesalahan, Anda akan dapat mengakses website Anda lagi. Berdasarkan pengalaman kami, ekstensi pemblokiran iklan atau ad blocker biasanya menjadi penyebab kesalahan ini. Jika menonaktifkan ekstensi browser tidak berhasil, coba browser lain. Misalnya, jika saat ini Anda menggunakan Google Chrome, cobalah Mozilla Firefox. Jika ternyata Anda dapat mengakses website tersebut menggunakan browser yang berbeda, hal ini dikarenakan browser yang Anda gunakan sebelumnya adalah pelakunya. Untuk memperbaiki kesalahan, hapus dan instal ulang browser yang bermasalah.

5. Flush DNS Cache

Penyebab umum lainnya dari 502 Bad Gateway adalah masalah DNS, seperti alamat IP salah dan server DNS tidak responsif. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus DNS. Metode ini mirip dengan membersihkan cache browser Anda dengan menghapus file lama atau rusak dari server DNS Anda. Anda juga dapat mencoba mengubah server DNS Anda untuk sementara. Secara default, ISP akan memberi Anda server DNS. Anda dapat mengubah ke server pihak ketiga seperti Google Public DNS.

6. Coba di Perangkat Lain

Jika masih tidak dapat mengatasi error 502 Bad Gateway, coba uji koneksi Internet Anda di komputer atau perangkat seluler lain yang menggunakan jaringan berbeda. Juga, restart komputer dan router Anda untuk memeriksa apakah kesalahan tersebut terkait dengan peralatan jaringan Anda atau disebabkan oleh faktor lain.

7. Cek Log Error

Jika Anda menerima kesalahan 502 setelah melakukan perubahan atau pembaruan pada website Anda, masalahnya mungkin ada pada server web Anda. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa log error website Anda. Layanan hosting biasanya menyediakan cara untuk mengakses file log eror website Anda melalui dasbor administratif. Anda juga dapat mengaktifkan error logging di situs WordPress dengan menambahkan baris berikut ke file wp-config.php:

define( 'WP_DEBUG', true ); 
define( 'WP_DEBUG_LOG', true ); 
define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );

Semua error yang dihasilkan akan muncul di file wp-contents/debug.log, bisa Anda identifikasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab error 502 Bad Gateway. Semua kesalahan yang dihasilkan akan terlihat di file wp-contents/debug.log, selanjutnya dapat Anda temukan kesalahan yang menyebabkan error 502 Bad Gateway.

8. Periksa Plugin dan Tema

Error juga bisa disebabkan oleh plug atau tema yang bermasalah. Karena plugin dan tema dengan kode yang buruk dapat saling bertentangan. Ketika ini terjadi, server menghentikan semua skrip dan kueri di website, sehingga tidak dapat diakses. Untuk beberapa website, masalah biasanya disebabkan oleh cache atau plugin keamanan. Ada kemungkinan plugin ini memblokir komunikasi antar server dan menyebabkan eror terus berlanjut. Jika Anda tidak memasang plugin cache atau keamanan dan Anda masih mendapatkan kesalahan HTTP 502, coba nonaktifkan semua plugin dan aktifkan kembali satu per satu. Untuk melakukan ini, cukup buka plugin dan klik  Deactive (Nonaktifkan) di menu Bulk Actions (Tindakan Massal).

Kemudian perbarui website Anda dengan mengaktifkan plugin satu per satu. Oleh karena itu, jika error 502 terjadi lagi setelah mengaktifkan plugin tertentu, berarti plugin tersebut adalah biang keladinya. Jika Anda tidak dapat mengakses dashboard WordPress Anda, coba nonaktifkan melalui panel kontrol hosting atau klien FTP Anda. Buka direktori konten-wp dan ganti nama direktori plugin menjadi seperti “plugins-disable”. Setelah semua plugin dinonaktifkan dan website Anda berfungsi kembali, ganti nama folder menjadi Plugins lagi. Kemudian aktifkan plugin satu per satu untuk melihat mana yang menyebabkan error. Demikian pula, jika website Anda masih tidak berfungsi, coba nonaktifkan tema WordPress Anda satu per satu.

9. Periksa CDN yang Digunakan

Kemungkinan penyebab 502 Bad Gateway berikutnya adalah masalah dengan CDN (jaringan pengiriman konten) atau layanan mitigasi DDoS. CDN digunakan untuk mempercepat tampilan konten web dari server website ke browser pengunjung. Namun, jaringan ini dapat mengalami masalah saat menyambung ke server asal, yang pada akhirnya mengakibatkan kesalahan 502. Atau, Anda bisa menonaktifkan Cloudflare, tapi proses propagasi DNS mungkin akan memerlukan waktu beberapa jam.

10. Tingkatkan max_execution_time and max_input_time PHP

PHP timeout terjadi setiap kali proses PHP melebihi batas max_execution_time atau max_input_time. Nilai ini diatur dalam konfigurasi PHP server web. Biasanya nilainya 300 detik secara defaultnya. Timeout mungkin terjadi selama proses migrasi, yang mengakibatkan error 502 Bad Gateway. Untuk mengatasi masalah ini, hubungi tim penyedia hosting Anda untuk meninjau nilainya dan melihat apakah pengaturannya dapat ditingkatkan.

Kesimpulan

502 Bad Gateway adalah pesan kesalahan umum yang sering terjadi, namun dalam beberapa kasus bisa sangat mengganggu. Ada banyak kemungkinan penyebabnya, termasuk kesalahan konfigurasi server, kelebihan beban server, kesalahan perangkat lunak, dan masalah jaringan. Untuk memperbaiki error 502 Bad Gateway, refresh halaman, periksa konfigurasi server Anda, pastikan jaringan Anda stabil, hapus cache DNS Anda, atau periksa apakah Anda mengalami downtime.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago