HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Facebook Ads Library : Pengertian Dan Cara Menggunakannya

Senang menjadi salah satu advertiser Facebook ? Namun bingung dalam membuat konten iklan ? atau ingin melihat iklan-iklan dari para kompetitor dengan produk sejenis yang sudah beriklan untuk dijadikan referensi ? Gampang kok,solusinya menggunakan Facebook Ads Library.

Sampai saat ini,Facebook Ads menjadi salah satu media beriklan dengan menggunakan sosial media yang efektif untuk mendatangkan pembeli.Jenis iklan di Facebook Ads juga beraneka ragam,kalian dapat menyesuaikannya mulai dari ukuran iklan hingga tujuan beriklan apakah untuk awareness,consideration atau conversion.Untuk memulai beriklan di Facebook sebenarnya mudah,asalkan sudah memiliki akun   Facebook aktif.Lalu membuat akun business manager Facebook dan langsung dapat memulai iklan pertama kalian.

Pengertian Facebook Ads Library

Facebook Ads Library merupakan fitur yang dimiliki Facebook untuk melihat iklan yang ada di Facebook.Dengan menggunakan Facebook Ads Library ini,kalian dapat melihat iklan dari kompetitor bisnis kalian secara detail mulai dari ads copy,image dan targeting audience.Facebook Ads Library dapat menampilkan iklan-iklan Facebook,termasuk iklan yang saat ini masih aktif.Pihak Facebook memang terbuka dalam hal transparansi data,apalagi untuk iklan-iklan pemilu.Hal ini dilakukan karena adanya kasus pada pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2016.Tetapi kalian bisa menggunakan Facebook Ads Library ini untuk keperluan bisnis,terutama untuk melihat kompetitor bisnis kalian yang lainnya.

Perlu Riset Kompetitor,mengapa?

Ada beberapa orang yang bertanya kenapa perlu melakukan riset kompetitor terlebih dahulu sebelum beriklan?Karena,dengan menggunakan Ads Library ini,kalian dapat mendapatkan referensi konten iklan dari kompetitor.Dengan begitu,kalian dapat membuat iklan menjadi lebih menarik dan kreatif sehingga tentunya dapat bersaing dengan kompetitor.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Riset Kompetitor

Sebelum melakukan riset iklan Facebook Ads dari kompetitor,ada baiknya kalian mengenal beberapa hal berikut ini :

  • Cek Iklan masih aktif atau tidak 

Cari iklan yang masih aktif,iklan aktif bisa menjadi indikasi iklan tersebut bisa menghasilkan konversi untuk produk.Biasanya untuk iklan-iklan yang kurang sukses akan dimatikan oleh advertiser.

Seluruh iklan yang kini masih aktif,dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori berikut ini :

  • Nama negara.
  • Pencarian keyword.
  • Platform penayangan iklan,contohnya Messenger,Instagram dan Facebook Page.
  • Kapan dijalankan

Pada tampilan Facebook Ads Library, ada informasi kapan iklan mulai dijalankan.Silahkan kalian mencari iklan-iklan yang terbilang masih baru untuk dijadikan acuan membuat iklan materi iklan.

  • Penempatan iklan

Selanjutnya silahkan lihat penempatan iklan Facebook,lihatlah ada logo apa saja yang muncul pada iklan tersebut.

Jika ada logo Facebook,Audience Network,Instagram dan Messenger, maka iklan tersebut tampil pada keempat platform tersebut.

  • Ads copy

Untuk kalian yang bingung membuat copywriting iklan,kalian bisa melihat copywriting yang dibuat oleh kompetitor.Kalian tinggal memodifikasinya dengan copywriting yang lebih menarik dan lengkap sehingga bisa menghasilkan konversi yang lebih baik.

  • Gambar/video

Terakhir, Anda bisa melihat dari gambar dan video yang dipakai.Anda bisa meniru atau melakukan modifikasi gambar dan video yang sudah ada agar lebih menarik lagi.Materi gambar dan video ini bisa menjadi salah satu metrik untuk menaikkan CTR iklan Facebook Ads.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Terakhir, kita akan mempraktekkan bagaimana cara menggunakan Facebook Ads Library,silahkan untuk mengikuti tutorialnya berikut ini :

  • Pastikan sudah terhubung ke jaringan internet,lalu silahkan pilih browser terlebih dahulu(google chrome,mozilla atau yang lainnya).
  • Pastikan kalian sudah login ke akun Facebook yang aktif.
  • Silahkan untuk membuka browser pilihan kalian dan tuliskan URL berikut ini  https://www.facebook.com/ads/library/
  • Tampilannya akan seperti dibawah ini :

  • Pada dashboard Facebook Ads Library,kalian silahkan pilih lokasi sesuai dengan target iklan.Pada tutorial ini akan mencontohkan dengan target negara Indonesia.

  • Lalu silahkan pilih kategori iklannya,terdapat 2 pilihan yakni “Semua Iklan dan Isu,Pemilu atau Politik”. Silahkan pilih semua iklan.
  • Pada search button Facebook Ads Library,kalian dapat menuliskan iklan berdasarkan kata kunci atau berdasarkan pengiklan.

Berikut akan dicontohkan untuk keduanya,supaya lebih jelas :

  • Berdasarkan kata kunci

Kalian cukup hanya memasukan saja keyword apa yang kalian bidik,pada contoh berikut ini akan memberikan contoh dengan keyword “bikin website”.

Ada sekitar 830 hasil dari Fanspage dan adset yang berbeda-beda.Silahkan untuk memilih iklan yang menurut kalian paling baik dan menarik untuk dijadikan referensi iklan.

  • Berdasarkan pengiklan

Akan muncul halaman-halaman facebook yang relevan dengan nama pengiklan tersebut,silahkan kalian pilih halaman yang masih aktif dari pengiklan tersebut.

Kemudian kalian tinggal catat iklan-iklan dari para kompetitor yang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal apa, kemudian baru dikembangkan.

Bagaimana mudahkan cara menggunakan Facebook Ads Library untuk riset iklan ?

Nah,itulah sedikit penjelasan tentang Facebook Ads Library,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 hour ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago