HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

Hubungan Antara HTML, CSS, PHP dan MySQL

Sebagian besar dari Anda pasti pernah melihat atau mendengar kata tersebut. Bahkan, ada yang bisa menjalankan keempat hal tersebut. Sebenernya HTML, CSS, PHP dan MySQL merupakan bahasa pemrogramman untuk mengolah website. Sebelum mendalaminya lebih lanjut akan lebih baik jika kita mengetahui dahulu pengertian HTML, CSS, PHP, dan MySQL.

Pengertian HTML

HTML merupakan kependekan dari Hyper Text Markup Language adalah bahasa pemrogramman standar yang digunakan untuk membuat layout website yang disebut script untuk membuat tampilan sebuah web. Bahasa pemrogramman HTML bersifat client side scripting jadi tidak memerlukan server hanya membutuhkan browser untuk menampilkan script HTLM-nya.

Dasar kode HTML cukup mudah dipelajari dan diaplikasikan. HTML memiliki dua sturktur yaitu Head and Body. Bagian Head digunakan untuk meletakkan informasi Meta, JavaScript dan CSS. Bagian Body  digunakan untuk meletakkan script utama. Dengan menggunakan HTML, Anda dapat menampilkan data baik berupa teks maupun gambar di situs website yang Anda buat.

Pengertian CSS

CSS atau Cascading Style Sheets merupakan bahasa pemrograman yang tujuanya untuk mendesain sebuah tampilan website sehingga akan lebih terstuktur dan seragam.

CSS digunakan untuk mengatur peletakkan teks, gambar, mengubah warna font size, warna body teks, warna table, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraph, spasi antar teks, margin dan sebagaianya di dalam web browser. Sehingga dengan menggunakan CSS akan membuat website Anda menjadi lebih menarik dan rapi. CSS akan membuat Anda manampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. Keberadaan CSS tidak dapat dipisahkan dengan HTML.

Contoh framework CSS yang sapat mempermudah dan mepersingkat waktu pengembangan website adalah Bootstrap, 1140 CSS Grid, Golden Grid System, Mueller Grid System, Titan dan sebagainya.

Pengertian PHP

PHP atau Hypertext Preprocesor adalah bahasa pemrogramman yang disisipkan ke dalam HTML dan bersifat open source yang umum digunakan untuk pengembangan web.

Kegunaanya sering dipakai untuk memrogram situs website dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Pada dasarnya PHP dan HTML merupakan bahasa pemrogramman dasar namun PHP lebih kesisi Server dan membutuhkan konektifitas ke dalam database, hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh HTML.

Pengertian MySQL

MySQL atau My Structured Query Language merupakan sebuah software open source yang berfungsi unutk menyimpan data.  MySQL adalah Relation Database Management System (RDBMS) yang disistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public Lisence). Dengan lisensi tersebut membuat orang bebas menggunakan MySQL namun tidak boleh menjadikan produk turunan yang bersifat komersial.

Jika Anda ingin mengakses MySQL membutuhkan bahasa SQL (Structured Query Language) seperti Select, Insert, Update dan Delete.

 

Hubungan Antara HTML, CSS, PHP dan MySQL

Berdasarkan pengertian diatas dapat ditarik bahwa HTML dan CSS merupakan satu paket bahasa pemrogramman yang digunakan untuk membuat tampilan sebuah website. PHP dan MySQL merupakan bahasa pemrogramman yang digunakan untuk membuat website yang dibuat HTML dan CSS menjadi dinamis.

PHP digunakan sebagai penghubung HTML dan MySQL. PHP MySQL membuat web dinamis adalah MySQL menampung data seperti konten yang dapat berubah dalam web dinamis, sedangkan PHP untuk menghubungan Query yang yang adala di MySQL untuk menampilkan data dalam web dan menyimpan daya dalam MySQL.

4.2/5 - (21 votes)
Inu R

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

16 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

20 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago