HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

Pengertian dan Fungsi PHP

Apakah Anda sering mendengar istilah PHP? Sebenarnya apa itu PHP? Mari kita bahas sedikit mengenai PHP.

Pengertian PHP

PHP merupakan kependekan dari Hypertext Preprocessor, awalnya merupakan kependekan dari Personal Home Personal. Pengertian PHP adalah sebuah bahasa pemrogaman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. PHP bisanya dipakai sebagai bahasa pemrograman umum. Dalam prakteknya PHP biasanya digunakan bersama dengan bahasa pemrograman lain seperti HTML dan JavaScript.

PHP dikembangkan pada tahun 1995 oleh Ramus Lerdorf  dan sekarang dikelola oleh The PHP Group dengan situs http://www.php.net.

Bahasa pemrograman ini menggunakan system server-side yaitu bahasa pemrogaman yang nantinya script akan di proses oleh server. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrogaman client-slide seperti JavaScript yang diproses pada web browser. Pengguna PHP akan lebih jika menggunakan versi terbatu sehingga jika ada rilis terbaru Anda harus menyesuaikan system Anda dengan PHP versi baru. Biaya maintence dan web development sangat terjangkau.

PHP dalam beberapa tahun pengembangan sudah menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat web sederhana, tetapi juga website popular yang digunakan oleh orang diluar sana seperti Wikipedia, wordpress, joomla dan lain sebagainya.

PHP dapat digunakan secara gratis dan bersifat open source. PHP dirilis dengan lisensi PHP License, dan sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang dapat digunakan untuk proyek Open source.

 Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membantu Anda mengembangkan aplikasi berbasis web yang cukup luas, handal dan cepat. Namun,  semua bergantung pada spesifikasi bisnis, penggunaan hosting, tingakat pengalaman, kebutuhan aplikasi dan pengembangan  timeframe.

Fungsi PHP

PHP digunakan untuk mengembangkan website, tapi untuk membuat system berbasis web tidak harus mengguakan PHP karena fiturnya yang menarik dan mudah digunakan sehingga banyak yang menggunakan bahasa pemrograman ini.

Sebelum ada PHP, bahasa pemrogaman yang digunakan adalah HTML, karena dengan ini sudah dapat membuat tampilan website namun hanya biasa saja. Karena website ini masih bersifat statis atau tetap, tidak dapat menyesuakan tampilan sesuai dnegan kondisi pengguna.

Karena HTML bersifat statis maka diadakanlah PHP yang membuat website menjadi dinamis. Dinamis dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Menggunkana bahasa pemrograman PHP, barus kode yang dibutuhkan dapat dipersingkat hingga menjadi beberapa barus saja dibandingkan jika menggunakan HTML dan CSS. PHP selain untuk menginput database juga dapat mengkonversi halaman yang berisi text menjadi dokumen PDF manajemen cookie dan session dalam berbagai macam aplikasi dan menghasilkan gambar dan lain sebagainya.

Nah itu adalah sedikit pengertian dan fungsi dari PHP.

Terimakasih

Semoga bermanfaat 😀

5/5 - (1 vote)
Inu R

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

10 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago