HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

FAQ! Mengenal Lebih Dalam Tentang IP Address

IP Address adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi setiap perangkat di jaringan. Komputer menggunakan IP Address ini untuk berkomunikasi satu sama lain, baik di internet maupun di jaringan lain.

Nah, untuk lebih lengkapnya, Hosteko akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu IP Address dan cara kerjanya. Jadi, simak sampai akhir ya!

Apa itu IP Address?

IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol Address. Ini adalah seperangkat aturan untuk berkomunikasi di internet. Misalnya mengirim email, streaming video, menghubungkan ke website, dan lain sebagainya.

IP Address adalah alamat website yang berisi serangkaian angka yang mengidentifikasi jaringan atau perangkat di internet. Protokol Internet mengelola proses penetapan alamat IP uniknya sendiri pada setiap perangkat, sekaligus melakukan tugas lain, seperti merutekan traffic internet.

Dengan begitu, memudahkan untuk melihat perangkat mana di internet yang mengirim, meminta, dan menerima informasi. Bagi yang belum tahu, bentuk dari IP Address ini seperti nomor telepon.

Apa Saja Bagian dari IP Address?

IP Address adalah alamat yang terdiri dari dua bagian, yaitu ID jaringan yang terdiri dari tiga digit pertama alamat dan ID host yang merupakan digit keempat alamat.

ID jaringan ini menunjukkan jaringan mana yang digunakan perangkat. Sementara, ID host mengacu pada perangkat tertentu di jaringan tersebut. Biasanya, router adalah .1, dan setiap perangkat berikutnya adalah .2, .3, dan seterusnya.

Kamu mungkin tidak ingin publik mengetahui secara pasti perangkat dan jaringan apa yang digunakan. Dalam hal ini, IP Address kamu dapat disembunyikan dari publik melalui Virtual Private Network (VPN). Ini karena VPN dapat menjada kerahasiaan alamat jaringan kamu dari publik.

Bagaimana Cara Kerja IP Address?

Dalam kehidupan nyata, kantor pos biasanya menggunakan alamat fisik atau rumah sebagai penanda lokasi seseorang. Hal ini juga terjadi pada IP Address. Ini memungkinkan orang lain mengetahui di mana kamu berada. Sederhananya, IP Address adalah alamat kamu di internet.

Semua deskripsi ini berlaku untuk IP Address digital. IP Address adalah lokasi komputer, dalam arti virtual, yang dapat mengidentifikasi komputer, website favorit, server jaringan, dan bahkan perangkat (seperti webcam).

IP Address adalah salah satu hal terpenting untuk mengirim dan menerima informasi. IP Address ini membantu mengarahkan traffi internet ke mana harus pergi dan mengarahkan email ke kotak masuk. Oleh karena itu, setiap perangkat yang aktif di internet pasti memiliki alamat IP.

Apa Tujuan dari IP Address?

Tujuan dari IP Address adalah untuk mengelola koneksi antar perangkat yang mengirim dan menerima informasi melalui jaringan. IP Address secara unik dapat mengidentifikasi setiap perangkat di internet.

IP Address adalah alamat yang memungkinkan perangkat komputasi, seperti PC dan tablet, berkomunikasi dengan beberapa tujuan ke website atau layanan streaming. IP Address juga bertindak seperti alamat pengirim pada sebuah email.

Jika kamu mengirim email ke penerima yang tidak valid maka IP Address memungkinkan server email perusahaan mengirim ulang pesan yang tidak terkirim sehingga kamu tahu bahwa pesan tersebut tidak dikirim ke lokasi yang benar.

Bagaimana Cara Menemukan IP Address?

Baik kamu yang menggunakan Windows atau Mac OS, kamu dapat dengan mudah menemukan IP Address di pengaturan jaringan komputer.

Untuk kamu pengguna Windows, kamu dapat melihatnya di pengaturan Jaringan dan Internet dari menu Pengaturan. Untuk kamu pengguna Mac, kamu dapat melihatnya di bagian Jaringan di Preferensi Sistem.

Apakah Alamat IP Harus Dilindungi?

Tentu saja, kamu perlu melindungi IP Address karena beberapa alasan. Pasalnya seperti yang kita ketahui bahwa kejahatan dunia maya memang sangat berbahaya. Oleh karena itu, kamu perlu melindungi IP Address kamu.

Penjahat dunia maya mungkin mencoba mengeksploitasi website kamu karena berbagai alasan. Penjahat dapat menggunakan IP Address kamu untuk mengunduh atau mengakses konten ilegal.

Yang mana mereka dapat mengunduh seluruh film, musik, dan konten lainnya. Bahkan, lebih buruknya lagi, kamu bisa mengalami masalah dengan ISP karena suatu hal yang tidak kamu lalukan.

Selain itu, mereka juga dapat melacak alamat rumah kamu yang sebenarnya melalui IP Address kamu. Tentu saja hal ini dapat mengakibatkan bahaya secara fisik atau pencurian saat kamu tidak berada di rumah.

Menanggapi hal tersebut, para pakar keamanan telah lama menyarankan masyarakat dan pengguna internet untuk tidak pernah mengatakan di media sosial bahwa mereka sedang berlibur.

Ini karena informasi tersebut dapat membuat penjahat mengetahui bahwa kamu sedang tidak ada di rumah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kamu menjaga privasi saat menggunakan internet. Hal ini dilakukan demi kebaikan dan keselamatan kamu sendiri.

Para penjahat juga dapat menggunakan IP Address untuk memata-matai informasi pribadi, seperti informasi keuangan. Hal ini dapat memberi peretas akses ke traffic IP Address miliki kamu.

Kejahatan paling serius lainnya juga bisa berupa serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Dalam kasus ini, penjahat dunia maya biasanya akan membanjiri server dengan traffic yang sangat banyak sehingga server menjadi kelebihan beban dan mengalami down.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan penambahan alat privasi ke perangkat online kamu, seperti alat untuk menyembunyikan IP Address.

Nah, itulah beberapa penjelasan seputar IP Address. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

4 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago