HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika banyak sekali lowongan pekerjaan, apalagi di masa sekarang ini, dan sebagian besar berada di bidang IT. Profesi yang sangat populer adalah IT support. Mereka yang ingin mendaftar harus memiliki pengetahuan tentang IT support job desc skill.

Memahami uraian tugas dan keterampilan tertentu akan membantu Anda menyelesaikan semua tugas yang termasuk dalam tanggung jawab Anda. Posisi ini sangat penting bagi perusahaan. Kegiatan yang memerlukan dukungan IT antara lain perusahaan komputer, WiFi, LCD, dll. Semua informasi terkait IT support tersedia di sini.

Apa Itu IT Support Job Desk Skill?

IT Support adalah teknisi yang tugasnya menginstal, memperbarui, dan mengevaluasi komputer, perangkat lunak (software), dan sistem jaringan dalam suatu perusahaan. Tanggung jawab personel IT support sangat penting bagi bisnis, khususnya perusahaan perangkat lunak. Personil IT support harus memiliki pengetahuan luas tentang informasi dan teknologi.

Mengapa IT Support Wajib Bagi Bisnis/Perusahaan?

Setiap bisnis yang ada saat ini tidak lepas dari peran komputer. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin besar suatu perusahaan, maka semakin banyak pula karyawan yang menggunakan komputer untuk mengisi berbagai deskripsi pekerjaan. Akibatnya, pekerjaan IT support semakin diminati.

Tugas IT Support adalah menangani setiap permasalahan yang muncul dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk IT. Tugas yang disertakan termasuk menginstal anti-malware di komputer perusahaan dan memecahkan masalah jaringan. IT support sebenarnya memiliki lebih banyak tugas dan tanggung jawab yang akan kita bahas nanti.

Tanggung Jawab IT Support

Anda memiliki sedikit pemahaman tentang peran seorang profesional IT. Kenali IT support job desk skill secara umum di sini. Tugas IT support meliputi:

  • Memperbaiki jaringan komputer yang bermasalah
  • Memperbaiki sistem yang mengalami masalah pada saat digunakan oleh pengguna.
  • Memperbarui sistem atau aplikasi setiap kali tersedia versi terbaru
  • Memasang UPS di setiap komputer
  • Menginstal dan mengkonfigurasi program antivirus untuk melindungi komputer perusahaan
  • Membersihkan komputer jika terinfeksi virus
  • Menyambungkan kabel data ke jaringan
  • Mampu mengidentifikasi kualitas kabel yang terpasang di jaringan komputer
  • Dapat melakukan backup seluruh data perusahaan
  • Membantu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada printer, scanner, dll

Kisaran Gaji IT Support

Upah minimum berbeda-beda di setiap kota. Namun, gaji untuk para profesional IT support biasanya jauh lebih tinggi daripada gaji UMR. Kisaran gaji untuk pekerjaan ini adalah Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000. Itu tergantung di perusahaan mana dia bekerja. Semakin sulit dia ditugaskan di meja tugas, semakin tinggi gaji yang akan ditawarkan kepadanya.

Jika ingin gaji lebih tinggi, bisa mencoba bekerja di luar negeri. Minimal Anda harus fasih berbahasa Inggris dan memiliki skor TOEFL kurang lebih 550. Beberapa perusahaan asing mungkin mencari personel bernilai tinggi yang dapat berkomunikasi dengan baik.

Ingatlah bahwa mayoritas pekerja IT di luar negeri sangat aktif dalam belajar dan memperbarui pengetahuan mereka. Agar bisa tetap kompetitif dan mengharumkan nama Indonesia di luar negeri, kita harus selalu belajar hal-hal baru.

Latar Belakang Pendidikan yang Dibutuhkan untuk Menjadi IT Support

Saat ini, sebagian besar perusahaan asing tidak peduli Anda memiliki gelar sarjana atau tidak. Mereka lebih tertarik untuk melihat portofolio Anda. Bagi mereka, ijazah atau sertifikat hanyalah sekedar formalitas, dan yang terpenting adalah keahlian Anda.

Jika Anda ingin melamar pekerjaan IT support di Indonesia, Anda hanya perlu lulus minimal gelar D3 atau S1 IT. Namun ada beberapa perusahaan di Indonesia yang aktif menerima tenaga profesional dan lulusan universitas. Namun jika dibandingkan dengan perusahaan yang mengutamakan tingkat pendidikan, jumlah perusahaan yang demikian sangat sedikit.

Keterampilan dan Kemampuan yang Dibutuhkan Seorang IT Support

Personel IT support harus berpikiran terbuka dan memiliki banyak keterampilan informasi dan teknologi. Semakin banyak Anda mengetahui tentang kedua bidang ini, maka akan semakin mudah untuk menangani berbagai masalah di tempat kerja. Anda perlu menguasai beberapa keterampilan dan kemampuan berikut:

  • Memahami dan menguasai sistem operasi Microsoft
  • Mampu menganalisis keluhan pengguna mengenai komputer dengan cepat dan akurat
  • Memahami komponen perangkat keras komputer dan mampu merakitnya
  • Memahami jaringan kabel dan nirkabel
  • Kemampuan memprogram menggunakan berbagai jenis
  • Memperbaiki jaringan secara instan
  • Memahami malware dan mengetahui cara mengatasinya
  • Memahami cara menangani perangkat yang berhubungan dengan komputer seperti printer dan scanner.

Jika Anda sudah memiliki semua keterampilan dan kemampuan di atas, Anda harus berani mengambil risiko dan melamar posisi IT support. Saat ini sudah banyak perusahaan startup yang membutuhkan profesi tersebut. Mungkin ada lowongan pekerjaan di kota Anda, jadi harus lebih jeli saat mencari pekerjaan.

Dengarkan Saran dari Pakar IT Support

“Anda juga perlu mendengarkan baik-baik apa yang dikatakan para user sehingga Anda dapat membantu mereka sesuai dengan kebutuhannya. Jika para user mengharapkan jawaban atas masalahnya, Anda harus memberikan solusi,” kata David Cox VPN dari Liquid.

Masalah yang ada tidak perlu dijelaskan secara detail, namun harap segera mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Para user mungkin tidak memiliki tingkat pemahaman yang sama karena itu bukan bidang keahliannya. Jika mereka menanyakan pertanyaan itu, Anda mungkin bisa memberi jawaban yang mudah dipahami.

Solusi juga harus segera diberikan. Ingatlah bahwa setiap bisnis memiliki pelanggan yang berpacu dengan waktu. Hal yang sama berlaku untuk pengguna yang kebutuhannya harus dipenuhi secepat mungkin. Prinsip “Time is Money” dipatuhi dengan ketat di semua perusahaan.

Miliki Ketrampilan Penunjang Ini Untuk Menyelesaikan Job Desk

Berurusan dengan mesin bisa lebih mudah daripada berurusan dengan manusia, yang penuh drama. Tolong jangan khawatir. Anda tidak sendirian dalam memikirkan hal ini. Tapi hidup tidak berjalan seperti itu. Anda tidak selalu bisa menghindari orang-orang yang hidupnya penuh drama.

Untuk dapat menangani tugas sebagai IT support, Anda perlu belajar kesabaran dan toleransi. Pelanggan yang baru pertama kali bertemu mungkin tidak bisa mengendalikan emosinya. Mungkin mereka kesal karena stres pekerjaan, dan malah mengalami masalah jaringan atau virus komputer.

Pada dasarnya, pekerjaan IT support serupa dengan customer service. Saya mendengar banyak orang mengeluh tentang IT, dan kebanyakan dari mereka tidak sabar. Jika Anda tetap sabar menghadapi pelanggan yang memiliki banyak masalah, Anda akan semakin dihargai. Tidak banyak orang yang tahan jika terus menerus dihina. Intinya teteplah belajar untuk mengasah skill-mu.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

20 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

1 day ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago