HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Website yang Kamu Akses Terblokir? OpenVPN Solusinya

Pernahkah kamu ingin membuka suatu webiste, tetapi ternyata website tersebut sudah diblokir oleh pemerintah? Jika iya, mungkin ini saatnya kamu untuk menggunakan aplikasi OpenVPN.

Pada dasarnya OpenVPN merupakan aplikasi yang tidak hanya digunakan untuk membuka blokir website saja, namun juga memiliki fitur-fitur penting lainnya. Sebelum kami menjelaskan cara menggunakan OpenVPN, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya aplikasi OpenVPN dan apa saja manfaat yang ditawarkannya.

Apa itu OpenVPN?

OpenVPN adalah software atau aplikasi open source. Aplikasi ini membantu untuk mengakses internet melalui VPN (Virtual Private Network). Software open source ini bekerja dengan membuat koneksi Point – To – Point  Tunnel (PTP Tunnel) yang telah terenkripsi. OpenVPN sendiri menggunakan Certificate serta Private Keys, yaitu sebuah kata sandi dan nama pengguna untuk melakukan otentikasi membangun suatu koneksi.

Manfaat OpenVPN

Setelah kamu tahu apa sebenarnya OpenVPN, sekarang saatnya kamu harus tahu apa saja manfaat dari OpenVPN. OpenVPN tidak hanya membantu untuk mengakses website yang diblokir dan menyembunyikan alamat IP kamu saat berselancar di internet. Namun, OpenVPN juga memiliki beberapa manfaat kompleks, antara lain:

  1. Mengakses Website yang Terblokir

Salah satu manfaat utama OpenVPN adalah dapat digunakan untuk mengakses website yang diblokir oleh pemerintah atau provider. Seperti yang diketahui, beberapa website harus melewati sistem pengawasan yang masih menimbulkan pro dan kontra di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Inilah sebabnya mengapa kamu perlu mengetahui cara menggunakan OpenVPN .

Padahal sebenarnya beberapa pengguna hanya ingin membaca blog dan artikel pribadi yang tidak menimbulkan SARA. Namun, ada kalanya Tumblr diblokir sehingga membuat banyak orang kecewa. Oleh karena itu, dengan VPN, kamu dapat mengakses website seperti biasa.

  1. Meningkatkan Keamanan Perangkat

Manfaat OpenVPN selanjutnya adalah meningkatkan keamanan pada perangkat, baik untuk data yang tersimpan maupun sistem perangkat saat menggunakan koneksi WiFi publik.

Perlu kamu ketahui bahwa ketika kamu menggunakan akses internet gratis yang terbuka untuk umum maka perangkat kamu akan sangat rentan terhadap serangan malware berbahaya dan bahkan peretasan data. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi OpenVPN bisa menjadi alternatif untuk melindungi perangkat kamu dari bahaya tersebut.

  1. Melakukan Browsing atau Selancar Secara Anonim

Terlepas dari manfaat di atas, Open VPN juga membantu dalam melakukan browsing secara anonim. Mengapa demikian? Ini dikarenakan, saat kamu berselancar menggunakan VPN, alamat IP yang terlihat adalah alamat server VPN, bukan alamat IP kamu sendiri.

Hal seperti ini juga berlaku bagi kebanyakan orang yang menganggap privasi sangat penting di era digital saat ini. Apalagi, dengan adanya privasi memudahkan seseorang untuk mencari dan memperoleh informasi tentang semua jenis topik.

  1. Mencegah Adanya Akses Pihak Ketiga

Tentu saja kamu tidak ingin dipantau oleh pihak ketiga saat menggunakan koneksi internet, bukan? Nah, jika kamu menggunakan aplikasi OpenVPN, semua aktivitas yang kamu lakukan akan dienkripsi. Dengan begitu, transfer data dan riwayat pencarian yang kamu lakuakan, hanya kamu yang mengetahuinya.

  1. Akses Internet Gratis Tanpa Pulsa dan Kuota

Menariknya lagi, aplikasi OpenVPN memungkinkan kamu melakukan browsing tanpa perlu membayar. Bahkan, hampir seluruh provider di Indonesia dapat digunakan untuk mengaksesnya.

Misalnya, seperti provider CDMA Flexi, Esia, dan Smartfren, serta untuk GSM biasanya XL, Telkomsel, 3, Axis dan Indosat. Namun, kecepatan browsing akan bergantung pada sinyal danpada atau tidaknya BTS Traffic di area kamu saat itu.

Sebenarnya OpenVPN memiliki manfaat yang lebih kompleks, namun lima manfaat yang tercantum di atas adalah manfaat utama OpenVPN. Seperti aplikasi lain, OpenVPN memiliki kelemahan, yaitu mempengaruhi koneksi jadi agak lambat. Namun demikian, kelemahan ini tentu saja terbayar oleh banyaknya kmanfaat dari aplikasi ini.

Cara Menggunakan OpenVPN pada Android dan Windows

OpenVPN adalah aplikasi yang memungkinkan kamu membuka website yang diblokir dari berbagai aplikasi VPN gratis dan berbayar. Salah satu kaunggulan aplikasi ini adalah kestabilannya saat browsing.

Setelah mempelajari berbagai manfaat OpenVPN, selanjutnya kamu akan mempelajari cara menggunakannya dan apa yang kamu perlukan untuk menjalankan aplikasi tersebut.

  • Yang Diperlukan untuk Menggunakan OpenVPN

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menggunakan OpenVPN, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu, antara lain:

    1. Akun VPN
    2. Aplikasi OpenVPN
    3. Smartphone atau PC
  • Cara Menggunakan OpenVPN pada Android

Jika kamu termasuk orang yang membutuhkan aplikasi open source untuk aktivitas tingkat tinggi, maka menggunakan aplikasi Open VPN di smartphone adalah pilihan yang tepat. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

    1. Mengunduh dan menginstal aplikasi OpenVPN Connect untuk Android dari Google Play Store.
    2. Download config OpenVPN yang masih aktif, misalnya dengan mencari di grup Facebook atau mesin pencari seperti Google. Atau, kamu juga bisa membuatnya sendiri.
    3. Jika sudah mendapatkan config Open VPN yang masih aktif, selanjutkan kamu dapat menginstal dan menjalankan aplikasinya.
    4. Pilih ikon tiga titik di kanan atas layar smartphone kamu.
    5. Klik “Impor”, lalu pilih “Import Profile from SD Card”.
    6. Cari config aktif yang disimpan sebelumnya dalam format .ovpn, lalu klik “Select”.
    7. Aplikasi OpenVPN kamu sekarang siap digunakan. Untuk menggunakanya, klik saja “Connect” dan tunggu beberapa saat hingga proses koneksi berhasil. Jika sudah terhubung, kamu akan melihat notifikasi “Connected”.
    8. Dan, cobalah browsing seperti biasa.
  • Cara Menggunakan OpenVPN pada Windows

Apakah kamu suka berselancar dengan tampilan yang luas? Jika iya, aplikasi OpenVPN juga bisa digunakan di PC . Lantas, bagaimana cara melakukannya? Simak ulasannya berikut ini:

    1. Unduh dan instal OpenVPN di https://openvpn.net/community-downloads/. Kemudian, jangan lupa untuk mengubah pengaturan menjadi “Run as Admin” untuk pengguna Windows 7 ke atas.
    2. Download config Open VPN dan pilih server download sesuai keinginan. Kamu juga dapat melakukannya dengan mencari kata kunci “Download Config Open VPN”.
    3. Ekstract file OpenVPN dari link config pada tahap sebelumnya. Lalu kamu akan menerima folder OpenVPN dan file OpenVPN di perangkat.
    4. Selanjutnya, pindahkan folder atau file Open VPN ke “C: /Program Files/OpenVPN/config”. Jika kaamu menemukan file selain untuk OpenVPN di folder tersebut, silakan pindahkan kembali ke lokasi lain.
    5. Selanjutnya, sambungkan perangkat kamu ke Internet. Silakan set port sesuai keinginan. Misalnya masukkan 8080 sebagai Inject, lalu klik “Start”.
    6. Buka program “OpenVPN GUI” sebagai berikut: Klik Star → All Program → OpenVPN → Buka VPN GUI. Bagian ini terletak di pojok kanan bawah di sebelah bagian jam.
    7. Klik kanan GUI OpenVPN, lalu pilih Settings → Manual Configuration → HTTP Proxy . Setelah itu, masukkan kombinasi angka “127.0.01” pada bagian “Address”, dan masukkan angka pada bagian “Port” seperti pada langkah sebelumnya. Dalam contoh ini adalah 8080.
    8. Kemudian klik kanan pada Open VPN GUI, lalu pilih “Connect”. Selanjutnya, masukkan kata sandi dan nama pengguna yang kamu buat di website download config. Tunggu beberapa saat hingga icon Open VPN GUI berubah menjadi hijau.
    9. Sekarang kamu dapat mencoba berselancar seperti biasa.

Nah, itulah cara menggunakan aplikasi OpenVPN di Android dan Windows. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

49 mins ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

21 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago