HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kenali Jaringan Komputer dan Jenis-jenis Topologi Jaringan

Pernahkan kamu mendengar istilah jaringan komputer dan topologi jaringan? Nah…jika belum, yuk kita bahas bersama. Secara singkat, dalam dunia jaringan komputer, topologi jaringan merupakan bagaimana cara pembangunan tata letak perangkat komputer yang saling terhubung. Sedangkan, jaringan komputer merupakan sebuah praktek untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputasi, yang bertujuan untuk berbagi data. Jaringan komputer sendiri dibuat dengan mengkombinasikan perangkat keras dan lunak.

Pengertian Jaringan komputer

Seperti yang sudah disebutkan di awal, jaringan komputer merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih komputer agar bisa saling berbagi data. Komputer yang bertindak sebagai pemberi data disebut Server, sedangkan yang menerima data disebut Client.

Terdapat beberapa kategori jaringan komputer, salah satunya dikategorikan sesuai dengan wilayah geografisnya. Misalnya local area networks (LAN) hanya bisa menjangkau satu rumah, sekolah atau gedung kantor berukuran kecil. Sementara wide area network (WAN) bisa menjangkau lintas kota, negara bagian, atau bahkan seluruh dunia.

Selain itu, jaringan komputer juga berbeda dalam pendekatan desainnya. Di mana, terdapat dua bentuk dasar desain jaringan, yaitu client-server dan peer-to-peer. Jaringan client-server menampilkan komputer server terpusat yang menyimpan email, halaman web, file dan aplikasi yang diakses oleh komputer client dan perangkat lainnya. Sedangkan jaringan peer-to-peer terjadi hal yang sebaliknya. Umumnya, jaringan client-server digunakan untuk bisnis dan jaringan peer-to-peer biasa digunakan untuk di rumah.

Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Jangkauan

Berdasarkan jangkauan dan tipe fungsinya, jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  • LAN (Local Area Network)

Local Area Network merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk kebutuhan sekolah, perkantoran, ataupun perumahan. Karakteristik utama dari LAN adalah jaringannya yang bersifat lokal atau di area dengan jangkauan relatif sempit.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network merupakan jaringan komputer yang bisa menjangkau hingga lingkup antar kota dalam jaringan yang sama. Biasanya MAN digunakan ketika dua buah LAN sudah tidak mungkin untuk dipakai membangun sebuah jaringan.

  • WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network merupakan sekumpulan LAN yang posisinya tersebar secara geografis. Jangkauan WAN lebih jauh dari LAN karena memanfaatkan berbagai teknologi seperti Frame Relay dan ATM guna mendukung interkonektivitas yang lebih jauh lagi.

  • PAN (Personal Area Network)

PAN adalah jenis jaringan komputer yang tidak memerlukan resource terlalu besar. Penggunaan PAN biasanya untuk menunjang kebutuhan internet rumah, kantor, atau cakupan lain yang lebih sempit dan bersifat personal.

  • CAN (Campus Area Network)

Hampir sama dengan MAN, namun lingkup jaringannya bukan sebuah kota melainkan dalam batasan kampus atau lingkungan akademisi. Umumnya, jaringan CAN dimanfaatkan untuk kepentingan praktek di laboratorium, kebutuhan email internal, pembaruan kelas, distribusi materi kuliah, dan lain sebagainya.

  • Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang diciptakan oleh umat manusia. Jaringan ini mampu menghubungkan berbagai perangkat dari seluruh dunia sehingga siapa saja bisa terhubung dan masuk didalamnya.

  • VPN (Virtual Private Network)

Virtual Private Network adalah jaringan komputer paling aman jika gunakan. Umumnya, jaringan ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang untuk bertukar data secara internal. Dalam hal ini, VPN akan bertugas membuat jalur aman yang aksesnya hanya bisa digunakan oleh pihak yang memang memiliki wewenang.

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

Selain dibedakan berdasarkan jangkauannya, jaringan komputer juga bisa dibedakan berdasarkan jenis transmisi data yang digunakan, diantaranya:

  • Jaringan Komputer dengan Kabel (Wired Network)

Jaringan wired network merupakan jenis jaringan yang memanfaatkan kabel sebagai media transmisi data. Dalam hal ini, kabel berperan penting dalam proses pertukaran data antar jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Namun, jika terjadi kerusakan pada kabel yang digunakan maka maka jaringan bisa lumpuh total.

  • Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Wireless network merupakan jaringan tanpa kabel. Di mana, perangkat komputer atau gadget yang terhubung oleh jaringan ini tidak lagi memerlukan kabel untuk mengakomodir proses transfer data karena fungsinya sudah diambil alih oleh gelombang elektromagnetik yang berjalan melalui udara.

Jenis Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer adalah konsep yang dipakai untuk menghubungkan komponen komputer satu dengan yang lain. Berdasarkan metode topologi jaringan dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu topologi bus, topologi cincin, topologi bintang, topologi pohon, topologi mesh.

  1. Topologi bus: topologi ini biasanya memakai kabel coaxial pada sepanjang konektor dan node client.
  2. Topologi ring: topologi ini digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam sebuah rangkaian yang sama. Topologi ini disebut ring karena berbentuk seperti cincin.
  3. Topologi tree: topologi pohon ini merupakan hasil penggabungan antara topologi bintang / star dengan topologi bus.
  4. Topologi peer to peer: topologi ini sangat sederhana karena hanya bisa menghubungkan dua komputer saja.
  5. Topologi mesh: topologi ini sering digunakan dengan desain banyak rute dan memiliki kelebihan data transfer yang sangat cepat.
  6. Topologi star: topologi ini memakai hub dan switch untuk berkomunikasi antar setiap client.
  7. Topologi linier: topologi ini cuma menggunakan satu kabel utama yang dipakai untuk penghubung setiap komputer dalam satu jaringan.
  8. Topologi hybrid: topologi ini menggabungan beberapa topologi yang berbeda dalam beberapa jaringan untuk dihubungkan dalam satu koneksi .

Jenis-jenis Perangkat Jaringan Komputer

1) Server

Server adalah perangkat yang hampir mirip dengan hardisk, yang membedakannya adalah kapasitas server tentu lebih besar dan server bisa diakses oleh beberapa jaringan komputer. Apalagi saat ini server menjadi lebih canggih dengan adanya koneksi internet yang biasa disebut Cloud Server atau Cloud VPS.

2) NIC (Network Interface Card)

NIC merupakan LAN Card Expansion Board yang digunakan pada komputer agar bisa terhubung dengan jaringan yang lain. NIC memiliki berbagai tipe sesuai dengan kecepatan transfer, diantaranya: (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

3) Kabel jaringan

Kabel jaringan adalah media penghubung satu perangkat dengan perangkat yang lain biasanya memakai shocket RJ45 yang bisa plug and play di laptop dan router. Terdapat beberapa jenis kabel jaringan, diantaranya: kabel coaxial, kabel fiber optic, dan kabel twisted pair.

4) Hub dan Switch

Hub dan Switch digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan atau menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan tertentu. Hub dan Switch memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda, namun jika dilihat segi fungsi, switch berfungsi sebagai jembatan, sedangkan hub sebagai penghubung dari jaringan lain.

5) Router

Router adalah perangkat jaringan yang sangat penting untuk menghubungkan jaringan satu ke jaringan lain atau jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar. Router juga berfungsi sebagai firewall yang mampu mengelola lalu lintas di dalam jaringan. Dengan router transfer data akan lebih cepat karena mampu menentukan jalur terbaik pengiriman data, selain itu router juga menyimpan semua alamat dalam suatu jaringan.

6) Bridge

Bridge merupakan alat untuk meneruskan lalu lintas data dari jaringan yang lebih besar ke jaringan yang lebih kecil. Bridge juga berfungsi sebagai pembagi jaringan besar menjadi beberapa jaringan kecil.

7) Modem

Modem adalah alat untuk menghubungkan komputer, handphone, laptop ke penyedia jasa internet. Biasanya modem memilki IP khusus untuk mengakses internet dari provider.

8) Repeater

Repeater adalah alat untuk memperkuat sinyal wifi menjadi lebih luas tanpa mengurangi kecepatan dari sebuah jaringan.

9) Wireless Card

Wireless card adalah alat yang dipakai di komputer / laptop untuk bisa terhubung dalam jaringan wifi / nirkabel. Biasanya laptop sudah memiliki wireless card, namun pada komputer PC belum ada.

Manfaat Jaringan Komputer

  • Memudahkan Berbagi Dokumen

Manfaat jaringan komputer dan topologi jaringan yang pertama adalah kemudahan berbagi dan sharing file. Setiap komputer bisa menaruh file di folder sharing dan membagikan kepada semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Hal ini sangat memudahkan pengguna tanpa perlu bolak balik mencabut flashdisk untuk saling berbagi file.

  • Manajemen Keamanan Data

Penyimpanan data secara terpusat oleh admin akan sangat memudahkan pekerjaan. Misalnya, ketika dalam satu devisi perusahaan ingin menyimpan data secara bersamaan dalam satu file maka setiap pemilik komputer yang terhubung dalam satu jaringan bisa mengubah isi file dan menambahkan sesuai kebutuhan tanpa perlu berdiri dan mengirimkan file melalui flashdisk ataupun penyimpanan cloud. Dan semua file tersebut bisa disimpan dalam satu server yang aman.

  • Memudahkan Komunikasi

Jaringan komputer dan topologi jaringan dapat memudahkan berkomunikasi dalam satu tim maupun antar tim. Menariknya, hal ini juga memungkinkan untuk bisa berkomunikasi meskipun berbeda lokasi ataupun beda negara. Dengan jaringan komputer dan topologi yang di desain sedemikian rupa dapat membuat komunikasi antar tim berjalan dengan baik.

  • Efektif dan Efisien

Dengan adanya jaringan komputer dengan berbagai macam jenis topologi jaringan akan memudahkan manusia untuk bekerja dalam satu jaringan. Di mana sharing dokumen menjadi lebih cepat, akses komputer bisa dilakukan di manapun dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa hal terkait dengan jaringan komputer dan topologi. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

24 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

4 days ago