HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Pentingnya Mengenali Jenis Iklan Online Ini Agar Bisnis Milikmu Semakin Cuan

Iklan online maupun iklan tradisional dari dulu hingga sekarang memiliki tujuan yang sama. Tujuan periklanan adalah membuat masyarakat memahami informasi, fokus membeli produk, dan menciptakan citra perusahaan.

Namun seperti halnya teknologi, periklanan telah berkembang pesat. Perkembangan dan peningkatan tidak lepas dari dukungan teknologi. Secara historis, periklanan sering kali mengacu pada informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui media massa seperti surat kabar, radio, televisi, majalah, bahkan papan reklame di pinggir jalan. Iklan juga masih dilakukan melalui surat kabar, radio, televisi bahkan baliho, namun dirasa kurang efektif.

Mengapa mengganti model iklan seperti di atas? Hal ini disebabkan oleh internet. Hampir semua orang di dunia mengakses Internet sebagai sumber informasi. Dengan Internet, semua informasi dari dulu hingga sekarang tersedia. Perkembangan Internet mempengaruhi periklanan.

Pernahkah Anda menonton video YouTube dan tiba-tiba muncul iklan di tengah-tengah video? Jika ya, inilah yang disebut periklanan online. Tidak hanya YouTube tetapi banyak platform lain yang menyediakan sarana bagi bisnis untuk mempromosikan produk mereka guna menarik pelanggan.

Apa pentingnya periklanan online? Iklan online seperti apa yang bisa meningkatkan keuntungan bisnis? Bagaimana cara beriklan secara online? Langsung saja simak artikel berikut ini. Artikel ini memberikan informasi rinci dan jawaban atas pertanyaan di atas.

Pengertian Iklan Online

Kita semua tahu, disadari atau tidak, kita melihat setidaknya 1-2 iklan online setiap harinya. Misalnya saat menonton video YouTube. Bisa ada 2-4 iklan dalam satu tayangan video.

Selain itu, saat bermain di Instagram, tiba-tiba Anda akan mendengar pengumuman produk yang terkadang mengejutkan Anda. Semua ini dianggap sebagai iklan online. Seringkali kata ads menjadi dasar dari perusahaan periklanan.

Iklan online adalah informasi atau pesan apa pun yang dikirimkan dan disampaikan kepada publik melalui Internet untuk mengajak atau membujuk orang. Iklan video online dikatakan lebih interaktif karena dapat melibatkan orang secara langsung. Itulah sebabnya banyak perusahaan mulai beriklan dari metode tradisional ke Internet.

Apakah iklan online memerlukan biaya? Faktanya, baik iklan tradisional maupun online memerlukan biaya akomodasi. Untuk iklan tradisional, harga biasanya ditentukan oleh perusahaan iklan.

Misalnya, jika Anda menyewa papan reklame untuk iklan, perusahaan periklanan menawarkan untuk menyewa papan tersebut selama 1 minggu. Maka Anda harus menerima tawaran itu. Berbeda dengan periklanan online, perusahaan periklanan seperti YouTube, Facebook, dan Instagram menayangkan iklan berdasarkan minat Anda. Sehingga Anda dapat mengatur anggaran yang Anda inginkan.

Pentingnya Periklanan Online

“Saya telah melakukan strategi periklanan di majalah, billboard, dan televisi. Apakah saya harus mengiklankan hasilnya secara online?”

Jawaban atas pertanyaan ini penting jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang dalam bisnis Anda. Mengingat media sosial telah menjadi wadah yang baik untuk memasarkan produk bisnis Anda. Pasalnya, sebagian orang hampir setiap hari menggunakan media sosial, antara lain Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Selain itu, jumlah pengguna Instagram di Indonesia pada Juli 2021 mencapai 91,77 juta pengguna. Nah, jika ingin mendapat penghasilan lebih, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk beriklan.

Selain iklan dan promosi di akun media sosial Anda, Anda juga dapat menggunakan layanan Ads yang disediakan oleh media sosial. Banyak jejaring sosial mulai menawarkan tautan afiliasi. Kerjasama iklan yang disediakan media sosial untuk budget dapat disesuaikan dengan budget perusahaan Anda.

Harga yang tercantum berubah setiap bulannya, namun jangan khawatir, harga mulai dari puluhan ribu orang per hari dan jumlah pengguna dari 1000 hingga jumlah tertentu.

Jenis Periklanan Online

Mencoba beriklan secara online bisa jadi sulit bagi orang yang baru memulai bisnis, apalagi yang kurang paham dengan teknologi. Selain masalah bingung bagaimana memulainya, mungkin Anda juga merasa takut.

Jangan khawatir! Sebelum Anda memulai periklanan online, ada baiknya Anda memahami jenis-jenis periklanan online berikut ini:.

Social Media Ads

Iklan di media sosial yang dilakukan oleh pelaku komersial mulai marak. Karena media sosial adalah satu-satunya cara beriklan yang mudah dan cepat. Biasanya para pengusaha membuat akun media sosial, kemudian mereka bisa memposting 3 kali sehari atau seminggu agar pembaca dapat melihat hasil usahanya.

Misalnya Instagram. Pelaku bisnis dapat memasang iklan di feed, story, dan reels. Selain postingan biasa, ada banyak platform media sosial yang menawarkan kerjasama Ads.

Affiliate marketing atau kerjasama Ads merupakan hubungan antara suatu perusahaan dengan media sosial, dimana media sosial bertugas untuk memasarkan produk perusahaan kepada pelanggan yang dituju. Dengan kerjasama Ads ini, Anda akan dapat melakukan lebih banyak kegiatan promosi atau iklan.

Kerjsama Ads media sosial mencakup Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube Ads , LinkedIn, Twitter, Pinterest, Snapchat, dan Tik Tok..

Selain iklan media sosial, ada juga yang disebut paid search Ads. Pernahkah Anda mencari di Google dan menemukan layar seperti di bawah ini? Jika ya, itu dianggap paid search Ads.

Paid search Ads adalah jenis iklan online yang disediakan oleh mesin pencari (search engine) seperti Google dan Bing. Karena mesin pencari bekerja pada kata kunci, Anda perlu mencari kata kunci yang tepat.

Kata kunci yang tepat adalah kata kunci yang akan dicari oleh calon pelanggan ketika mencari produk perusahaan Anda.

Misalnya, pelanggan mencari kata kunci “Sepatu Nike Original” di mesin pencari. Kemudian mesin pencari akan menampilkan hasil seperti di bawah ini.

Hasil pencarian di atas mungkin berisi label iklan atau Ads. Itulah yang disebut paid search.

Native Ads

Native Ads adalah bentuk periklanan online di mana pengiklan memasang gambar pada halaman atau situs web.

Saat ini, blogger bekerja dengan kelompok di luar web .Misalnya, situs web perjalanan yang dikunjungi pengguna. Karena Anda berkecimpung dalam industri makanan atau seni, Anda dapat bekerja sama dengan pemilik situs web perjalanan untuk mempromosikan produk makanan atau seni Anda.

Hal inilah yang disebut sebagai native Ads.

Display Ads

Pernahkah Anda menggunakan suatu aplikasi dan di tengah-tengahnya muncul iklan produk seperti di bawah ini?

Inilah yang disebut display Ads. Display Ads biasanya hadir dalam bentuk format bergambar. Saat pengguna mengklik iklan gambar, mereka secara otomatis diarahkan ke produk komersial yang diiklankan.

Jenis iklan online ini terkadang mengganggu pengguna. Karena harus menunggu sampai iklan selesai.

Email Marketing

Selain jenis iklan di atas, ada lagi jenis iklan online melalui email.

Pernahkah Anda menerima email berisi iklan suatu produk? Hal itulah yang disebut sebagai email marketing. Email marekting adalah bagian penting dari strategi pemasaran bisnis apa pun. Anda dapat menggunakan email perusahaan Anda untuk mengirimkan penawaran atau pengumuman kepada pelanggan.

Namun sebelum itu, pastikan Anda memiliki email pelanggan. Untuk mendapatkan email pelanggan, Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan membuat form pendaftaran email, yaitu form yang berisi kolom tempat pengguna dapat memasukkan emailnya, hal ini sangat bermanfaat pada bisnis Anda.

Video Marketing

Cara lain untuk beriklan secara online adalah dengan mengemas iklan dalam format video.

Video merupakan salah satu bentuk komunikasi yang interaktif, dimana sangat memungkinkan penonton untuk melirik apa yang ada pada video tersebut. Video marekting juga bagus untuk semua jenis bisnis.

Saat ini sudah banyak panduan cara membuat periklanan yang bagus, interaktif dan persuasif. Untuk membuat video ini Anda hanya memerlukan paling sederhananya smartphone untuk merekam hasil produk bisnis.

Iklankan Bisnis Anda Secara Online Sekarang!

Bagi Anda yang ingin mencoba periklanan online untuk menghasilkan uang dalam bisnis Anda, jangan ragu untuk memulainya. Mungkin sulit pada awalnya, tetapi jika tidak mencoba, maka akan lebih sulit untuk bersaing dengan kompetitor.

Selamat mencoba, semoga berjaya! Enjoy!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Apache Tomcat: Server Aplikasi untuk Java Web

Apache Tomcat merupakan web server yang dipakai untuk menjalankan aplikasi berbasis Java di lingkungan server.…

8 hours ago

Optimasi Kinerja Web dengan Lighttpd: Cara Kerja dan Fungsinya

Lighttpd web server yaitu software yang bertindak sebagai server HTTP. Lighttpd didesain untuk menangani beban…

10 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

1 day ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

1 day ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

1 day ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

1 day ago