Live chat sangat penting bagi Anda yang memiliki  situs website yang menawarkan jasa dan layanan atau toko online. Karena akan sangat membantu Anda, akan sangat banyak yang menanyakan tentang jasa atau keluhannya kepada Anda.

Bayangkan jika Anda membuka jasa tersebut, namun Anda tidak memiliki fitur live chat pada situs Anda. Bagimana Anda akan mengerti tentang keinginan pelanggan. Karena dengan menggunakan live chat akan sangat membatu pelanggan serta dapat membatu Anda untuk memuaskan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

Menggunakan live chat pada WordPress Anda akan membuat situs Anda menjadi lebih professional. Karena WordPress sudah mempunyai plugin live chat yaitu WP Live Chat Support. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat live chat pada situs Anda.

Plugin live chat dengan WP Live Chat Support adalah salah satu plugin chat terbaik dari WordPress jika dibandingkan dengan plugin yang lainnya.

Alasan perlu menggunakan live chat

Sudah disinggung sedikit diatas mengapa perlu menggunakan live chat pada situs Anda.  Yang utama dan pertama pasti untuk Anda lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Jadi Anda perlu menggunakan ini karena beberapa keunggulan yang disediakanya, antara lain :

  • Respon cepat

Jika ada yang chat maka Anda dapat langsung membalas pertanyaan mereka, dengan syarat Anda harus online.

  • Website lebih professional

Biasanya dengan adanya fitur live chat pada suatu situs akan lebih terlihat professional dan biasanya akan meningkatkan trafik pengunjung. Ditambah lagi juga Anda selalu fast respon, maka pengunjung akan menyukai website Anda.

  • Memberi akses yang mudah untuk pelanggan

Ada beberapa pelanggan yang kadang kurang tertarik untuk membuat ticket atau email. Jadi dengan adanya live chat ini akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi anda.

 

Hal yang perlu Anda perlukan adalah instalasi dan mengaktifkan plugin WP Live Chat Support seperti menginstall plugin  yang lain.

  1. Konfigurasi Plugin WP Live Chat Support

  • Seletah menginstal dan mengaktifkan plugin WP Live Chat Support, masuk menu Live Chat >> Settings >> General Settings.
  • Pada bagian ini Anda dapat mengaktifkan dan menonaktfikan fitur live chat yang Anda inginkan.
  • Anda juga dapat mengaktifkan fitur agar user wajib memasukkan nama dan alamat email sebelum memulai

  • Anda dapat mengaktifkan live chat ini juga dengan menggunakan perangkat mobile, merekam alamat IP serta mengaktifkan notifikasi suara ketika terdapat pesan yang masuk.

  • Anda dapat menghubungkan fitur live chat dengan Google Analytics. Hanya bagi Anda yang memasang Google Analytics.

 

  1. Seting Live Chat Box

  • Pilih menu Live Chat >> Settings >> Chat Box.

Anda dapat mengatur posisi chat box dan terdapat pilihan pop up otomatis dengan mencentang bagian Auto Pop-up.

  • Anda dapat menampilkan nama dan avatar yang bisa dilihat oleh penggunjung.
  • Bagian Only the chat window to users that are logged in, berfungsi unutk menampilkan chat hanya untuk user yang sudah login.
  • Untuk melakukan pengaturan tampilan, Anda dapat mengatur warna pada chat box.

Pilih melu Settings >> Styling.

Warna tampilan dapat disesuaikan dengan keinginan Anda dan dapat Anda coba dengan mengakses website Anda.

 

  1. Pantau dan Balas Pesan Live Chat

  • Secara default WordPress sudah menyediakan layanan live chat jika Anda sudah mengaktifkan WP Live Chat Support.
  • Jika ada yang mengirimkan pesan maka secara otomatis sudah terdapat suara notifikasi.
  • Untuk membalas pesan, klik menu Live Chat >> Open Chat.

  • Seletah itu akan muncul halaman pop-up chat yang berguna untuk membalas chat pengunjung. Jika Anda sudah selesai chat maka Anda dapat klik tombol End chat, dan halaman chatting akan tertutup.

 

  1. Cek History Live Chat

  • Pilih tab History

Dapat Anda gunakan untuk mengecek pesan pada live chat ketika pesan live chat Anda offline, dengan mengecek dengan memilih menu Offline Messages.

 

Diatas adalah cara untuk menggunakan live chat dengan plugin WP Live Chat Support yang terdapat pada WordPress dan Anda dapat menggunakannya jika Anda sudah melakukan instalasi dan mengaktifkannya.

Bagi Anda pelaku bisnis didunia internet akan sangat membatu jika menggunakan plugin ini, karena akan mengontrol kebutuhan pelanggan Anda.

Pada dasarnya plugin ini sangat mudah untuk digunakan.

Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan lebih terhadap Anda dan memperluas perpusatakaan Anda di bagian live chat pada WordPress.

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀