HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Jenis-Jenis Pekerjaan Di Era Digital

Saat ini teknologi semakin berkembang. Teknologi mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bekerja. Dunia digital menjadi salah satu perkembangan yang bisa dimanfaatkan untuk segala jenis bidang. Di era digital saat ini anda memiliki ruang yang cukup besar untuk menjalankan bisnis. Pekerjaan di era digital ini bisa anda sesuaikan dengan hobi, skill dan passion yang anda miliki sehingga anda mudah dalam menjalankannya. Dengan adanya kemajuan teknologi dan berkembangnya dunia digital, maka memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru yang mulai banyak ditekuni masyarakat.

Sebenarnya banyak sekali  jenis pekerjaan baru di dunia digital saat ini. Namun kami akan perkenalkan beberapa jenis pekerjaan di era digital saat ini, antara lain:

1. Social Media Officer

Seseorang yang menjadi social media officer akan dituntut harus memahami dunia sosial media dikarenakan saat ini banyak orang-orang yang menggunakan sosial media untuk berinteraksi. Sosial media menjadi wadah untuk berinteraksi antara pemilik usaha dengan pelanggan. Sosial media haruslah terlihat menarik agak pesan yang disampaikan bisa dipahami oleh pengikutnya. Adapun ruang lingkup pekerjaannya seperti Content Analyst, Social Media Analyst, dan Head of Social Media.

2. Copywriter

Copywriter merupakan pekerjaan yang dilakukan diballik layar yaitu memikirkan konsep dan juga penulisan naskah sebuah iklan. Pekerjaan ini membutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang tinggi. Diharapkan iklan tersebut dapat melekat dan mempengaruhi serta menggerakkan orang yang melihat iklan tersebut sehingga mereka akan mencoba produk yang diiklankan.

3. Content Writer

Pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Tugas dari pekerjaan ini adalah membuat artikel. Maka dari itu pekerjaan ini dituntut untuk banyak membaca dan mencari informasi sebelum membuat artikel. Dibutuhkan kreatifitas dan ketelitian dalam menulis sebuah konten untuk menghasilkan artikel yang menarik. Konten yang dihasilkan juga harus bersifat fresh dan relevan untuk sebuah media sosial ataupun website perusahaan. Content Writer juga bertanggung jawab terhadap branding perusahaan, meningkatkan kualitas SEO pada website perusahaan dan memonitor statistic artikel.

4. Graphic Designer

Pekerjaan ini saat diminati, apalagi bagi perusahaan yang bergerak dibidang advertising atau periklanan. Desain graphic sebagai media komunikasi antara informasi dengan public secara visual. Setiap desain graphic yang dikerjakan harus mengandung unsur seni, visual dan Bahasa yang sempurna. Seseorang yang mengeluti pekerjaan ini harus bisa berinovasi sesuai dengan perkembangan jaman. Cara penyampaian informasi yang unik akan menjadi nilai lebih dikalangan publik.

5. UI/UX Designer

Pekerjaan ini bisa dikatakan agak rumit karena berhubungan langsung dengan user. UI design harus bisa menggambarkan bagaimana produk yang sudah dibuat, sedangkan UX design merupakan proses untuk membuat produk yang telah dibuat untuk digunakan sehingga tidak membingungkan saat digunakan.

6. Web Developer

Web developer menjadi salah satu pekerjaan yang saat ini dicari-cari, dikarenakan banyak bisnis online atau perusahaan yang menginginkan website. Fungsi dari web developer yaitu membangun sistem yang menghubungkan dunia offline ke dunia online.

7. Digital Marketing

Profesi digital marketing adalah profesi yang paling banyak diincar, terutama oleh perusahaan-perusahaan digital yang terkenal. Digital marketing umumnya menguasai berbagai hal, dari mulai strategi planning, hingga melakukan eksekusi untuk planning tersebut. Digital marketing juga bertanggung jawab untuk mengelola iklan digital maupun mengurusi penjualan secara online.

8. Video Maker

Video marketing menjadi salah satu media promosi paling efektif dan menarik. Seorang video maker biasanya memiliki keahlian mengoperasikan tools dan juga membuat konsep yang menjadi inti dari video tersebut. Seorang video maker akan berkolaborasi dengan digital marketing maupun sosial media specialist untuk menentukan strategi apa yang paling cocok dan bagaimana untuk eksekusinya sehingga mampu menembus pasar.

5/5 - (1 vote)
Fitri R

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

14 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

19 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago