HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Keamanan Data: Melindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya

Keamanan data sangat penting bagi perangkat agar data-data yang diperlukan tidak dicuri atau dihapus oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sederhananya, keamanan data merupakan langkah-langkah yang harus diambil oleh perusahaan atau individu untuk melindungi lingkungan teknologi informasi mereka. Keamanan data ini membuat perusahaan dan individu tidak perlu khawatir jika terjadi pelanggaran keamanan.

Jadi, bagaimana tips yang tepat agar keamanan data terjaga dan apa saja jenis-jenis dari data security? Simak ulasan berikut ini untuk tahu lebih banyak.

Keamanan Data, itu Apa?

Keamanan data merupakan suatu proses yang didukung oleh peraturan dan teknologi untuk melindungi data dari kerusakan, modifikasi data, dan penyebaran data, baik disengaja maupun tidak disengaja. Secara khusus, keamanan data mencegah akses yang tidak diinginkan ke komputer, database, atau website yang mencoba memperoleh informasi pribadi.

Dari pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa keamanan data adalah hal yang sangat penting diperhatikan dalam penggunaan layanan transaksi di internet, seperti jual beli online dan internet banking.

Coba bayangkan jika sebuah toko online atau internet banking tidak mempunyai keamanan data yang memadai, hal tersebut tentu bisa menghadirkan celah bagi perusak kemanan data untuk mencuri data konsumen.

Mengapa Perlu Keamanan Data?

Pernahkan anda mendengar kasus pencurian data dengan korban yang jumlahnya banyak? Salah satu kasus yang baru terjadi adalah kebocoran data Kominfo. Berita terkait kebocoran data Kominfo tidak hanya terjadi sekali dua kali, namun beberapa kali. Pada bulan sepetember 2024 terjadi dugaan kebocoran data pribadi DJP.

Maka dari itu, penting untuk menggunakan layanan internet yang mempunyai metode keamanan data yang memadai. Perlu diketahui, ada tiga elemen penting yang wajib ada pada keamanan data, antara lain kerahasiaan (confidentally), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability). Ketiga elemen tersebut disebut CIA Triad.

CIA Triad

Berdasarkan buku Pengajaran Berbasis Teknologi Digital, CIA Triad merupakan model keamanan yang dikembangkan untuk menolong manusia berkaitan dengan keamanan teknologi informasi.

Jenis-Jenis Keamanan Data

Pada penerapannya, terdapat berbagai jenis keamanan data yang bisa anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari, seperti otentikasi, tokenisasi, enkripsi dan lain-lain. Meski berbeda-beda, jenis keamanan data ini mempunyai manfaat yang sama, yaitu menjaga kemanan data. Simak informasi berikut untuk mengetahui berbagai jenis keamanan data.

1. Enkripsi

Jenis yang pertama yaitu enkripsi (encryption). Cara kerja keamanan data adalah dengan mengubah karakter teks menggunakan algoritma komputer jadi format yang tidak bisa dibaca melalui kunci enkripsi. Artinya, hanya beberapa orang berwenang saja yang bisa akses informasi di dalamnya.

2. Otentikasi

Otentikasi (authentication) merupakan proses untuk memastikan suatu pengenalan. Jadi, otentikasi merupakan metode keamanan yang fungsinya dikhususkan untuk mengidentifikasi pengguna secara akurat sebelum diberi akses ke dalam data.

3. Tokenisasi

Tokenisasi merupakan proses mengubah informasi sensitif pemilik kartu menjadi kode untuk dikonversikan kembali oleh pihak bank agar memproses pembayaran.

Oleh karena itu, informasi kartu kredit merupakan hal yang sensitif dan sangat rahasia, bahkan pihak bank hanya mengetahui beberapa informasi kecil saja. Dengan demikian, kemungkinannya sangat kecil untuk terjadi kebocoran data karena tidak pernah dikirim ke pihak lain.

4. Kontrol akses data

Kontrol akses data (access controls) adalah jenis tindakan keamanan data yang dapat membatasi akses fisik dan digital ke sistem dan juga data penting lainnya. Pada penerapannya, kontrol akses tersebut akan dibatasi untuk pengguna yang melakukan akses data.

Dengan begitu, jenis keamanan data ini bisa mencegah pengguna maupun penyusup yang berusaha mempergunakan data-data tersebut. Ada beberapa metode dalam kontrol akses itu sendiri, antara lain:

  • Metode ownership
  • Metode file types
  • Metode self/group/public control
  • Metode access control list

5. Penyembunyian data

Penyembunyian data adalah konsep penting pada pemrogaman yang beriorientasi objek. Sebuah objek nantinya akan menyembunyikan data internalnya dari kode yang berasal dari luar dimana objek itu diciptakan.

Dengan demikian, sekedar metode-metode kelas saja yang bisa mendapatkan akses dan mengubah data internal objek. Kemudian penyembunyian data rahasia ke dalam citra digital akan mengubah kualitas dari citra tersebut.

Oleh sebab itu, penting untuk bisa memperhatikan kritetia apa saja yang wajib ada dalam penyembunyian data, antara lain:

  • Fidelity yaitu kriteria penyembunyian data yang tidak akan menyebabkan mutu citra penampungan berbeda jauh.
  • Robustness yaitu kriteria penyembunyian data yang wajib tahan terhadap penyelewengan yang dilakukan pada citra penampung.
  • Recovery yaitu kriteria penyembunyian data yang wajib diungkapkan kembali (recovery).

Tips Melindungi Keamanan Data di Internet

Nah, meski ada banyak kasus terkait keamanan data, sekarang anda tidak perlu khawatir. Berikut ini kami sajikan tips melindungi keamanan data di internet. Dengan ini anda tidak perlu risau hingga gelisah hanya karena tidak memiliki kemampuan melindungi data di internet.

  1. Gunakan private browsing atau incognito mode
  2. Hapus data yang tidak digunakan
  3. Gunakan VPN
  4. Aktivasi otentikasi two factor (2FA)
  5. Gunakan password manager
  6. Rutin membersihkan cookies
  7. Melakukan backup
  8. Pilih hosting dan domain yang tepat

Kesimpulan

Keamanan data (data security) merupakan sebuah metode yang didukung regulasi dan teknologi. Tujuannya supaya melindungi data dari kerusakan, perubahan, dan penyebaran baik yang disengaja maupun tidak. Ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengaktifkan 2FA. Dengan begini, keamanan data website maupun perangkat bisa tersimpan dengan baik.

Data security pada perangkat atau website bergantung pada hosting yang anda gunakan. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menggunakan layanan hosting terbaik yang mengedepankan keamanan konsumen.

Nah, sampai sini anda pasti sudah paham tentang pentingnya keamanan data. Jaga dan selalu waspada supaya anda tidak menjadi korban dari pencurian data!

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Apache Tomcat: Server Aplikasi untuk Java Web

Apache Tomcat merupakan web server yang dipakai untuk menjalankan aplikasi berbasis Java di lingkungan server.…

15 hours ago

Optimasi Kinerja Web dengan Lighttpd: Cara Kerja dan Fungsinya

Lighttpd web server yaitu software yang bertindak sebagai server HTTP. Lighttpd didesain untuk menangani beban…

17 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

2 days ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

2 days ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

2 days ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

2 days ago