HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Wordpress

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server Hosting

Dedicated Server pada dasarnya merupakan sebuah layanan yang dapat memberikan keleluasaan dan control kepada penggunya pada server yang disewakan. Dedicated Server menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin membuat website dengan kualitas terbaik dan performa yang maksimal. Anda dapat menggunakan satu server sendirian. Server yang disewakan diperuntukkan untuk penyewa dan tidak akan dibagikan pada pengguna lainnya. Dengan menggunakan dedicated server maka Anda memiliki kontrol penuh terhadap server yang disewa. Dedicated Server merupakan layanan yang tepat untuk menangani website dengan pengunjung yang tinggi dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung.  Dedicated Server memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan Dedicated Server

  • Kinerja dan keandalan: Dedicated server menawarkan bandwidth unlimited, dan juga menggunakan prosesor, disk space, memori dan sumber daya sistem lainnya sendiri tanpa berbagi dengan yang lain. Jadi layanan ini tetap menghadirkan kinerja yang optimal tanpa menjadi lambat meski pengunjung situs sedang tinggi.
  • Keamanan: Dedicated server akan memberikan alamat IP yang unik, untuk privasi dan keamanan yang lebih baik, dan menawarkan proteksi yang lebih tinggi untuk melindungi dari malware dan adware.
  • Kebebasan: Dedicated server memberikan kebebasan kepada penyewa untuk mengotrol server yang dipakai. Dedicated server juga akan memudahkan dan membebaskan penggunanya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan. Selain itu penyewa bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani Anda selama mengelola website.
  • Jaminan: Kelebihan dari penggunaan dedicated server adalah apabila ada kerusakan pada server, maka sudah menjadi tanggung jawa penyedia layanan hosting untuk segera memperbaikinya.
  • Tidak perlu berbagi: Dengan menggunakan dedicated server anda tidak perlu merasa terganggu dengan pengguna lainnya, sebab hosting ini hanya akan digunakan oleh satu pengguna. Jadi tidak akan mengganggu kinerja website apabila sewaktu-waktu jumlah pengunjungnya meningkat.

Kekurangan Dedicated Server

Meski mempunyai banyak kelebihan, Dedicated Server juga memiliki kekurangan, antara lain:

  • Biaya sewa lebih mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayar.
  • Saat melakukan setting, perawatan serta perbaikan lebih sulit karena perlu mempekerjakan orang yang ahli dalam masalah ini. Hanya orang-orang dengan kemampuan IT menengah ke atas yang bisa menguasai dan menggunakan hosting ini dengan sebaik-baiknya. Sebab itulah anda dituntut untuk memiliki skill pengelolaan website yang mumpuni, perawatan hardware, aplikasinya, jaringannya, database, sampai pada prosedur keamanannya.

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Fitri R

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

5 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago