HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database

DBMS terus berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi.Banyak macam-macam DBMS yang dikembangkan baik oleh korporasi besar (seperti : oracle) ataupun yang dikembangkan sebagai projek open source.Buat kalian yang belum mengetahui apa itu ? DBMS merupakan suatu sistem atau software yang dirancang khusus untuk mengelola suatu database dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta oleh banyak pengguna.DBMS merupakan singkatan dari “Database Management System”yakni sistem pengorganisasian dan sistem pengolahan Database pada komputer.Salah satu DBMS yang banyak digunakan salah satunya yakni Firebird.

Firebird merupakan sebuah open source database yang perkembangannya dijalankan oleh firebird foundation.Awal mula perkembangannya, firebird database ini dikembangkan dari Interbase database pada tahun 2000.Sebagai salah satu alternatif open source DBMS,Firebird mempunyai kelebihan dan kekurangan.Lalu apa sajakah itu ?

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Firebird :

Kelebihan Firebird

Open Source yang fleksibel

Firebird merupakan projek open source yang mana pemakaian firebird baik untuk keperluan personal maupun keperluan bisnis tidak akan dikenakan biaya apapun.Namun meski free untuk digunakan,source kode dari firebird masih memiliki batasan.Licensi yang berlaku pada Firebird sebagai berikut :

  • IPL (InterBase Public License) : Lisensi IPL pada dasarnya merupakan lisensi yang berlaku untuk sebagian dari source kode firebird yang diambil dari interbase database
  • IDPL (Initial Developer’s Public License : Lisensi IDP yakni licensi yang diberlakukan untuk sisa dari source kode dari firebird yang dikembangkan oleh firebird foundation.

Kesimpulan dari lisensi yang terdapat pada firebird yakni :

  • Firebird diperbolehkan dimodifikasi jika hasil modifikasi yang dilakukan dipublikasikan dan software hasil modifikasi dari firebird harus dilisensikan dengan lisensi yang sama sehingga tidak boleh di perjual belikan.
  • Firebird digunakan gratis baik untuk keperluan komersil maupun personal namun pengguna tidak diperbolehkan melakukan klaim kepemilikan terhadap source kode dari firebird.Setiap file licensi yang terdapat pada folder source kode firebird tidak boleh dihapus atau dimodifikasi.
  • Sebagian source kode Firebird digunakan sebagai salah satu bagian untuk membuat software lainnya yang memiliki lisensi berbeda dari firebird namun bagian dari software yang menggunakan firebird harus tetap menggunakan lisensi firebird,bagian lainnya yang sudah dikembangkan dapat memiliki lisensi yang berbeda.

Komunitas aktif

Komunitas developer firebird sudah memiliki reputasi sangat ramah terhadap developer baru yang bertanya pada forum khusus developer firebird.Komunitas developer firebird juga aktif mengembangkan dan memperbaiki issue yang ada pada database firebird ini.Dengan Komunitas yang aktif,maka kemampuan dan keamanan dari firebird dapat terus berkembang seiring dengan dikembangkan dan diperbaikinya source kode dari firebird.

Kemudahan saat installasi

Dalam proses Proses Installasi firebird,pengguna hanya perlu melakukan download installer yang tersedia untuk berbagai OS yang berbasis Linux,Windows dan Unix.Firebird dapat berjalan pada semua OS tersebut.Firebird juga tidak memerlukan spesifikasi kemampuan komputer yang tinggi untuk dapat beroperasi.Semua komputer bahkan komputer jadul juga dapat mengoperasikan program database firebird. Membuat firebird menjadi program database yang sangat fleksibel.Untuk mendapatkan file installer dari firebird,kalian dapat mengunjungi situs resmi dari firebird.

Fitur yang menyenangkan

Dikembangkan sejak tahun 2000 membuat firebird lebih matang dalam pengembangan fitur dibandingkan projek open source lain semisal Mysql.Banyak fitur firebird yang tidak dimiliki oleh DBMS open source semacam Mysql,diantaranya :

  • firebird dapat melakukan sinkronisasi dengan pengguna desktop offline.
  • recursive query.
  • clausa ‘check’ pada saat melakukan query.
  • firebird memiliki fitur full outer joint.
  • firebird memiliki support terhadap ODBC.

Mudah Dalam Maintenance

Salah satu kelebihan dari firebird yang menarik adalah firebird tidak memerlukan proses maintenance yang terlalu sering.Dibandingkan dengan program database lain yang memiliki fitur sekelasnya,firebird tergolong mudah untuk dimaintenance.

Ringan Dan Cepat

Firebird tidak banyak memakan resource pada komputer dengan hanya memori 1MB firebird dapat berjalan dengan normal pada sebuah komputer.Tentunya hal ini membuat firebird menjadi salah satu alternatif bagi projek embbeded yang membutuhkan fitur penyimpanan ke database.

Firebird dapat berjalan dengan cepat pada komputer dengan berbagai OS seperti linux,windows dan macOS.Kecepatan ini berguna pada aplikasi yang membutuhkan kecepatan dalam pengoperasiannya.

Kekurangan Firebird

Pengguna firebird masih sedikit

Pengguna firebird relatif lebih sedikit daripada pengguna open source database lainnya.Sedikitnya pengguna ini tentu memunculkan pertanyaan besar,apa yang membuat database ini serasa tidak mendapatkan penghargaan atas apa yang dimilikinya.

Beberapa faktor yang menyebabkan sedikitnya pengguna dari firebird yakni :

  • Tidak memiliki dukungan dari pemain besar teknologi informasi dunia seperti oracle,IBM
  • Website official dari firebird memiliki tampilan  kurang meyakinkan atau ketinggalan jaman,hal ini membuat banyak calon pengguna merasa tidak yakin.
  • Dokumentasi dari firebird buruk.

Dokumentasi buruk

Banyak sebagian pengguna  firebird yang merasa dokumentasi dari penggunaan firebird yang terdapat pada situs resminya tergolong buruk. Tentunya ini sangat menyulitkan bagi para pengguna baru dari firebird yang baru saja memulai proses installasi atau ingin menggunakan firebird pada projek yang sedang dikerjakannya.

Namun sebenarnya meski memiliki dokumentasi yang buruk,para komunitas developer dari firebird yang aktif pada forum khusus pengguna firebird sedikit menutupi kekurangan tersebut.Dengan Komunitas yang aktif,pengguna baru dapat bertanya atau mendiskusikan permasalahan tentang firebird kepada forum khusus pengguna firebird.

Learning Curve yang relatif rumit

Fitur dari Firebird yang lebih banyak dari open source database lainnya yang lebih simpel seperti MySql membuat Firebird lebih rumit untuk dipelajari serta juga dokumentasi yang tidak terlalu bagus dan komunitas yang sedikit menambah semakin sulit untuk mempelajari firebird.Terkadang penggunaan Firebird terkesan overkill untuk para developer yang tidak terlalu membutuhkan fitur yang kompleks.

 

Sekian artikel tentang kelebihan dan Kekurangan Program Database Firebird.Jadi setiap database memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.Hal ini tergantung dari kebutuhan projek dan kemampuan dari developer untuk menentukan database mana yang akan digunakan untuk menyelesaikan sebuah projek.

Semoga artikel ini bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

23 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago