HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Apa Itu Digital Signature : Kelebihan dan Cara Kerjanya

Dengan adanya digitalisasi di era yang semakin maju ini, membuat hidup lebih mudah termasuk dalam menandatangani dokumen atau berkas. Selain juga dapat mengubah format fisik berkas secara digital, dan juga dapat membubuhkan tanda tangan diatasnya selayaknya dokumen konvensional yang umum. Tanda tangan digital atau digital signature sendiri adalah teknik matematika khusus.

Teknik ini digunakan untuk memvalidasi keaslian dan integritas pesan, perangkat lunak, atau dokumen digital. Ini adalah padanan digital dari tanda tangan tulisan tangan atau stempel berstempel, tetapi juga menawarkan keamanan yang jauh lebih baik. Tanda tangan digital dimaksudkan untuk memecahkan masalah gangguan dan peniruan dalam komunikasi digital.

Tanda tangan digital dapat memberikan bukti asal, identitas dan status dokumen elektronik, transaksi atau pesan digital. Penandatangan juga dapat menggunakannya untuk mengakui persetujuan yang diinformasikan. Di banyak negara saat ini, tanda tangan digital dianggap mengikat dan sah secara hukum seperti halnya tanda tangan dokumen tulisan tangan tradisional.

Aplikasi Digital Signature Terbaik

Digital signature adalah jenis tanda tangan elektronik khusus yang dibuat menggunakan aplikasi eSign khusus. Tanda tangan digital ini menggunakan kriptografi untuk melindungi dokumen dan juga menyematkan detail seperti alamat email, kapan dan di mana menandatangani dokumen apa pun, dan perangkat apa yang digunakan untuk melakukannya. Ini menciptakan sidik jari digital yang membuat dokumen itu unik dan jejak kertas yang dapat diverifikasi secara independen jika, katakanlah, pernah ada kasus pengadilan.

Sekarang digital signature dianggap jauh lebih aman dan diakui secara hukum di seluruh dunia. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menandatangani berkas digital.

  • Adobe Sign

Adobe Sign adalah solusi tanda tangan elektronik yang ditawarkan oleh salah satu nama paling terkenal dalam bisnis perangkat lunak. Layanan Adobe menawarkan banyak fitur dan fungsionalitas yang tersedia melalui web dan aplikasi seluler, sehingga dapat dengan mudah menggunakan tanda tangan elektronik saat jauh dari kantor. Aplikasi ini menawarkan layanan otentikasi untuk memastikan bahwa dokumen yang diterapkan pada dokumen penting memiliki kepatuhan hukum dasar yang jelas, dan tentu saja dapat mempersonalisasi tanda tangan elektronik. Untuk kebutuhan tertentu, peningkatan terbaru termasuk kepatuhan untuk ilmu hayat dan perusahaan farmasi dan integrasi dengan SAP SuccessFactors. Adobe Sign juga berfungsi di semua produk Microsoft Office.

  • Secured Signing

Secured Signing adalah perangkat lunak yang lebih hemat biaya yang berbasis cloud, artinya mudah untuk mengakses dan menggunakan tanda tangan elektronik dari desktop, laptop, atau perangkat seluler. Aplikasi ini memberikan banyak layanan tambahan, misalnya, ada fitur konfirmasi video di mana dapat mengidentifikasi penanda tangan dan mencegah gangguan dokumen apa pun. Dapat mengundang orang lain untuk masuk hingga bahkan ada pilihan untuk negosiasi dokumen, yakni layanan satu atap untuk mencapai semua garis putus-putus yang penting secepat mungkin.

Aplikasi ini juga mendukung file PDF, termasuk beberapa bidang tanda tangan untuk saksi yang sama dan penandatanganan multi-halaman. Namun, perhatikan bahwa paket harga berfungsi pada jumlah dokumen yang akan ditandatangani sebanyak jumlah pengguna.

  • DocuSign

DocuSign adalah aplikasi digital signature yang cukup populer dengan lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Perusahaan ini adalah penyedia solusi tanda tangan elektronik yang berdedikasi, menawarkan perangkat lunak yang mudah digunakan untuk menandatangani dokumen dengan cepat dan mudah.Berkat banyaknya integrasinya dengan orang-orang seperti Google, Windows, Apple dan SalesForce, serta sejumlah aplikasi untuk perangkat seluler membuat DocuSign sangat mudah digunakan.

Dengan menempatkan banyak penekanan pada keamanan, menggunakan teknologi enkripsi yang kuat dan menerapkan praktik terbaik industri untuk melindungi data yang ditanganinya. Selain itu DocuSign telah menyetujui aplikasinya untuk Binding Corporate Rules (BCRs), yang merupakan sertifikasi tingkat tertinggi UE untuk transfer data di luar blok tersebut.

  • SignEasy

Salah satu aplikasi tanda tangan digital ini dapat digunakan dari berbagai macam perangkat yang berbasis cloud sehingga dapat diakses saat bepergian dan pengalaman seluler untuk ponsel dan tablet ditata dengan sangat cerdas. Meski memiliki banyak fitur yang sama dengan layanan tanda tangan elektronik biasanya tetapi fokusnya nyata pada kesederhanaan penggunaan. Dapat memberi anotasi pada kotak tanda tangan sehingga jelas siapa yang perlu menandatangani dan bagaimana.

Jika menemukan bahwa jenis dokumen yang sama perlu ditandatangani secara elektronik berulang kali, maka mudah untuk menyiapkan template untuk digunakan kembali. Harga untuk SignEasy berpotensi sangat kompetitif, dengan paket Standar yang tersedia. SignEasy tetap menjadi salah satu layanan yang paling kompetitif dengan harga, meskipun paket yang lebih mahal di tempat lain dapat menawarkan lebih banyak fungsionalitas. Jadi itu tergantung pada apakah fitur-fitur itu lebih suka membayar atau tidak, dengan SignEasy menyediakan layanan level awal yang bagus yang masih berguna untuk bisnis kecil dan menengah.

Cara Kerja Digital Signature

Agar dapat bekerja dengan baik, tanda tangan digital menggunakan public key kriptografi, atau yang juga dikenal sebagai asymmetric cryptography. Dengan menggunakan algoritma public key, seperti RSA (Rivest-Shamir-Adleman), dapat menghasilkan dua key dan membuat pasangan kunci yang dapat ditautkan secara matematis, yaitu public key dan private key.

Tanda tangan digital bekerja melalui dua public key yang saling mengautentikasi. Namun, pihak yang akan memberikan tanda tangan digital menggunakan private key agar dapat mengenkripsi data tanda tangan tersebut, sedangkan satu-satunya cara untuk mendekripsi data tersebut hanya melalui public key dari pembuat tanda tangan.

Apabila penerima tidak dapat membuka dokumen menggunakan public key milik pembuat tanda tangan, artinya terdapat masalah yang ditemukan, baik itu pada dokumen atau tanda tangannya. Seperti itulah cara autentikasi digital signature.

Teknologi yang dimiliki oleh tanda tangan digital mengharuskan semua pihak untuk percaya bahwa pihak yang membuat tanda tangan tetap merahasiakan private key yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Sehingga, apabila pihak lain yang memiliki akses ke private signing key, pihak tersebut dapat membuat tanda tangan digital palsu atas nama pemilik private key tersebut.

Kelebihan Digital Signature

Terdapat banyak kelebihan digital signature dibandingkan tanda tangan tradisional. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Timestamping 

Dengan menyediakan informasi mengenai waktu pembuatan digital signature, timestamping atau cap waktu berguna untuk dokumen yang bersifat sensitif terhadap waktu, seperti untuk perdagangan saham dan proses hukum.

  • Diterima Global dan Sah secara Hukum

Standar yang dimiliki oleh public key infrastructure (PKI) memastikan tiap key yang dibuat oleh penyedia jasa digital signature dibuat dan disimpan dengan aman. Selain itu, karena penggunaan digital signature (tanda tangan digital) dapat diterima secara internasional, semakin banyak negara yang menerima tanda tangan digital karena sifatnya yang dapat mengikat secara hukum.

  • Lebih Efisien

Digital signature mampu menyederhanakan proses penandatanganan, penyimpanan, dan pertukaran dokumen fisik yang biasanya seringkali memakan waktu. Sehingga dapat memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses dan menandatangani dokumen dengan cepat.

  • Lebih Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan digital signature, dapat mengurangi penggunaan kertas dan mengurangi limbah fisik yang dihasilkan oleh kertas, serta berbagai dampak negatif lainnya bagi lingkungan dari pengangkutan dokumen kertas.

  • Mudah untuk Ditelusuri

Hadirnya digital signature membuat jejak audit dan membuat penyimpanan catatan internal menjadi jauh lebih mudah. Dengan data yang direkam dan disimpan secara digital, lebih sedikit peluang bagi pembuat tanda tangan untuk membuat kesalahan atau salah menempatkan sesuatu.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

8 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

10 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago