HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kelebihan Dan Kekurangan Ulead Video Studio

Sebuah software untuk editing video yang dikembangkan pada platform microsoft oleh Ulead System merupakan definisi dari Ulead video studio.Program ini dirancang untuk bisa digunakan pada komputer dengan Sistem Operasi Windows XP,7 dan Vista.Ulead Video Studio juga dapat mengedit video-video yang dihasilkan dari divicam,kamera digital,handphone atau perangkat lainnya.Di sini juga dapat menggabungkan video dengan gambar,musik dan suara.

Pada tahun 2006 Ulead System telah Diakuisisi oleh core sehingga Ulead Video Studio berubah menjadi Corel Video Studio.Saat ini Corel sudah mengeluarkan VideoStudio Pro X10 sebagai versi terbaru dari software ini,sebagai salah satu software yang digunakan untuk editing video,Ulead video studio memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah,pada artikel ini kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan Ulead Video Studio dalam proses edit video :

Kelebihan Ulead Video Studio

Penggunaan Yang Mudah Bagi Pemula

Video Studio Pro memiliki tampilan user yang intuitif dan memiliki dokumentasi fitur yang bagus.Pengguna Video studio baik pemula maupun ahli akan merasa bahwa software ini didesain secara terencana.

Banyak tutorial dan forum untuk saling bertukar informasi,membahas permasalahan dan saling berinteraksi antar para pengguna software pada forum milik Corel juga menambah flexibilitas dan integritas dari software dalam memudahkan para penggunanya.

Fitur Yang Memadai

Fitur yang perlu ada pada sebuah video editor mulai dari import video,video stabiliser,color correction,rotate,merge/join,split dan masih banyak lagi fitur standar lainnya semua ada di dalam software Ulead Video Studio ini.Para pengembang software video studio tidak pernah mau tinggal diam dan ketinggalan jika mereka merasa bahwa ada fitur yang tertinggal pada software yang mereka kembangkan.

Apalagi ada versi ultimate dari VideoStudio yang memiliki fitur yang lebih lengkap lagi dari versi pro.Di dalam versi ultimate terdapat aset template untuk editing video dan suara.

Fitur Live Chat Ke Customer Support

Pengembang video studio menyediakan layanan live chat yang terintegrasi pada software.Hal ini memudahkan pengguna untuk dapat memberikan pertanyaan dan juga untuk melaporkan error yang terjadi pada saat pemakaian video studio.

Para pengembang sangat pro aktif untuk memastikan bahwa software mereka tidak memiliki bug sehingga dalam setiap laporannya,masukan dari user akan ditanggapi secara serius oleh pihak developer.

Terdapat Fitur Motion Tracking

Motion Tracking yakni fitur baru yang ditambahkan pada software Video Studio.Fitur ini tergolong fitur mewah yang biasanya hanya dapat ditemui pada video editor dengan harga software kelas menengah atau kelas atas.

Dengan menggunakan fitur ini,pengguna dapat melakukan penandaan terhadap suatu area pada video.Saat area itu bergerak maka akan terdapat path atau petunjuk pada video mengenai arah pergerakan dari area tersebut.

Stabil

Sejarah pengembangan VideoStudio sangat panjang dan dikembangkan oleh pengembang besar,hal ini membuat software Video Studio menjadi stabil.Setelah Corel mengakuisisi Ulead,corel banyak melakukan perubahan perubahan dari sisi kestabilan software.

Corel bahkan membuat fitur live chat pada software untuk dapat melakukan kontak langsung ke costumer service agar dapat melaporkan error dan mengajukan pertanyaan dalam penggunaan software.Fitur yang membuat corel dapat secara sistematis menemukan bug dan memperbaiki bug pada software sehingga Video Studio menjadi sangat stabil.

Harga Yang Bersaing

Software Ulead Video Studio memiliki versi ultimate dan versi pro,namun fitur yang ada pada versi pro dan ultimate berbeda lumayan jauh.Sangat disarankan bagi para video editor yang profesional dan menggunakan software ini untuk bekerja untuk membeli versi ultimate dari pada versi pro yang memiliki ketertinggalan fitur.Software editor video dari saingannya biasa dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Subtitle Editor

Video studio dilangkapi dengan fitur subtitle editor yang bisa menambahkan subtitle pada video secara otomatis dengan mendeteksi percakapan pada video.Namun,perkataan pada subtitle perlu dicek ulang sendiri untuk memastikan bahwa perkataan pada subtitle sudah benar dan tidak terdapat kesalahan.

Kekurangan Ulead Video Studio

Tidak Ada Fitur Watermark Video

Ketiadaan fitur watermark pada Video Studio dapat dikatakan sebagai sebuah kekurangan yang menurunan daya saing dari software editing video ini.Dalam hal ini,belum diketahui alasan dari para pengembang software INI untuk tidak memasukkan fitur watermark pada software buatannya.

Mungkin mereka para pengembang beranggapan fitur ini tidak signifikan dalam pembuatan video.Sehingga para pengembang mengesampingkan fitur watermark.Namun tidak menutup kemungkinan para pengembang memberikan fitur ini nantinya.

Video Track Yang Kaku

Persaingan di bidang software video editing memang sangat ketat sehingga kekurangan yang sedikit saja pada satu aspek dari software akan sangat di soroti oleh para pengguna.Misalnya pada fitur video track dibandingkan dengan pesaing dari adobe yang memiliki fitur lebih fleksibel, pada VideoStudio fitur video track terkesan lebih kaku dan lebih sulit untuk digunakan.

Hal ini mungkin juga disebabkan karena fitur ini lebih dulu ada pada pesaingnya di adobe sehingga membuat pengguna merasakan agak kaku dalam menggunakan fitur baru.

Motion Track Terkadang Mengalami Masalah

Motion track tergolong baru diterapkan pada Video Studio,hal ini membuat penggunaan Motion Track terasa aneh dan mengalami masalah. Terkadang area yang ditandai hilang dan juga path yang ditampilkan kurang tepat dengan masalah-masalah ini maka fitur ini masih memerlukan banyak perbaikan sebelum bisa dikatakan stabil.

Keterbatasan Video Track

VideoStudio tidak dapat menjalankan video track secara bersamaan lebih dari 21 buah.Pengembang mungkin beralasan bahwa 21 merupakan angka yang sudah cukup banyak sehingga tidak memerlukan video track lebih dari 21 buah.

Namun tetap saja di mata pengguna,suatu keterbatasan adalah suatu kekurangan.Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pengembang VideoStudio akan menambah jumlah ketersediaan VideoTrack.

 

Kesimpulan dari keunggulan dan kekurangan software Ulead Video Studio memiliki kualitas yang baik meski memiliki beberapa kekurangan namun Corel sebagai pengembang yang besar pasti memperhatikan feedback dari user dan terus menerus memberikan perbaikan.Apalagi dengan harga yang terjangkau,Software ini cocok digunakan untuk pemula dan profesional yang bekerja di bidang video editor.

Semoga artikel ini bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

4 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

1 day ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

1 day ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago