HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ternyata Hacker Ada Juga Yang Baik! Yuk Kenali Lebih Jauh

Istilah hacker telah lama digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang melakukan kejahatan yang dikenal sebagai kejahatan Internet, atau lebih dikenal dengan cybercrime. Bahkan, banyak orang awam yang percaya bahwa hacker memberikan peluang profesi bagi orang-orang yang memiliki lebih banyak pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi dan informasi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan melalui penipuan.

Faktanya, tidak semua tipe hacker di dunia ini mempunyai niat jahat, meski misi utamanya adalah membobol sistem. Mungkin lebih tepat menyebut seorang hacker yang membobol sistem untuk tujuan jahat sebagai cracker.

Banyak orang mengetahui bahwa ada tiga jenis peretas, yaitu black hat hacker, white hat hacker, dan gray hat hacker.  Tapi apakah hanya ada tiga jenis ini saja? Atau sebenarnya anda belum mengetahui jenis-jenis hacker yang ada di masyarakat modern saat ini?

Pada kesempatan kali ini Hosteko ingin berbagi kepada anda apa itu hacker secara teori, jenis-jenis hacker yang perlu anda ketahui, sistemnya.

Definisi Hacker

Hacker adalah seseorang yang menemukan dan mengeksploitasi kerentanan dalam sistem dan jaringan komputer untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi dan bisnis. Hacker biasanya adalah programmer berpengalaman dengan pengetahuan luas tentang keamanan komputer.

Contoh tindakan yang dapat dilakukan hacker adalah meretas sistem komputer menggunakan algoritma kata sandi tertentu. Mereka kemudian mencuri informasi dan merugikan orang lain melalui pencurian identitas atau membuat sistem atau website down untuk menghasilkan uang.

Jenis-Jenis Hacker

Meskipun banyak orang mendengar istilah hacker dalam artian cybercriminal, namun hacker adalah orang-orang cerdas yang belum tentu jahat. Seorang hacker hanyalah seseorang yang menggunakan pemrograman komputer atau keterampilan teknis untuk memecahkan berbagai masalah dalam sistem komputer.

Sejauh ini, ada tipe peretas yang baik dan buruk, dan ada orang-orang di antaranya. Lihat berapa banyak jenis peretas yang ada di sekitar Anda.

  • White Hat Hacker

White Hat Hacker adalah jenis hacker profesional dengan keahlian di bidang keamanan siber (cybersecurity). Mereka biasanya bersertifikat resmi dan diberi wewenang untuk meretas sistem.

White Hat Hacker bekerja untuk pemerintah atau organisasi sehingga dapat menyusup ke sistem secara legal dan meretas kerentanan keamanan siber suatu organisasi. Tugas White Hat Hacker adalah menguji tingkat keamanan cyber dalam perusahaan, mengidentifikasi kerentanan, dan memperbaikinya untuk mencegah serangan dari sumber eksternal.

Hacker ini beroperasi berdasarkan peraturan pemerintah atau lembaga serupa yang mempekerjakannya. Oleh karena itu, White Hat Hacker disebut juga hacker etis.

  • Black Hat Hacker

Black Hat Hacker juga merupakan ahli komputer yang berpengetahuan luas namun memiliki niat yang salah. Mereka menyerang untuk mengakses sistem lain tanpa izin resmi. Intrusi yang berhasil ke dalam sistem dapat mengakibatkan pencurian data atau kerusakan sistem.

Mereka kemudian menjual data dan resource yang dicuri di black market atau memeras perusahaan atau lembaga yang menjadi sasaran. Teknik hacking yang digunakan oleh hacker jenis ini berbeda-beda tergantung pada keterampilan dan pengetahuan hacking individu. Black hat hacker biasa juga disebut dengan cracker.

  • Gray Hat Hacker

Para ilmuwan mengkategorikan jenis-jenis hacker berdasarkan maksud dan tujuannya saat melakukan hacking. Peran grey hat hacker terletak di antara black hat hacker dan white hat hacker. Dia melakukan hacking dengan niat baik dan niat buruk.

Namun, secara umum tujuan dari grey hat hacker adalah keuntungan pribadi. Dia meretas sistem komputer tanpa izin untuk mengidentifikasi kelemahan sistem dan mengkomunikasikannya kepada pemilik sistem.

  • Script Kiddies

Script Kiddies Hacker merupakan salah satu dari sekian banyak jenis hacker yang tergolong amatir dalam bidang hacking. Mereka mencoba meretas sistem Anda menggunakan skrip dari sesama peretas lainnya.

Script kiddies berupaya meretas sistem, jaringan, atau situs web untuk menarik perhatian hacker lain. Bahkan script kiddies hanyalah remaja tanpa pengetahuan luas tentang proses hacking. Salah satu tipe peretasan standar yang dilakukan script kiddie adalah serangan DoS (Denial of Service) atau DDoS (Distributed Denial of Service).

  • Blue Hat Hacker

Sama seperti script kiddies, Blue Hat Hacker tidak punya niat untuk belajar dari awal. Mereka menggunakan aktivitas hacking mereka sebagai senjata untuk mendapatkan popularitas di kalangan hacker lainnya.  Mereka bersaing dan melakukan hack untuk mengalahkan lawannya. Blue Hat Hacker terbilang cukup berbahaya tanpa pengetahuan yang memadai mengenai niat di balik aktivitas mereka.

  • Green Hat Hacker

Green Hat Hacker adalah salah satu hacker yang mempelajari panduan hacking. Mereka sedikit berbeda dari script kiddies karena maksud dan tujuan mereka adalah belajar bagaimana menjadi seorang hacker yang handal. Green Hat Hacker mencari kesempatan untuk belajar dari hacker berpengalaman agar mereka dapat berpartisipasi dalam hacking secara profesional.

  • Red Hat Hacker

Red Hat Hacker adalah sinonim dari istilah “Eagle-Eyed Hacker”. Red Hat Hacker adalah jenis peretas yang mirip dengan white hat hacker. Tujuan dari hacker ini adalah untuk menghentikan serangan hacking yang dilakukan oleh cracker dan black hat hacker.

Perbedaan red hat hacker dan white hat hacker terletak pada proses hackingnya yang mempunyai tujuan sama. Red Hat Hacker bisa sangat kejam ketika berhadapan dengan black hat hacker dalam hal menangkal malware. Hacker ini melanjutkan serangannya dan pada akhirnya mungkin mengharuskan Anda membangun kembali seluruh sistem keamanan Anda.

  • State/Nation Sponsored Hackers

Pemerintah atau lembaga penting merekrut hacker untuk mendapatkan informasi tentang negara lain. Hacker jenis ini disebut peretas yang disponsori negara (State/Nation Sponsored Hackers).

Para hacker ini menggunakan pengetahuan mereka untuk memperoleh informasi rahasia dari negara lain guna bersiap menghadapi ancaman di masa depan terhadap negara mereka. Informasi rahasia membantu negara dan hacker untuk melacak situasi apa pun dan menghindari bahaya langsung.

  • Hacktivist

Tidak seperti State/Nation Sponsored Hackers, hacktivist bertujuan untuk meretas situs web pemerintah. Mereka terdiri dari individu atau kelompok hacker anonim yang tujuan utamanya adalah menyamar sebagai aktivis dan mendapatkan akses ke situs web dan jaringan pemerintah. Data pemerintah yang diperolehnya digunakan untuk kepentingan politik atau sosial pribadi.

  • Whistleblower

Berbagai jenis peretas yang disebutkan di atas, hacker ini mencakup individu yang bekerja dalam suatu organisasi untuk membocorkan informasi rahasia. Maksud atau tujuan whistleblower mungkin didasarkan pada dendam pribadi terhadap suatu organisasi atau individu.

5 Tips Mudah Mencegah Serangan Hacker

Bagi pemilik website, bayangkan semua kerja keras yang Anda lakukan untuk membangun website impian Anda diubah atau dihancurkan sepenuhnya oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Apa yang lebih menakutkan daripada melakukan itu? Bila ada ancaman hacker, Anda dapat mencegah serangan hacker di Hosteko versi selanjutnya dengan beberapa langkah sederhana.

  • Install plugin security

Jika Anda menggunakan sistem CMS untuk membangun situs web Anda, Anda dapat meningkatkan kinerja situs web Anda dengan menggunakan plugin keamanan yang secara aktif mencegah upaya peretasan pada situs web Anda. Setiap jenis CMS juga memiliki plugin keamanan gratis. Misalnya, CMS WordPress memiliki plugin seperti fail2Ban, iThemes Security, Wordfence, Sucuri, dan lainnya.

  • Gunakan HTTPS

HTTPS sangat penting untuk mengamankan sebuah website dari serangan hacker karena menandakan bahwa sebuah website itu aman untuk menyediakan informasi keuangan pada halaman web tertentu. HTTPS adalah HTTP yang diautentikasi SSL. Website HTTPS dengan SSL juga dapat meningkatkan kepercayaan brand bagi seluruh pengguna website.

  • Perbarui Platform Website atau Aplikasi

Untuk mencegah situs web Anda menjadi sasaran hacker, pastikan CMS, plugin, aplikasi, dan skrip yang Anda pasang selalu up-to-date. Banyak dari alat ini dirancang sebagai program perangkat lunak open source, sehingga kodenya mudah diakses oleh pemrogram dan peretas yang bermaksud baik.

  • Pastikan Gunakan Password yang Kuat

Coba buat password program yang sangat kuat. Buatlah password yang panjang dengan kombinasi karakter khusus, angka, dan huruf sesuai kebutuhan. Hindari juga password yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama sendiri.

  • Lakukan Prosedur Backup Otomatis

Skenario terburuk dari serangan hacking adalah Anda lupa melakukan pencadangan dan kehilangan semua data dan resource program. Cara terbaik untuk melindungi sistem Anda adalah dengan memiliki data cadangan terkini. Sama seperti hosting Hosteko dengan sistem cloud backup dan data restore yang berjalan rutin setiap 3 hari sekali.

Jadi, Apakah Hacker Hanya Menyesatkan Orang Pintar?

Singkatnya, hacker adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan luas di bidang teknologi dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah. Namun, tipe peretas di sekitar Anda akan bergantung pada metode dan tujuan mereka dalam “mengatasi masalah”. Anda sudah paham, bukan?

Sesuai dengan judul artikel ini, tidak semua jenis peretas meretas sistem untuk tujuan jahat. Lihatlah white hat hacker. White hat hacker membantu bisnis dan lembaga pemerintah mengidentifikasi kerentanan di jaringan mereka yang berisiko diretas oleh peretas jahat.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

17 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

23 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago