HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Membuat Iklan di Twiter

Iklan Twitter memberi peluang bagi suatu brand untuk mempromosikan produk mereka dan menjangkau lebih banyak pengguna baru. Jenis iklan Twitter yang umumnya sederhana dan tidak ada biaya minimum bisa menajdi bahan pertimbangan kamu untuk beriklan di Twitter.

Nah, kali ini Hosteko akan memberitahu cara membuat iklan di Twitter yang ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan. Bagaimana caranya? Yuk, langusng saja simak penjelasannya berikut ini!

Jenis Iklan Twitter

Sebelum mempelajari cara membuat iklan di Twitter, berikut adalah jenis-jenis iklan Twitter yang perlu kamu ketahui untuk menentukan tujuan dan strategi pemasaran brand.

Tweet iklan sangat mirip dengan Tweet biasa. Bedanya, kamu harus membayar agar konten kamu muncul di timeline audiens yang belum mengikuti akun kamu. Tweet iklan akan memiliki label “Sponsored” di sudut kiri bawah Tweet.

Akun Twitter yang dipromosikan akan muncul di timeline pengguna yang berpotensi mengikuti akun kamu, hasil pencarian, dan Who To Follow. Akun iklan diberi label “Sponsored” dan memiliki tombol “Follow”.

Pengguna Twitter dapat berinteraksi dengan tren yang diiklankan dengan cara yang sama seperti mereka berinteraksi dengan topik tren lainnya. Bedanya, akan ada label “Sponsored” untuk audiens yang menjadi target. Promoted trend akan muncul list pertama Trends for you, tab pencarian, dan timeline. Promoted trends bisa juga muncul dalam bentuk video dan GIFs.

Moments Twitter adalah kumpulan Tweet yang menceritakan sebuah kisah. Dengan promoted moments memungkinkan kamu berbagi iklan cerita yang panjangnya lebih dari 280 karakter di Twitter.

Automated Ads

Jika kamu baru mengenal Iklan Twitter dan tidak yakin berapa biayanya, cobalah Twitter Promote Mode. Twitter Promote Mode secara otomatis mempromosikan Tweet dan profil brand kamu.

Cara Membuat Iklan di Twitter

Setelah mempelajari jenis-jenis iklan di Twitter, berikut lima langkah membuat iklan di Twitter.

Membuat Akun Twitter untuk Beriklan

Cara membuat iklan di Twitter yang pertama adalah dengan membuat akun iklan terlebih dahulu. Masuk ke akun Twitter kamudan kunjungi ads.Twitter.com. Kemudian masukkan negara dan zona waktu lalu klik Let’s go.

Selanjutnya, masuk ke Twitter Ads Manager, yang memiliki beragam fitur yang memungkinkan kamu melacak dan menganalisis metrik dari campaign iklan.

Pilih Tujuan Beriklan di Twitter

Setelah kamu membuat akun, langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan campaign untuk memutuskan jenis iklan dan engagement yang akan kamu bayar. Berikut beberapa tujuan beriklan di Twitter:

Awareness

Reach: Promoted Tweet yang dilihat oleh banyak audiens. Kamu akan dikenakan biaya per 1.000 tayangan.

In-stream video views: Menampilkan iklan di awal video milik mitra Twitter. Kamu akan dikenakan biaya untuk setiap penayangan video.

Consideration

Video views: Menampilkan video atau GIF Anda kepada audiens. Kamu akan dikenakan biaya untuk setiap penayangan video.

App installs: Menginstall aplikasi. Kamu akan dikenakan biaya untuk setiap aplikasi yang terinstall.

Website clicks or conversions: Mengakses website kamu. Kamu akan dikenakan biaya per klik.

Engagement: Maksimalkan keterlibatan dengan tweet yang kamu promosikan. Kamu akan dikenakan biaya per engagement, namun hanya untuk engagement pertama dengan setiap audiens.

Followers: Menambah pengikut Twitter. Kamu akan dikenakan biaya pada setiap pengikut baru.

Conversion

App re-engagement: Mendorong audiens untuk membuka dan menggunakan aplikasi yang diinstal sebelumnya. Biaya yang dibayarkan adalah per klik aplikasi.

Contoh pembuatan iklan di Twitter ini menjelaskan campaign untuk meningkatkan pengikut dan menciptakan audiens baru untuk akun kamu. Setelah mengklik followers dan masuk ke halaman Campaign setup, kamu akan mengisi nama campaign, metode pembayaran, biaya, dan jadwal siaran iklan.Kemudian klik Next.

Pilih Kategori dan Penawaran (Bidding)

Cara membuat iklan di Twitter selanjutnya adalah dengan menentukan kategori dan penawaran iklan di halaman Ad group setup. Kamu harus memilih beberapa kategori iklan sehingga kamu dapat menargetkan audiens, konten iklan, biaya, dan waktu yang berbeda.

Di halaman ini, masukkan biaya yang ingin kamu keluarkan untuk setiap interaksi. Jika kamu memilih penawaran otomatis, Twitter akan menetapkan penawaran untuk memndapatkan hasil terbaik dengan harga terendah berdasarkan anggaran kamu.

Menargetkan Audiens

Menargetkan audiens Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, bahasa, dan teknologi yang digunakan juga merupakan kunci kesuksesan. Bagian Audience features memungkinkan kamumenargetkan iklan ke audiens dengan minat tertentu, seperti event, perilaku, atau bahkan kata kunci atau acara TV yang mereka tweet.

Kamu juga dapat mengunggah daftar email untuk menargetkan audiens yang mirip dengan pengikut kamu. Kemudian klik Next.

Penempatan Iklan

Cara terakhir untuk membuat iklan di Twitter adalah menentukan tempat untuk beriklan. Klik “Next” di sisi kanan layar. Di halaman berikutnya, klik Launch campaign dan iklan kamu siap ditampilkan.

Tips Beriklan di Twitter

Setelah kamu memahami cara membuat iklan di Twitter, penting juga untuk mengetahui tips beriklan di Twitter agar campaign marketing kamu sukses. Berikut beberapa tips untuk beriklan di Twitter:

Bisnis dan Brand Harus Jelas

Saat mempromosikan konten, target audiens kamu mungkin belum mengetahui brand kamu. Jadi, jelaskan tentang bisnis kamu melalui foto, video, dan copy yang akan diiklankan. Dorong audiens untuk mengikuti akun kamu dengan membuat deskripsi dan profil yang jelas dan menarik.

Akun bisnis yang terverifikasi menjadi nilai tambah karena memungkinkan audiens mempercayai brand kamu.

Copy yang Singkat dan Menarik

Meski dalam satu kali post kamu bisa menulis hingga 280 karakter, tetapi kamu harus tetap membuat copy yang menarik dan to the point karena audiens biasanya akan  menelusuri timeline dengan cepat. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan CTA yang menarik dan URL yang disingkat.

CTA yang Jelas

Iklan yang bagus adalah iklan yang dapat meyakinkan audiens untuk mengambil tindakan yang kamu harapkan. Gunakan CTA yang jelas, seperti ajakan untuk follow, klik link website, atau aplikasi.

Persentase Diskon

Jika bisnis kamu menawarkan diskon pada suatu produk, sebaiknya gunakan persentase diskon dalam iklan kamu. Karena audiens lebih cenderung mengklik iklan yang menawarkan diskon daripada menuliskan hemat sekian rupiah.

Gambar dan Video Berkualitas

Pastikan semua gambar dan video yang kamu iklankan memenuhi ukuran spesifik Twitter, jelas, dan menarik perhatian audiens. Selain itu, semua gambar dan video juga harus terkait dengan materi iklan.

Nah, itulah cara membuat iklan di Twiter. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

16 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

22 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago