HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Wordpress

Keuntungan Menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP) untuk Loading Website

Loading website akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung website. Kecepatan website harus di perhatikan, karena kecepatan website yang baik akan menaikkan rangking website pada mesin pencari. Sebaliknya, jika loading website  lambat, maka jumlah pengunjung akan berkurang dan tentu traffic rangking website juga akan menurun. Adapun cara yang dapat di lakukan ketika loading website lambat yaitu hindari penggunaan JavaScript yang terlalu banyak, agar website tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dibuka dan mengunakan AMP.

Accelerated Mobile Pages Atau AMP merupakan suatu teknologi terbaru dari Google yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan website. Ketika visitor mengunjungi website anda, proses loading website anda akan menjadi cepat. AMP telah dipakai lebih dari 200 publisher termasuk WordPress.com dan di beberapa platform populer lainnya.

Keuntungan Menggunakan AMP

 1. Mempercepat Waktu Loading

Suatu ketika, kita sudah membuat suatu konten yang dirasa baik dan berkualitas, namun konten tersebut tidak banyak diakses oleh pengunjung. Kemungkinan yang terjadi adalah waktu loading website yang lama, utamanya saat diakses melalui browser mobile.

Setiap pengunjung website menginginkan repon yang cepat dari website yang diakses. Jika loading lama, pengunjung bisa saja membatalkan kunjungannya. Dengan menggunakan AMP, kita bisa mempercepat waktu loading website.

2. Meningkatkan Rangking Website

Dengan waktu loading konten yang lebih cepat, pengunjung akan lebih mudah mengakses konten-konten pada website anda. Semakin banyak orang yang akan mengunjungi website anda. Hal ini akan meningkatkan penilaian website anda oleh Google, sehingga akan meningkatkan ranking website.

3. Meningkatkan Visibilitas Website

Website yang menggunakan AMP akan memiliki tampilan yang beda pada pencarian Google. Biasanya, terdapat tanda petir pada sebelah kanan domain website. Hal ini menandakan bahwa website tersebut memakai AMP dan akan memiliki waktu loading yang lebih cepat.

Menggunakan AMP Pada WordPress

 Kita dapat menggunakan Plugin “AMP” pada WordPress. Untuk menginstall plugin tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya

1. Masuk ke dashbrod WordPress, klik menu “Plugin”, kemudian pilih “Add New”, lalu cari AMP pada kolom pencarian plugin. Setelah plugin ditemukan, Klik “Install Now”.

2. Setelah AMP terinstal, buka menu “Appearance”, kemudian klik AMP. Kita bisa mengatur tampilan AMP dari sini.

3. Setelah melakukan pengaturan di menu Appearance, pastikan AMP nekerja dengan baik pada situs anda. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan “/amp” di akhir link halaman yang ingin dilihat.  Jika muncul tampilan website anda dengan tampilan yang minimalis, artinya plugin AMP telah sukses diinstal dan website akan memiliki waktu loading yang lebih cepat.

 

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Sallu Warni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

9 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago