HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Klasifikasi Produk sesuai Kebutuhan Konsumen

Sebuah bisnis tidak bisa lepas dari kegiatan produksi produk. Tentunya produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan banyaknya produk yang dibutuhkan konsumen inilah muncul istilah klasifikasi produk berdasarkan berbagai kategori.

Menurut William J. Stanton, klasifikasi produk terdiri dari komponen-komponen seperti harga, kemasan, warna perusahaan, dan kualitas. Selain itu, Stanton juga menambahkan bahwa reputasi penjualan dan pelayanan juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari klasifikasi produk.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai klasifikasi produk. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu Klasifikasi Produk?

Klasifikasi produk dapat diartikan sebagai pengaturan produk menjadi empat kategori berdasarkan perilaku pembelian konsumen dan kesamaan dengan produk lain dan merek pesaing. Dengan mengklasifikasikan produk ke dalam berbagai kategori akan membantu pelaku usaha memutuskan strategi dan metode yang sesuai untuk mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan.

Adapun klasifikasi barang konsumsi untuk keperluan rumah tanggan atau perorangan dapat di masukan dalam empat kategori, yaitu convenience goods, shopping goods, speciality goods, dan unsought goods.

 Convenience Goods

Convenience goods adalah barang yang dibeli konsumen berulang kali dan tanpa ragu-ragu. Yang mana ketika konsumen sudah nyaman menggunakan salah satu produk, biasanya mereka akan tetap menggunakan produk tersebut.

Bagi para pelaku usaha, seperti kamu, kamu harus ingat bahwa kebanyakan orang membeli produk ini secara impulsif. Jadi, kamu bisa menempatkan produk kamu di dekat kasir. Tujuannya agar membuat rasa penasaran konsumen terhadap produk kamu meningkat, hingga mereka membelinya.

Shopping Goods

Shopping goods adalah komoditas yang mungkin kamu pikirkan ketika mendengar kata “belanja”. Dalam praktiknya, shopping goods lebih menjurus ke pembelian satu kali. Untuk produknya bisa berupa barang-barang mewah, seperti mobil, rumah, atau barang-barang kecil seperti pakaian dan elektronik. Sehingga konsumen biasanya akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk meneliti, membandingkan harga, dan berbicara dengan penjual ketika ingin membeli produk tersebut.

Untuk strategi pemasarannya kamu harus menunjukkan bahwa produk kamu berbeda dari pesaing dan terdapat nilai tambah unik yang diberikan kepada konsumen. Dan pada akhirya, memasarkan produk akan membantu konsumen memahami mengapa mereka harus memilih produk kamu daripada produk pesaing.

Specialty Goods

Specialty Goods adalah satu-satunya produk dari jenisnya di pasar. Sehingga konsumen tidak perlu membandingkan atau menimbang produk tersebut dengan produk lain. Kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk meyakinkan konsumen bahwa produk kamu berbeda dari pesaing sebab mereka sudah tahu kalau produk kamu berbeda dari yang lain.

Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah fokus untuk terus berinovasi pada produk dan menghasilkan “hal terbaik berikutnya”. Ini akan memastikan pelanggan akan tetap setia pada produk kamu.

Unsought Goods adalah produk yang umumnya tidak disukai orang dan tidak dibeli secara spontan, seperti alat pemadam kebakaran, baterai, atau asuransi jiwa. Misalnya, kosumen akan membeli alat pemadam kebakaran karena taku akan potensi kebaran. Atau konsumen hanya akan membeli bateri jika baterai dari produk lama sudah habis.

Nah, itulah beberapa kategori produk dari barang konsumsi. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

1 day ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

1 day ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago