HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Motherboard Sistem untuk Menjalankan Komputer

Motherboard merupakan salah satu komponen utama komputer. Ini berfungsi sebagai “tulang belakang” atau papan sirkuit utama yang menghubungkan dan menyatukan berbagai komponen perangkat keras dalam sistem komputer. Motherboard adalah platform yang memungkinkan perangkat keras yang berbeda untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Motherboard memiliki berbagai slot dan konektor yang memungkinkan Anda menghubungkan berbagai komponen seperti prosesor (CPU), kartu grafis (GPU), modul RAM, kartu suara, kartu jaringan, dan perangkat penyimpanan lainnya seperti hard drive dan SSD. Motherboard hadir dalam berbagai ukuran dan fitur tergantung pada tipe dan kelasnya. Memilih motherboard yang tepat penting untuk memastikan kompatibilitas dan kinerja optimal seluruh sistem komputer.

Apa Itu Motherboard?

Motherboard merupakan salah satu komponen rangkaian komputer, komponen ini disebut dengan motherboard. Motherboard adalah komponen utama dari lini CPU. Motherboard dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai main board atau papan utama. Motherboard, juga dikenal sebagai mainboard , adalah sirkuit tercetak yang menghubungkan semua komponen lainnya. Ada berbagai lokasi untuk potongan kecil RAM (Random Access Memory) dan adaptor. Di sana prosesor dicolokkan. Motherboard telah melalui banyak evolusi yang berbeda, dengan konsekuensi perkembangan pada tingkat komponen.

Dimana perkembangannya akan sangat mempengaruhi mekanisme pengoperasian suatu perangkat menjadi lebih canggih. Motherboard atau sering disingkat MB adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang dilengkapi dengan slot-slot untuk komponen-komponen lainnya, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubung dan bekerja sama dengan baik. Motherboard berfungsi sebagai hub dan konektor bagi komponen lain untuk mengoperasikan komputer.

  1. Processor

Prosesor atau unit pemrosesan pusat adalah sebuah chip tunggal yang berisi semua elemen yang diperlukan untuk menafsirkan dan menjalankan semua instruksi program dalam bentuk manipulasi data, operasi logika dan aritmatika, optimalisasi dan pengendalian sistem sinkronisasi. Prosesor adalah sirkuit terpadu yang mengontrol seluruh pengoperasian sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak  komputer.

 Prosesor dipasang pada soket berbentuk persegi yang disebut soket atau dalam bentuk tipis memanjang yang disebut slot, namun slot  jenis ini sudah tidak digunakan lagi. Terdapat dua jenis soket pada motherboard yaitu PGA dan LGA. PGA adalah jenis soket prosesor yang memiliki lubang kecil untuk memasukkan pin ke bagian bawah prosesor. Sedangkan LGA memiliki pin kecil pada permukaan soketnya dan CPU yang digunakan memiliki permukaan bawah yang rata.

  1. Chipset

Menggunakan PCI bersama-sama memungkinkan  CPU beroperasi lebih efisien, bertransaksi PCI dan ISA dengan lebih baik, menghadirkan kinerja multimedia yang lebih cepat dan lancar. Chipset IC  biasanya memiliki bentuk persegi pada bodinya. Namun, ada juga kotak yang lebih kecil dengan sudut tumpul di setiap  ujungnya  membentuk segi delapan, yang lebih tipis dan  juga memiliki kaki yang terlihat.

Pada motherboard terdapat dua buah chipset yaitu chipset Northbridge  yang terhubung langsung dengan prosesor komputer dan mengontrol memori yang menyediakan akses cepat dari CPU ke memori, bus PCI (koneksi komponen periferal), cache level 2  dan segala aktivitas di slot kartu grafis. Sedangkan chipset Southbridge mengacu pada periferal dan pengontrol yang tidak begitu penting, seperti EIDE dan pengontrol port serial.

  1. RAM

RAM menggunakan modul multi-channel yang menghasilkan kecepatan  optimal ketika menggunakan dua atau lebih chip RAM. Dual channel untuk menggunakan dua chip RAM dalam dua slot, triple channel untuk menggunakan tiga chip RAM, dan quad channel untuk empat chip RAM. Penggunaan multi-channel tergantung pada jenis motherboard yang digunakan, karena beberapa motherboard hanya mendukung dual-channel meskipun memiliki empat slot RAM.

  1. VGA

VGA, kepanjangan dari Video Graphics Adapter, merupakan standar tampilan komputer analog yang  pertama kali dirilis secara komersial oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak digunakan lagi  karena sudah digantikan dengan standar yang lebih baru, namun VGA tetap diterapkan di Pocket PC. VGA adalah standar grafis terbaru yang digunakan oleh sebagian besar produsen kartu grafis.

Monitor Windows selalu menggunakan mode VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. Ada dua jenis VGA, yaitu VGA terintegrasi. VGA terintegrasi menggunakan RAM sebagai memori VGA, disebut juga memori bersama. Sedangkan VGA Add-On VGA  terpisah dari motherboard dengan antarmuka seperti PCI atau AGP yang sudah memiliki GPU dan memori tersendiri.

  1. Power Supply Unit

Power Supply Unit  (PSU) adalah  perangkat yang memberi daya pada semua komponen komputer. Ada dua jenis PSU berdasarkan manajemen kabel, yaitu  DNA  modular dan non-modular. Power supply modular merupakan jenis power supply yang kabelnya dapat dilepas sesuai port yang sesuai untuk pemasangan kabel yang lebih rapi. Sedangkan PSU non-modular adalah PSU biasa yang kabel-kabelnya dihubungkan melalui satu lubang.

Model motherboard

  1. Sistem backplane

Komponen yang biasa ditemukan pada motherboard adalah adaptor on-board yang dicolokkan ke slot. Sistem backplane hadir dalam dua bentuk:  pasif dan aktif . Desain pasif berarti  panel kontrol utama tidak memiliki sambungan listrik  selain konektor bus dan mungkin beberapa sambungan untuk sistem penggerak. Dalam bentuk aktifnya, panel kontrol berisi semua  komponen motherboard klasik kecuali prosesor. Keuntungan dari sistem backplane adalah dapat dengan mudah diupgrade dengan prosesor baru dan atribut lainnya  hanya dengan mengganti board, namun upgrade seringkali lebih mahal.

  1. Ukuran Penuh

IBM asli di Motherboard Design. IBM memperkenalkan IMB PC pada (Teknologi Advanced Computer Pribadi).Segera, komponen yang lebih kecil mulai dikembangkan, sehingga mengurangi kebutuhan akan motherboard berukuran besar.

  1. Ukuran kecil

Dapat sepenuhnya menggantikan motherboard ukuran penuh  dan dapat ditempatkan di berbagai casing. Karena keserbagunaannya, model motherboard baby-on adalah model yang paling populer hingga awal tahun 1996, ketika desain motherboard ATX berkembang, menjadi lebih bertenaga dan canggih, tidak dapat diganti secara langsung.

  1. LPX

Model motherboard LPX adalah desain semi-eksklusif yang awalnya dikembangkan oleh Western Digital pada tahun 1987 untuk beberapa motherboard mereka. Fitur yang paling jelas adalah  slot ekspansi tambahan yang terletak pada panel terangkat yang dihubungkan ke motherboard. Slot terletak di  satu atau kedua sisi yang terangkat, bergantung pada sistem dan desain casing.

  1. NLX

Sistem motherboard NLX dihubungkan ke  kartu riser tidak seperti sistem LPX yang mana  kartu dihubungkan ke motherboard. Perangkat yang biasanya terhubung ke motherboard akan dihubungkan ke riser board.Oleh karena itu, motherboard dapat dikeluarkan dari sistem tanpa mempengaruhi riser card atau kartu ekspansi  di dalamnya.

  1. BTX

Model motherboard BTX tidak kompatibel dengan  ATX atau model lainnya. Konektor input atau output di bagian belakang mirip dengan model BTX dan model ATX tetapi  berada di sisi lain motherboard. Beberapa produsen besar bahkan tidak pernah mulai memproduksi sistem BTX dan hanya berfokus pada sistem berbasis ATX.

  1. ATX

Bentuk ATX pada dasarnya adalah desain baby-AT yang diputar 90 derajat. Slot ekspansi kini sejajar dengan sisi  pendek  motherboard dan tidak mengganggu terminal CPU, memori, dan input/output.

Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. Papan circuit ini menyatukan banyak komponen penting komputer. Tanpa motherboard, komponen penting seperti prosesor, RAM, dan konektor input dan output tidak akan dapat berkomunikasi satu sama lain. Motherboard modern ditemukan jauh setelah komputer pertama. Komputer awal cenderung menjadi mesin yang lebih sederhana, tidak perlu mengoordinasikan banyak proses sekaligus.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

37 mins ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

2 hours ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

2 hours ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

3 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago