HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Solusi Tepat Kompres Videomu dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda berencana menjadi YouTuber atau pembuat konten video? Anda perlu mengetahui cara mengompres video online tanpa mempengaruhi kualitas video secara signifikan. Ukuran video yang lebih kecil memudahkan pengunggahan ke YouTube atau website Anda.

Hal ini juga sangat berguna bagi mereka yang ingin menjadi guru atau dosen di masa depan. Pelajaran dapat direkam dan ukurannya dengan mudah dibagikan ke berbagai aplikasi seperti WA dan email. Mengetahui cara memperkecil ukuran video mudah dan tidak memakan banyak waktu. Jadi daripada berdiam diri di rumah, cobalah ilmu baru ini dan bersenang-senanglah.

Cara Kompres Video Menggunakan Aplikasi

Perlu Anda pahami, banyaknya aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran file video . Contohnya termasuk Pembuat Film, VidCompact, dan YouCut. Semua aplikasi ini ringan dan tidak memerlukan banyak waktu atau ruang penyimpanan untuk menginstalnya.

Cara Mengecilkan Ukuran dengan Aplikasi Movie Maker

Cara kompres video yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Movie Maker, aplikasi yang dibuat oleh Windows. Aplikasi ini sering digunakan untuk membuat film di komputer Anda. User interface yang disediakan oleh aplikasi ini sangat ramah pengguna dan sederhana. Bahkan orang awam pun akan dapat dengan cepat memahami fungsi aplikasi ini.

Selain dapat memperkecil ukuran video, Anda juga dapat melakukan berbagai pengeditan video. Fitur editing pada aplikasi ini antara lain memotong video, menambahkan musik, memberikan efek tampilan video, dan lain-lain. Jika Anda sudah tidak sabar mengetahui caranya, silakan simak caranya di bawah ini.

Cara memperkecil ukuran video menggunakan Movie Maker:

  • Klik dua kali untuk membuka aplikasi Windows Movie Maker.
  • Klik “Add Video” di menu dan pilih video yang ingin Anda perkecil ukurannya.
  • Klik “File” pada bilah menu
  • Klik “Save Movie” untuk memberi nama dan mengatur ukuran FPS video.
  • Klik “Save Video”.
  • Tunggu hingga proses penyimpanan video baru selesai.
  • Ukuran video otomatis diperkecil ketika proses penyimpanan selesai.
  1. Aplikasi VidCompact

Aplikasi selanjutnya yang bisa memperkecil ukuran video kamu adalah VidCompact. Aplikasi ini tersedia di smartphone Android. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan menawarkan banyak fitur video selain kemampuan kompresi video. Pastikan video Anda dalam format MP4.

Aplikasi ini memiliki interface yang user friendly dan modern sehingga memungkinkan pengguna mengakses fitur-fitur yang ditawarkannya dengan mudah. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah dapat mengkonversi ke MP4, mendukung berbagai format, serta memiliki kompresi yang canggih dan cepat. Anda tidak sabar untuk mempelajari cara mengompresi video? Cek di bawah ini ya.

Cara mengompres video dengan Vidcompact:

  • Anda perlu membuka Google Play Store di ponsel cerdas
  • Anda Ketik “VidCompact” dan klik “Search”
  • Klik “Install” untuk mendownload dan menginstal aplikasi Tunggu hingga proses selesai
  • Buka aplikasi VidCompact Pilih menu bernama “Trim & Compress”
  • Pilih ukuran video yang ingin dikompres Pilih resolusi sesuai kebutuhan Anda. Tersedia dari 240p hingga 480p.
  • Klik ikon berlabel “Compress Video” dan klik “save to Gallery”
  • Tunggu hingga proses kompresi dan penyimpanan video selesai
  1. Aplikasi YouCut

Ada juga aplikasi Android lain yang membantu dalam mengompresi video yaitu YouCut. Aplikasi dengan ikon gunting ini memiliki rating yang sangat tinggi yaitu 4,8 dari 5. Ini adalah aplikasi dengan fungsi kompresi video.

Namun, tersedia juga fitur lain yang mungkin menarik bagi pembuat video, seperti penggabungan video dan foto, trim dan split, transisi video, dan banyak lagi. Hal hebat tentang aplikasi Android ini adalah aplikasi ini gratis dan tidak mengandung tanda air apa pun. Tunggu apa lagi? Anda bisa langsung mendownloadnya dan menggunakannya untuk mengedit dan mengompresi video.

Namun ulasan kali ini hanya akan menjelaskan cara kompres video saja. Langkah-langkah kompres video.

Cara compress vide dengan aplikasi YouCut:

  • Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Anda.
  • Cari aplikasi bernama YouCut .
  • Klik “Instal” dan tunggu hingga proses download dan instalasi aplikasi ini selesai.
  • Klik Buka untuk aplikasi.
  • Klik ikon dengan tanda “+” di layar.
  • Pilih video yang ingin Anda perkecil ukurannya.
  • Layar edit akan ditampilkan.
  • Jika Anda ingin melakukan operasi pengeditan pada video, Anda dapat melakukan operasi pengeditan terlebih dahulu di layar pengeditan.
  • Setelah Anda selesai mengedit video, Anda dapat memilih kualitas video yang Anda inginkan.
  • Klik “Compress”
  • Proses pengecilan ukuran hanya memakan waktu beberapa menit, jadi harus bersabar hingga prosesnya selesai.
  • Menyimpan video ke galeri smartphone Anda

Cara Kompress Video di android

Untuk mengompres video di Android, Anda bisa menggunakan aplikasi kompresi video yang tersedia di Google Play Store. Berikut langkah lengkap kompres video di Android:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi kompresi video yang ingin Anda gunakan, seperti Video Compressor, Video Slimmer, atau aplikasi lainnya.
    Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga mendapat ulasan positif dari pengguna lain.
  2. Setelah Anda menemukan aplikasi yang sesuai, klik tombol Instal untuk menginstal aplikasi pada perangkat Android Anda. Lamanya waktu yang diperlukan untuk proses instalasi bergantung pada ukuran aplikasi dan koneksi Internet yang tersedia.
  3. Setelah menginstal aplikasi , buka aplikasi dan klik tombol “Add” atau “Select” untuk memilih video yang ingin Anda kompres. Anda juga dapat memilih video dengan cara drag and drop ke jendela aplikasi dengan mengaktifkan fitur drag and drop.
  4. Setelah Anda memilih video, pilih pengaturan kompresi sebagai berikut, Resolusi, bitrate, atau format video. Beberapa aplikasi juga menawarkan pengaturan tambahan seperti rotasi, flip, dan crop untuk mengatur video saat kompresi.
  5. Klik tombol “Compress” atau “Start” untuk memulai proses pemadatan. Proses kompresi biasanya memakan waktu jam.
  6. Setelah video berhasil dikompres, Anda dapat mengklik “Download”.

Website Kompres Video Online Paling Recomended

Mengompresi video sebenarnya paling baik dilakukan menggunakan komputer. Anda tidak perlu perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu untuk mengompres video. Anda dapat menggunakan situs online yang khusus mengompres video, seperti Clideo dan Freeconvert.

Faktanya, perbedaan nyata antara menginstal aplikasi dan menggunakan situs web online adalah apakah aplikasi tersebut melakukan lebih dari sekadar mengompresi video itu sendiri. Kamu sudah tidak sabar ingin mengetahui masing-masing langkahnya, mari simak ini.

  1. Clideo kompres video online

Cara termudah Jika Anda tidak ingin mendownload atau menginstal aplikasi untuk mengompres video, Anda bisa menggunakan Clideo. Situs web ini menawarkan kompresi video gratis. Selain kompresi video, Anda juga dapat menggunakan fitur lain, seperti penggabung video, kompresor video, pembuat meme, pemangkas video, pembuat video, pembuat tayangan slide, dll.

Untuk mengompresi video secara online, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa website yang menawarkan layanan kompresi video. Berikut langkah lengkap kompres video online:

    1. Kunjungi situs web yang menawarkan layanan kompresi video, seperti Clideo, Online Converter, atau website lainnya.  Anda dapat menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan situs web yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    2. Setelah Anda membuka website, klik tombol “Select files to upload” atau “Choose file” untuk memilih video yang ingin Anda kompres. Anda juga dapat memilih video dengan cara drag and drop ke jendela website dengan mengaktifkan fitur drag and drop.
    3. Setelah Anda memilih video, pilih pengaturan kompresi sebagai berikut, Resolusi, bitrate, atau format video. Beberapa website juga menawarkan pengaturan tambahan seperti rotasi, flip, dan crop untuk menyesuaikan video yang sedang dikompresi.
    4. Klik tombol “Compress” atau “Start” untuk memulai proses kompresi. Lama waktu proses kompresi biasanya bergantung pada ukuran dan kualitas video yang dikompres.
    5. Setelah proses kompresi selesai, Anda dapat memilih untuk mengunduh video terkompresi atau menyimpan video ke akun cloud yang tersedia di situs web.
    6. Klik tombol “Download” atau “Save” untuk mengunduh atau menyimpan video terkompresi. Anda juga dapat membagikan video terkompresi di media sosial dan platform lain menggunakan tombol di situs web.
  1. Freeconvert memperkecil video online

Jika ingin menggunakan situs online untuk memperkecil ukuran video yang Anda buat. Jangan khawatir lagi, gunakan Freeconvert, yang dapat diakses secara gratis. Kekurangan dari website ini adalah tidak menawarkan fitur lain seperti editing. Hanya format video yang dapat dikompresi dan dikonversi.

Website ini juga memiliki interface yang user friendly dan sederhana. Siapa pun dapat dengan mudah menguasai fungsi-fungsi tersebut dalam waktu singkat. Berikut cara mengompres video:

  • Ketik “freeconvert.com/video-compressor” untuk membuka situs web Freeconvert.
  • Klik ikon “Choose Files”.
  • Muncul tampilan jendela Open.
  • Pilih file video yang ingin Anda perkecil ukurannya.
  • Klik Open.
  • Anda dapat menetapkan sasaran pengurangan ukuran.
  • Klik Compress Now.
  • Tunggu hingga proses kompresi video selesai. Semakin besar ukuran video maka semakin lama pula proses kompresinya.
  • Untuk video terkompresi, klik Download MP4.
  • Jika Anda ingin mengompres video lain, klik “Compress More Video”.

Cara Kompres Video Online Gratis di Android

Banyak pengguna smartphone Android yang kini menjadi youtuber dan konten kreator. Oleh karena itulah Hosteko menyediakan aplikasi kompresi video yang paling direkomendasikan untuk pengguna Android.

  1. You Cut

    You Cut saat ini menjadi kompresor video terbaik dengan rating 4.9 di Playstore. Pada ulasan kali ini hampir seluruh pengguna merasa puas dengan hasil aplikasi kompresi video ini.

  2. Video Compressor Panda

    Aplikasi terbaik selanjutnya untuk mengompresi video adalah Video Compressor Panda. Aplikasi ini memiliki rating 4.8 dan ukurannya yang sangat kecil membuat aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna Android.

  3. Video Compressor

    Aplikasi Android selanjutnya yang perlu Anda install adalah Video Compressor. Di Play Store, Anda bisa melihat bahwa aplikasi pengecil ukuran video Android ini memiliki rating 4,7. Oleh karena itu, aplikasi ini juga dapat diandalkan.

  4. Video Dieter 2

    Video Dieter 2 adalah aplikasi kompresi video Android gratis yang memungkinkan Anda memperkecil ukuran video besar dengan cara yang ringan dan mudah. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat video slow motion dengan mudah dan cepat.

  5. Videos & Movies Compressor

    Video & Movie Compressor adalah aplikasi kompresi video online dari Sociosoftware. Aplikasi ini memberikan kemampuan untuk memperkecil ukuran video tanpa kehilangan kualitas. Jika tidak percaya, Anda juga bisa menggunakannya sendiri. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat membuka semua format video antara lain .MOV, .3GP, .MPG, .AVI, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  6. Smart Video Compressor and resizer

    Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat memperkecil ukuran hingga 70% saat mengompresi video dengan kualitas HD. Akibatnya tentu saja ukuran video akan menjadi sangat kecil dan kualitasnya pun minim.

  7. Video & Image Compressor

    Untuk mencegah Android Anda cepat kehabisan memori, Anda dapat menggunakan kompresor video dan gambar ini untuk memperkecil ukuran video Anda. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki fitur kompresi batch yang memungkinkan Anda mengompresi banyak file secara bersamaan. Ini memungkinkan Anda mengedit banyak video secara bersamaan dan memperkecil ukurannya.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengkompres video dengan bantuan website dan aplikasi. Silakan langsung dicoba sesuai keyakinan hati kalian ya, semoga membantu!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

19 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

23 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago