HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
cloud

Layanan Cloud Storage Terbaik

Saat ini banyak sekali pilihan layanan Cloud Storage yang mempunyai kelebihan masing-masing. Layanan Cloud Storage memiliki fitur dan aplikasi untuk mensikronkan data antara server sebagai tempat penyimpanan dengan komputer atau peralatan yang diintegrasi kedalamnya. Cloud Storage sangat cocok digunakan sebagai media backup data secara online, karena file atau data yang sudah diunggah ke dalam server Cloud Storage akan bersifat permanen, tidak akan hilang dalam waktu tertentu dikarenakan kadaluarsa atau expired.

Berikut ini adalah layanan Cloud Storage disertai kelebihan dan kekurangannya.

  1. DropBox

Dropbox merupakan temapt layanan yang paling diminati karena teknologi yang digunakan memberikan kemudahan dalam menyimpan data. Tidak ada batasan ukuran file yang dapat diunggah, namun semakin besar ukurannya maka semakin lama pula proses upload-nya. Tampilan yang dimiliki Dropbox ini sangat simpel sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Kelebihan:      Dropbox mampu terintegrasi dengan baik di berbagai perangkat, baik itu PC, Mac, Android, ataupun iOS. Layanan ini sangat cocok bagi Anda yang sering menggunakan berbagai macam perangkat tersebut.  Full sharing, Dropbox dapat public direct download

Kekurangan:    Kapasitas penyimpanannya kecil yaitu hanya 2 GB.

  1. Google Drive

Layanan Google Drive memberikan layanan dimana anda dapat menyimpan foto atau gambar, video, aplikasi dan segala macam jenis data di dalamnya. Selain itu Google Drive juga memiliki layanan built-in office suite sehingga anda dapat membuat dan mengedit dokumen Word, Excel, dan Power Point secara langsung. Selain itu Google Drive juga mendukung banyak aplikasi pihak ketiga seperti untuk mengirim fax ataupun memberi tanda tangan.

Kelebihan:      Mendukung pengeditan dokumen langsung ari browser. Google drive dapat membuka sampai 30 macam format file langsung dari browser. Jika anda menggunakan Gmail maka anda dapat juga dapat dengan mudah menyimpan lampiran email ke Drive dengan beberapa klik saja.

Kekurangan:   Tidak ada fasilitas share link download file untuk publik. Selain itu anda juga tidak bisa mengunggah langsung foto dari smartphone ke Googlo Drive karena anda hanya bisa menggungahnya ke Google Plus saja.

  1. OneDrive

Layanan ini mempunyai kapasitas yang paling besar untuk versi gartisannya dan harga yang murah untuk tambahannya.

Kelebihan:      kombinasi dengan program Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point. Ketika Anda membuka salah satu program tersebut, Anda akan melihat berbagai macam dokumen yang tersimpan di OneDrive pada daftar recent documents. Dengan oneDrive kita bisa langsung mengolah/mengedit data-data Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan fasilitas Ms.Office lainnya secara langsung dari browser. Versi gratis kapasitasnya lebih besar dari yang lain yaitu 7 GB.

Kekurangan:   jika anda tidak menggunakan perangkat windows, maka anda tidak akan memiliki kelebihan yang ditawarkan OneDrive.

  1. Box

Box merupakan layanan pertama yang ada untuk penyimpanan data online. Ada dua jeneis layanan yang ditawarkan yaitu pengguna umum dan pengguna bisnis.  Namun layanan ini cocok untuk para pelaku bisnis dan IT. Box menyediakan fitur untuk memberikan komentar di file pengguna lain, memberikan notifikasi ketika ada perubahan pada file dan lainnya. Selain itu Box juga memberikan anda control lebih terhadap privasi dari file yang anda simpan.

Kelebihan:      Cocok untu pelaku bisnis karena sudah dilangkapi dengan bermacam-macam fitur yang memadai dan control privasi file.

Kekurangan:   Bagi para pengguna biasa yang hanya digunakan untuk menyimpan file saja, mungkin fitur-fitur yang disediakan Box cukup mengganggu.

 

 

5/5 - (1 vote)
Fitri R

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago