HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Daftar Library CSS Animation Terbaik untuk Membuat Animasi Web

Pada artikel ini kita akan membahas tentang Library CSS terbaik untuk membuat animasi.Jika kalian ingin tahu library CSS untuk membuat animasi dengan mudah,simak artikel berikut ini :

Library CSS Animation Untuk Membuat Animasi Web

Jika ingin memasuskkan animasi ke dalam desain kalian,library animasi menjadi sumber yang bagus untuk dimiliki di radar kalian.Library CSS Animation merupakan repositori online dari pihak ketiga yang open source dan berisi file animasi yang sudah jadi.

Berikut ini daftar library CSS terbaik untuk membuat animasi :

Hover.css

Hover.css merupakan library CSS animation dengan efek hover bertenaga CSS3 untuk menghidupkan tombol,logo,tautan dan elemen UI situs web kalian.Mirip dengan Animate.css,library terdiri dari berbagai transisi 2D dan cukup cocok dengan proyek interaksi apa pun.Lebih khusus lagi,library ini digunakan saat membuat interaksi tombol UI yang menarik.Menggunakan Hover.css semudah menyalin dan menempelkan efek yang diinginkan di lembar gaya kalian atau mereferensikan seluruh lembar gaya sekaligus,kemudian tambahkan nama kelas CSS ke elemen yang ingin diterapkan.

Demikian juga banyak efek menggunakan fitur CSS3 seperti transformasi dan transisi.Penting untuk dicatat bahwa browser lama mungkin tidak mendukung fitur ini dan mungkin memerlukan perhatian ekstra untuk memastikan efek hover umpan balik masih ada.

Animate.css

Animate.css merupakan salah satu library animasi yang populer dan banyak digunakan.Library animasi ini mencakup lebih dari 77 animasi CSS siap pakai dari transisi dasar seperti Bounce dan Fade-in hingga yang lebih menggembirakan.Animasinya bagus untuk emphasis,attention-guiding hints,sliders dan home pages.

Library CSS Animation ini menawarkan kesederhanaan,ukuran yang diperkecil dan kompatibilitas lintas-browser membuatnya lebih disukai untuk situs web dan proyek seluler.Menjadi library lintas-browser,kalian tidak terbatas pada browser web tertentu dalam hal penggunaan.Animate.css juga terintegrasi dengan baik dengan pustaka dan solusi lain yang mendukung fungsi CSS.

CSShake

CSSshake merupakan library CSS animate yang berputar di sekitar membuat elemen UI goyang kalian membacanya dengan benar. Pustaka terdiri dari berbagai kelas CSS untuk memungkinkan kalian membuat elemen goyang animasi yang berbeda di seluruh proyek.Jadi,kalian tidak akan kesulitan menemukan preset ‘shake’ yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Khususnya,pola ‘shake animation’ dipopulerkan oleh iOS Apple.Ini terlihat ketika pengguna iOS memasukkan kredensial yang salah ke bidang input atau mencoba melakukan tindakan yang tidak diizinkan oleh sistem.Baru-baru ini,animasi goyang sudah menjadi standar dalam desain interaksi.Pada umumnya,animasi ini dibuat menggunakan keyframe dan properti transform.Meski terkadang mereka sulit untuk diabaikan.

Magic Animation

Magic Animation merupakan library animasi bertenaga CSS lainnya yang memiliki kekuatan magis.Library ini sangat mengesankan,menawarkan fitur dan fungsionalitas terbaik dan terintegrasi dengan baik dengan library lain seperti Animate.css.

Menggunakan preset library,kalian dapat membuat efek magis seperti TwisterInDown,vanish,swap dan banyak lagi.Demikian pula,ia memberikan efek animasi lain seperti bling,statis dan perspektif.

Secara keseluruhan,library Magic Animation adalah library animasi yang harus dicoba untuk desainer UI.Menguji preset animasi ini di halaman arahan memberi kalian ide bagus tentang apa yang diharapkan saat menggunakannya dalam proyek kalian.

Hint.css

Hint.css ditulis sebagai sumber daya CSS murni yang dengannya kalian dapat membuat tooltip keren yang dapat diakses untuk aplikasi web kalian.Library CSS animate ini memiliki ukuran file kecil yaitu hanya 1,5KB yang diperkecil dan di-gzip.Library ini merupakan library yang mudah digunakan karena tidak diperlukan konfigurasi.Library CSS ini juga telah mendukung Aksesibilitas dengan atribut aria-label dan dapat bekerja di semua browser modern.

Vivify

Vivify merupakan library animate CSS yang gratis di mana library ini dapat dibangun di atas CSS dan bekerja seperti Animate.css.Namun,library ini menawarkan animasi unik yang tidak ditemukan di tempat lain.Dengan Vivify,kalian bisa membuat animasi dari awal.Akan tetapi,hal itu membutuhkan banyak pekerjaan karena pembuatan animasi dari awal bukanlah proses paling sederhana.Dengan Vivify,kalian bisa membuat berbagai gaya animasi yang dibuat sebelumnya langsung di beranda.

Di sana kalian juga akan menemukan tautan ke repo GitHub tempat kalian dapat menarik salinan skrip terbaru.Saat ini yang dibutuhkan hanyalah file Vivify CSS di header halaman kalian dan itu akan berfungsi seperti pesona.Dengan Vivify,kalian juga dapat mengatur penundaan khusus untuk animasi kalian.Dengan cara ini,kalian dapat menentukan kapan mereka harus dijalankan dan kapan pengunjung dapat melihatnya.

Wicked CSS

Adanya CSS3,tentunya kalian dapat membuat beberapa animasi luar biasa di web menggunakan Wicked CSS.Library ini dapat bekerja di semua browser dan elemen halaman untuk mengontrol item navigasi,dropdown,tab,apa saja.Bahkan kalian dapat menghasilkan kode-kode ini secara dinamis menggunakan alat animasi.Tapi itu cukup terbatas dibandingkan dengan perpustakaan animasi yang lengkap.Wicked CSS adalah perpustakaan terbaru dari jenisnya.

Banyak dari animasi ini adalah fitur satu kali yang digunakan untuk menampilkan elemen.Library ini berguna untuk halaman dengan animasi scroll-to-view yang menargetkan elemen halaman tertentu.Tetapi,kalian juga dapat menggunakan ini untuk menampilkan atau menyembunyikan item halaman tambahan seperti menu tarik-turun,bilah pencarian,formulir pendaftaran tersembunyi dan banyak lagi lainnya.

Animista

Ada banyak sekali aplikasi web animasi CSS online,namun sangat sedikit dibandingkan dengan tingkat detail dan kemudahan penggunaan yang kalian dapatkan dengan Animista.Aplikasi web gratis ini memungkinkan kalian membuat animasi CSS khusus dengan mengklik tombol.Kalian memilih antara gerakan pra-desain seperti slide,transformasi,ayunan dan bahkan animasi bayangan.

Setelah membuat animasi,kalian dapat mengekspor kode seperti dengan generator CSS lainnya.Kecuali,kode ini jauh lebih mudah untuk digunakan dan bahkan dilengkapi dengan alat minifier bawaan.Interface dari animista mungkin terasa membingungkan pada awalnya,namun itu hanya karena banyaknya opsi yang dimiliki.

Kalian membuat animasi khusus dengan mengikuti 3 langkah utama dan menggunakan interface dari atas ke bawah :

  • Pilih gaya gerak (ayunan,geser,skala balik) dari lingkaran di atas.
  • Sesuaikan dengan berbagai jenis gerakan di bawahnya.
  • Edit opsi animasi di bilah opsi sisi kiri yang mengambang.

Proses ini dapat mengubah durasi total animasi,gaya easing,penundaan,hampir semuanya dan semuanya bekerja melalui CSS3 murni,yang membuatnya semakin mengesankan.

io

cssanimation.io merupakan kumpulan dari sejumlah besar animasi berbeda,mungkin sekitar 200 secara keseluruhan.Dengan jumlah besar itu,library ini dapat menghasilkan animasi web yang luar biasa.Jika kalian tidak menemukan animasi yang dibutuhkan di sini,maka kalian tidak akan menemukannya di mana pun.

Cara kerja library ini mirip dengan Animista.Jika sudah pernah menggunakan animista,tentu menggunakan perangkat ini bukan hal yang sulit.Misalnya,kalian dapat memilih animasi dan mendapatkan kode langsung dari situs atau kalian juga dapat mengunduh seluruh pustaka.

Angrytools

Angrytools merupakan kumpulan generator yang berbeda,yang mencakup generator animasi CSS juga.Library Angrytools mungkin tidak serumit Animista,namun hal ini cukup bagus.

Situs library CSS animate ini menyediakan beberapa fitur untuk menyesuaikan animasi,seperti durasi atau penundaannya.Kalian bisa menambahkan keyframe sendiri pada timeline yang disebut,lalu kalian bisa menulis kodenya langsung di sana atau mengedit yang sudah ada.

Aplikasi ini berisikan kumpulan demo animasi HTML5 dan CSS3 tanpa javascript,dengan berbagai bentuk dan animasi yang dapat dimungkinkan di browser hanya dengan properti CSS.Perangkat ini bisa menjadi Bootstrap Editor memiliki cuplikan kode yang telah ditentukan sebelumnya dan editor kode langsung.

 

Demikian penjelasan seputar library CSS animation terbaik yang dapat kalian coba untuk membuat berbagai animasi dalam website kalian.Semoga dapat bermanfaat !

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

19 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago