HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Manfaat dan Cara Penggunaan Google Trends untuk SEO & Konten Marketing

Sebelum kita mengetahui cara penggunaan google trends, alangkah baiknya kita tahu dulu apa itu pengertian google trends dan manfaatnya untuk SEO dan Konten marketing ya?

Ya, google trends merupakan sebuah layanan yang telah disediakan bagi para marketer  maupun pembisnis online yang ingin mencarii kata kunci /data dalam pencarian google untuk membuat konten yang menarik.  Hal ini sangat diperlukan untuk menambah informasi dengan apa yang menjadi trend saat ini.  Misalnya saja anda mengingikan pencarian topik yang paling hangat saat ini disuatu negara tertentu, maka nantinya secara otomatis google akan menampilkan informasi yang terbaru sekaligus dilengkapi gambar, sumber informasi berasal dan sebagainya.

Selain itu, google trends juga menampilkan topik yang sering muncul di halaman google news yang juga menampilkan perbandingan topik favorit dengan topik yang diminati di seluruh dunia.

Sedangkan untuk SEO (Search Engine Optimization)  sendiri merupakan upaya untuk mendapatkan peringkat pada mesin pencari untuk mendapatkan kunjungan dengan memperhatikan factor-faktor tertentu.

Dan untuk konten marketing yaitu suatu usaha untuk menarik  perhatian konsumen ke brand anda  sebagai bentuk pendekatan strategi marketing dengan membuat dan menyebarkan informasi yang informatif dan menghibur. Konten marketing membutuhkan proses yang rutin dan berjalan terus menerus dalam strategi brand marketing anda.

Nah, anda sudah tahu kan manfaat dari manfaat google trend? Selanjutnya saya akan membantu anda untuk mengetahui cara penggunaan google trend. Pertama anda harus menentukan topic topic terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya anda terfokus dengan informasi yang anda cari.

Setelah itu, anda dapat menggunakan beberapa langkah untuk mempromosikan website

  1. Cara Membuka Google Trends dengan akun google

Langkah ini sangatlah mudah, yaitu dengan membuka halaman google trends pada akun google anda.

Nah, disini anda akan melihat contoh tampilan hasil pencarian dan pada bagian bawahnya anda akan melihat kata kunci yang mengalami peningkatan.

Dihalaman ini anda juga dapat melihat tombol untuk menyaring topic berdasarkan negara, kategori, waktu dan jenis penelusuran serta anda akan mendapatkan informasi yang populer pada setiap harinya

 

  1. Membandingkan Keywords dengan menggunakan Google Trends

Adapun cara membandingkan keywords  yaitu dengan menggunakan fitur comparison yang akan memberikan perbandingan antar keywords yang berhubungan.

 

  1. Penggunaan Opsi Pencarian Spesifik pada Google Trends

Selain yang tadi saya sudah tulis, anda juga dapat mengetahui informasi apa yang dicari di YouTube dengan cara diakses pada halaman yang sama.

Pada saat anda klik youtube, maka secara otomatis tampilan grafik akan berubah tampilan menjadi data pencarian dari YouTube.

  1. Cara Mengetahui Tren Topik pada Google Trends

Dalam pencarian keywords anda dapat hubungkan dengan topic yang anda inginkan dengan menulisnya didalam  kolom “masukkan topic atau istilah penelusuran”

Misalnya saya mengetik keyword “Domain” maka akan terlihat grafik tren tersebut. Data grafik yang disajikan sesuai dengan lokasi anda saat itu sesuai dengan yang anda perlukan, serta angka yang ditunjukkan merupakan angka yang perkiraan pengguna yang melakukan pencarian dengan menggunakan keyword “Domain”

 

  1. Mengatur Jadwal Publish Content

Pengaturan jadwal publish content perlu anda atur agar website banyak dikunjungi. Misalnya untuk publish content terkait hobi maka bisa di publish pada hari Minggu, Senin atau Rabu sedangkan untuk publish promosi suatu restoran atau tempat wisata bisa dilakukan pada hari kamis.

 

Diatas merupakan Manfaat dan Cara Penggunaan Google Trends untuk SEO & Konten Marketing  Anda. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan lebih untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀

 

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Sallu Warni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

16 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

22 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago