HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)

Manfaat DMCA pada website

Pernahkah anda membuat website? Berapa jumlah orang yang sudah mengunjunginya? Sudahkah anda membuat konten yang berkualitas?

Ya, bagi anda pemilik website, pasti sering membuat konten menarik untuk website anda kan? Tapi, pernahkah anda mengalami ada pihak lain yang menggunakan konten anda tanpa izin?

Untuk itu, anda perlu menggunakan DMCA untuk melindungi hak cipta anda .

Hak cipta terhadap karya seseorang berlaku, jika karyanya sudah memiliki wujud.

Apa itu Fair Use dan Safe Harbor?

Fair use merupakan hukum yang berlaku di Amerika Serikat dengan memperbolehkan seseorang menggunakan karya dengan hak cipta untuk keperluan terbatas tanpa izin kepada pembuatnya, sehingga mereka bebas menyampaikan pendapat.

Safe Harbor merupakan perlindungan terhadap pihak ketigas sebagai penyedia layanan internet, penyedia layanan hosting, situs berbagi file dan situs web pada umumnya yang mengizinkan pengguna mempublikasikan konten.

Apa itu DMCA?

Digital Millennium Copyright Act atau DMCA merupakan sebuah aturan yang mengatur terkait dengan pelanggaran hak cipta karya-karya digital baik dipublikasikan ataupun tidak.

Adanya DMCA akan membuat pemilik konten asli akan merasa terlindungi. Selain itu, bagi orang yang sering melakukan pelanggaran hak cipta akan merasa kuwalahan, karena harus  waspada agar website tetap aman.

DMCA berlaku tidak di Indonesia?

DCMA berlaku di Indonesia, sesuai dengan konten tersebut disimpan, sehingga apabila konten anda disimpan di server yang berada di Amerika Serikat, anda harus tunduk terhadap aturan ini. Namun, anda tidak perlu khawatir jika anda menyimpan file pada salah satu layanan hosting yang berada di luar Amerika Serikat, karena secara hukum perusahaan hosting tersebut tidak wajib menaatinya, tetapi sebagian besar mereka menghormati berlakunya undang-undang ini.

Cara Daftar DCMA

Pemasangan badge DMCS pada website atau blog anda, anda perlu registrasi di DMCA.com.

  1. Mengisi Data Diri

Klik sign up diujung kanan atas dan pilih Get a Free Badge. Isi nama depan, nama belakang dan alamat email,

  1. Memilih Logo

Pilih badge yang ingin dimasukkan kedalam blog atau website anda, sesuaikan dengan tampilan website anda.

  1. Salin Tempel Kode

copy kode embed yang terdapat disebelah kanan, lalu tempel kode pada bagian bawah website anda atau   bagian lain yang dilindungi dengan DMCA.

Konfirmasikan jika pendaftaran anda telah berhasil dan sistem telah bekerja dengan baik.

Cara mengajukan DMCA Takedown Notice

Anda dapat mengajukan dan mengeluarkan pemberitahuan penghapusan DMCA melalui takedown notice. Terdapat dua pilihan yang dapat anda lakukan, yaitu:

  1. Identifikasi Terjadinya Pelanggaran Hak Cipta

Langkah pertama yaitu setelah menemukan website yang mengambil konten anda, segera kumpulkan informasi terkait website tersebut. Hal ini mencakup provider hosting dan layanan internet, register domain, pemilik website dan informasi lain yang berhubungan dengan konten itu di publish. Jika kategori pelanggaran yang anda dapatkan termasuk kategori Fair Use, maka anda tidak bisa mengajukan takedown notice seperti kritik, komentar, pengajaran dan riset. Apabila konten hanya digunakan sebagian karya dan digunakan untuk tujuan berbeda, itu bukanlah pelanggaran hak cipta.

  1. Membuat Draft DMCA Takedown Notice

Setelah mengidentifikasi, selanjutnya anda bisa menulis draft, jangan lupa untuk membuat notice yang mencakup semua elemen yang ada di DMCA Takedown Notice. Hal ini terdiri dari subject, perkenalan anda, mengirimkan terkait informasi konten anda yang telah dilanggar hak ciptanya, melampirkan bukti copyright dan tanda tangan serta informasi konten anda.

  1. Menghubungi Provider Layanan

Anda hanya perlu mengirim DMCA takedown notice ke provider layanan internet dan meng-hosting website yang mencuri konten anda. Tunggu proses tersebut, hingga pihak yang anda beritahu akan menjalankan kewajiban sesuai ketentuan DMCA. Proses penghentian penggunaan konten akan dilakukan secara otomatis, tetapi jika tidak, anda bisa menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan permasalahan ini.

 

Diatas merupakan  artikel mengenai Manfaat DMCA pada website. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

Terima Kasih

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Sallu Warni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

23 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago