HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Memahami POP3, IMAP, dan SMTP: Panduan Lengkap dan Perbedaannya

Membedakan POP3 dengan IMAP

POP3 dan IMAP adalah protokol email masuk yang digunakan klien email untuk mengambil pesan dari server email. Klien email ini bisa berbasis aplikasi, seperti Thunderbird, atau berbasis web, seperti Gmail atau Yahoo! Meski memiliki fungsi yang sama, namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Definisi POP3

Post Office Protocol versi 3 (POP3) adalah protokol email masuk satu arah yang mendownload salinan pesan dari server email ke perangkat lokal Anda. Setelah proses selesai, protokol ini menghapus data asli dari kotak masuk server. Namun, banyak penyedia menawarkan opsi untuk membiarkan salinan asli tetap utuh sehingga pengguna dapat melihat konten yang sama saat mengakses pesan dari platform lain. Secara umum, kami menyarankan penggunaan pengaturan ini hanya menggunakan satu perangkat untuk mengakses email dan ingin melihat pesan Anda secara offline. Opsi ini juga berguna jika Anda ingin mengosongkan kotak masuk Anda yang hampir penuh. Namun, perhatikan bahwa secara default, protokol ini tidak dapat menyinkronkan konten Kotak Masuk offline dengan klien online. Oleh karena itu, jika perangkat yang menyimpan pesan Anda hilang atau rusak, semua email Anda akan hilang.

Port POP3 default untuk terhubung ke server email:

  • Port 995 – Port SSL/TLS, juga dikenal sebagai POP3S

Definisi IMAP

Internet Message Access Protocol (IMAP) adalah protokol dua arah untuk email masuk yang hanya mendownload header, bukan keseluruhan konten email. Oleh karena itu setelah diunduh, salinan email asli tetap disimpan di server untuk dibaca dan dapat diakses dari platform lain. Protokol ini menyinkronkan perubahan yang dilakukan di klien email dengan server, sehingga komunikasi terjadi dua arah. Konfigurasi ini disarankan bagi orang yang ingin memproses pesan email di beberapa perangkat. Jadi meskipun perangkat Anda rusak atau dicuri, Anda tidak perlu khawatir kehilangan pesan penting Anda. Keuntungan lain menggunakan IMAP adalah Anda dapat dengan mudah mencari pesan tertentu menggunakan kata kunci. Namun, koneksi Internet yang stabil diperlukan untuk memaksimalkan akses ke semua email yang disimpan di server IMAP Anda. Keterbatasan ruang pada akun email Anda juga dapat menyebabkan masalah pada pesan Anda, terutama jika Anda sering mengirim email.

Port IMAP default yang digunakan koneksi IMAP:

  • Port 993 – Port SSL/TLS, juga dikenal sebagai IMAPS

Apa Itu SMTP ?

Sekarang Anda mungkin sudah mengetahui tentang protokol email masuk, POP3 dan IMAP. Selanjutnya kita akan membahas protokol yang menangani email keluar. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan untuk mengirim email dari klien lokal ke alamat penerima. ​Protokol ini bekerja dengan software yang disebut agen transfer pesan (MTA) untuk merutekan email ke tujuan yang benar.

Selain mengirim email, protokol ini juga berfungsi sebagai alat keamanan untuk memfilter pesan yang diteruskan. Protokol ini menetapkan batasan jumlah pesan yang dapat dikirim dari suatu akun dalam jangka waktu tertentu.

Port SMTP default yang digunakan oleh protokol ini:

  • Port 465 – Port SSL/TLS, juga dikenal sebagai  SMTPS

Kemudian, akan dijelaskan mengenai cara kerja POP3 dan IMAP serta apa yang akan terjadi ketika anda mengirim dan menerima email.

Proses Kerja Sistem Email

Pesan email dikirim melalui setidaknya dua server SMTP utama milik pengirim dan penerima. Pertama, SMTP menghubungkan klien ke server penyedia email. Selanjutnya, SMTP memeriksa header email untuk menemukan informasi yang relevan tentang alamat pengirim dan penerima. Setelah tujuan ditentukan, server menemukan domain yang terkait dengan alamat tersebut di sistem domain. Misalnya, jika Anda mencoba mengirim pesan ke alamatpenerima@gmail.com, server akan mencari gmail.com dan mengirimkan pesan ke komputer tersebut. Server SMTP penerima kemudian mengirimkan pesan ke kotak surat server hingga pengguna yang dituju masuk ke akun email mereka. POP3 atau IMAP meneruskan pesan baru ke klien email penerima sehingga mereka dapat meninjaunya.

Kesimpulan

Dalam artikel POP3 dan IMAP ini, Anda mempelajari cara kerja protokol email. Sehingga keduanya digunakan untuk tujuan yang sama, namun dengan cara yang berbeda. Perbedaan antara IMAP dan POP3 adalah IMAP menyimpan konten email di server, sedangkan POP3 mengunduh semuanya ke komputer Anda. Selanjutnya, Anda juga mempelajari tentang SMTP dan port yang digunakan oleh ketiga komponen tersebut. Kami harap artikel ini membantu Anda memahami apa itu POP3, IMAP, dan cara kerja sistem email.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

13 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

19 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

2 days ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

5 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

5 days ago