HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Membuat Komunitas Forum Online,Begini Langkahnya

Forum online bermanfaat untuk memungkinkan komunitas virtual berkumpul untuk berbagi pengetahuan dan antusiasme.Dengan kalian menambahkan forum online ke situs web,kalian dapat sangat meningkatkan keterlibatan pengguna dan mengembangkan komunitas online kalian.Selain itu,membuat forum sangat berharga dalam meningkatkan konten situs web kalian dan menambahkan elemen kesenangan bagi pengunjung situs kalian.

Alasan Membuat Forum Online

Banyak alasan untuk membuat forum online.Anggota forum tidak sepenuhnya diidentifikasikan dengan penggemar Microsoft atau penggemar Apple.Jika kalian mencari di web,kalian akan menemukan forum berkembang yang didedikasikan untuk hampir setiap tema atau ceruk dari sejarah militer hingga desain interior.

Manfaat utama membuat forum yakni membangun komunitas seputar minat bersama.Forum Online memberikan komunitas ruang untuk bertukar ide,membandingkan pengalaman dan menikmati percakapan dengan orang-orang yang memiliki kesamaan profesi,hobi atau pandangan dunia.Forum online membuka saluran komunikasi baru antara pemilik situs dan pengunjung situs.Nawala dan komentar situs sangat bagus untuk menarik perhatian pengunjung,namun keduanya cenderung memberi penekanan pada satu sisi diskusi.

Sebuah forum,di sisi lain,memungkinkan keterlibatan pengguna yang lebih terbuka dan organik.Moderator atau admin forum memegang kendali atas platform,tetapi diskusi tingkat mata bebas untuk dikembangkan selama peserta mematuhi aturan.Terakhir,membuat forum dapat meningkatkan SEO situs kalian,seperti sumber tambahan konten situs web yang dapat diindeks oleh mesin pencari.Selama aktif dan selama anggota kalian memberikan kontribusi yang bagus dalam diskusi,forum pada dasarnya sering membuat konten berkualitas tinggi yang disukai mesin pencari.

Langkah Membuat Forum Online ?

Setelah mengetahui manfaat menambahkan forum ke situs web kalian,mari kita bahas langkah-langkah yang perlu diambil untuk memulainya. Berikut cara membuat forum online :

  • Pilih perangkat lunak forum.
  • Tentukan tema forum kalian.
  • Perjelas aturannya.
  • Dorong partisipasi aktif.
  • Promosikan forum secara teratur.
  • Tingkatkan forum menggunakan fitur khusus.

Memilih Perangkat Lunak Forum

Dapat mulai membuat forum online hanya dengan memilih software pembuatan website dengan forum.Dengan memilih pembuat forum yang terintegrasi penuh dengan situs web profesional kalian,dapat membangun minat pada situs kalian dan membuat pengunjung situs web tetap terlibat dengan proyek,organisasi atau merek kalian.

Tentukan Tema Forum

Pikirkan tentang tema spesifik yang menyatukan anggota kalian dan yang mungkin memberi mereka rasa kebersamaan bersama.Masalah apa yang penting,berguna atau menghibur di mata mereka ? Pilih topik umum yang secara luas beresonansi dengan audiens kalian,lalu siapkan berbagai utas diskusi dengan membuat kategori forum.

Menjelaskan Tentang Aturan

Sebagai admin forum,tentunya perlu mengatur nada dan menentukan perilaku apa yang dianggap pantas atau tidak pantas di komunitas kalian. Membuat postingan pengantar di mana kalian mencantumkan aturan untuk komunitas,lalu sematkan postingan ke bagian atas kategori forum.

Mendorong Partisipasi Aktif

Forum online berkembang dalam diskusi.Jika anggota kalian hanya pengamat pasif,tidak akan ada banyak tindakan yang terjadi.Kalian dapat mendorong mereka untuk berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan,mengomentari kiriman orang lain atau meminta pendapat anggota tertentu.Kalian harus memahami apa yang membuat anggota merespons,apakah itu membuka diskusi yang menarik,memulai jajak pendapat atau meninjau acara yang relevan dengan komunitas.

Kalian juga dapat mendorong pengguna untuk mengajukan pertanyaan mereka sendiri dengan membuat forum Tanya Jawab,tentunya ini membantu memperkuat komunitas forum kalian dengan memungkinkan anggota membangun diskusi secara organik dan belajar dari wawasan satu sama lain,ini merupakan cara yang berguna bagi merek untuk membuat saluran dukungan,membicarakan rilis baru dan membangun hubungan pribadi dengan pengguna.

Mempromosikan Forum Secara Teratu

Pertama kali membuat forum,kalian harus menarik anggota baru sebanyak mungkin dengan mempromosikan forum kalian di platform eksternal. Gunakan saluran media sosial pribadi atau bisnis kalian untuk menyoroti utas tertentu dan jika beberapa anggota aktif,minta mereka untuk mempromosikan forum online kalian dalam jaringan mereka.Jika menjalankan buletin,gunakan buletin itu untuk mengundang pelanggan mengunjungi forum.Kalian juga dapat mendorong keterlibatan dengan mengirimkan pemberitahuan yang memperbarui semua anggota tentang postingan baru,balasan dan suka.

Meningkatkan Forum Dengan Fitur-Fitur Khusus

Setelah mempelajari dasar-dasar cara membuat forum,kalian dapat memberikan nilai lebih kepada pengguna dengan fitur khusus yang menguntungkan bagi kalian dan komunitas.Pertama,dapat memberi penghargaan kepada peserta kalian dengan lencana anggota saat mereka beralih dari pengguna baru menjadi pakar forum.Ini meningkatkan keterlibatan anggota komunitas kalian,karena mendorong mereka untuk berpartisipasi secara konsisten dalam diskusi forum.

Kalian dapat menyesuaikan lencana agar sesuai dengan tampilan dan nuansa atau situs web kalian serta menetapkan lencana yang berbeda untuk peran berbeda (misal,guru dan siswa).Kedua,kalian bisa mendapatkan uang dari forum online kalian dengan membuat paket harga.Ini melibatkan pembatasan akses forum untuk anggota yang dipilih.Meski ada baiknya untuk membuat beberapa percakapan tetap terbuka untuk akses umum,kalian dapat menawarkan keanggotaan eksklusif ke kategori yang melayani ceruk tertentu.

Praktik Terbaik Membuat Forum

Kontribusi konten yang berkelanjutan oleh anggota forum inilah yang memberikan karakter forum.Berikut ini cara paling efektif untuk mempertahankan komunitas online yang dinamis :

  • Tetap pada jalur : Rasa minat bersama di antara peserta menjadi perekat yang mengikat komunitas kalian.Pastikan diskusi yang dimulai, pertanyaan yang diajukan dan materi visual yang kalian unggah terkait langsung dengan tema forum online kalian.
  • Jangan berlebihan : Membuat beberapa utas diskusi dengan titik fokus berbeda adalah cara bagus untuk membuat forum online,namun kalian harus berhati-hati untuk tidak menyiapkan terlalu banyak utas.Ketika terlalu banyak utas tersedia,pengunjung (terutama pengunjung pertama kali) bisa kewalahan.Terlalu banyak topik juga dapat mengarah pada situasi di mana beberapa utas hanya memiliki sedikit percakapan yang terjadi di dalamnya.Lebih baik mempersempit pilihan dan menjaga agar diskusi tetap berjalan.
  • Buat menjadi indah : Meski  forum berkembang dengan kata-kata,tampilan dan nuansanya juga penting.Pastikan forum kalian konsisten dengan desain situs web kalian secara keseluruhan,karena anggota akan merasa lebih nyaman di forum yang secara visual menyenangkan, ramah pengguna dan selaras dengan minat mereka.Dengan menyesuaikan tata letak,font,warna dan lainnya,kalian dapat mendesain forum dengan cara yang mencerminkan proyek atau merek kalian dan menarik anggota baru.
  • Jadilah admin : Sebagai administrator forum,kalian memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi secara aktif dan menyumbangkan konten sendiri ke diskusi komunitas.Bersikaplah proaktif,jawab pertanyaan,mulai percakapan dan dorong anggota komunitas untuk membagikan pemikiran mereka.
  • Selalu terinformasi : Sebagai admin,kalian perlu menunjukkan keahlian dan otoritas di bidang kalian.Mengikuti berita,perkembangan dan tren terbaru membantu kalian menambahkan konten berkualitas tinggi ke komunitas kalian dan membuat anggota tetap tertarik dengan apa yang kalian katakan.Ubah forum kalian menjadi sumber informasi yang handal dan komunitas kalian akan memberikan penghargaan dengan lalu lintas.

Mempertahankan Situs Forum Agar Kuat

Saat membuat forum online,tentu tidak hanya memikirkan konten yang ingin disertakan,tetapi juga tentang praktik yang perlu kalian hindari,kalian harus tetap waspada agar forum kalian tetap kuat.Secara teratur kalian harus memeriksa elemen-elemen berikut untuk memastikan komunitas yang aman,ramah dan positif :

  • Spammer : Konten berisi spam tidak hanya mengganggu,tapi dapat menyebabkan masalah SEO.Mesin pencari seperti Google dapat menghukum kalian untuk kiriman berisi spam di situs kalian,jika kalian tidak menyingkirkannya.
  • Troll : Kalian harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua anggota forum aman dan kalian menjamin kepada mereka untuk menjauhkan troll.
  • Konten tidak menginspirasi : Diskusi yang berlangsung di forum harus tetap menarik,menyenangkan dan memikat.Kuncinya adalah tetap berkomitmen sebagai admin forum kalian.Jika kalian secara teratur berpartisipasi dalam diskusi,mengambil pendekatan proaktif, mengangkat masalah yang relevan dan menarik dan mengakui anggota yang berharga dan berkontribusi,kalian akan memberi komunitas kalian forum yang mereka sukai.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kalin semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago