HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Membuat & Scan QR Kode Di HP Android Dan iOS

Menggunakan QR kode pengguna bisa melakukan beberapa hal seperti memasukan alamat website,app store,email & sms ke kode QR sebagai media promosi.Membuat kartu nama elektronik dalam bentuk QR Code.Membuat kode QR untuk akses jaringan Wifi di sebuah tempat dan kegunaan lainnya.

Namun untuk membuat QR kode di butuhkan cara khusus yang tidak semua pengguna smartphone mengetahui cara membuatnya.Pada artikel ini akan diberikan cara membuat QR kode,baik melalui layanan website maupun menggunakan aplikasi.Namun sebelumnya kita bahas sedikit apa itu QR Code ?

QR Code

QR (Quick Response) Code yakni sebuah kode matriks atau kode batang dua dimensi.Berbeda dengan Bar Code (kode batang) yang menyimpan data informasi item secara horizontal, QR Code (kode QR) mampu menyimpan data informasi secara horizontal dan vertical sehingga secara otomatis QR Code mampu menyimpan data informasi lebih banyak di banding Bar Code.

Jenis QR Code

  1. Static QR Code : Kode QR berisi link (tautan) ke sebuah situs web yang bersifat tetap (statis) sehingga konten QR code tidak akan bisa diubah karena berasal dari sumber media yang asli.
  2. Dynamic QR Code : Kode QR berisi tautan (link) url pendek yang nantinya akan di alihkan ke wesite lain (Asli).

Cara Mudah Membuat Dan Scan QR Code Sendiri Di Hp Android & iOS

Melalui Situs QR-Code-Generator.com

Dengan situs ini pengguna bisa membuat QR Code dari berbagai jenis file seperti file mp3,gambar,PDF,URL website,halaman facebook,teks,koneksi Wifi,sms,email,bitcoin,kartu nama virtual dan lainnya.Untuk beberapa fitur yang dimiliki situs web ini : pembuatan QR Code,melacak statistik pemindaian pada QR Code yang kalian buat,mencetak gambar QR Code dengan kualitas tinggi,berbagi akun dan lainnya.

Cara Membuat QR Code Alamat Website melalui situs QR-Code-Generator.com

  1. Buka Browser di Hp Android.
  2. Pada Kolom URL,Ketikan Alamat https://id.qr-code-generator. com dan Tekan Enter
  3. Setelah berhasil masuk halaman situs.Tentukan jenis file yang ingin dibuat menjadi kode QR,seperti URL (Alamat Website),Email,SMS,Halaman Facebook,App Store dll.
  4. Beberapa jenis QR Code yang tersedia bisa langsung di buat kode QR nya.Seperti pembuatan Kode QR pada jenis URL. Dimana kalian cukup Masukan Alamat Website yang dimiliki pada Kolom yang tersedia.
  5. Jika kalian di haruskan Mendaftar,maka daftar terlebih dahulu dengan Klik Tombol DAFTAR GRATIS.Kemudian Isi semua data yang di perlukan seperti Work Email,Password,Select Your Industry,SelectYour Print Material.Lalu Ceklis “I Agree Term Service” dan Klik Tombol Signup.
  6. Setelah Pendaftaran selesai.Klik Tombol Buat Kode QR.
  7. Akan diarahkan Ke Halaman pembuatan bingkai,shape & color dan logo pada kode QR yang kalian buat.Namun bila ingin kode QR yang original maka kalian bisa langsung Klik Tombol unduh (jpg) atau Tombol Vector (svg/eps).
  8. Selesai.Gambar QR Kode kalian pun berhasil di buat dan siap di share atau di cetak ke berbagai media promosi.

Melalui Situs QRCode Unitag.io

Situs ini membuat pengguna bisa membuat QR Code pada file yang di miliki seperti alamat situs,kartu nama,email dll.Adapun fitur yang di miliki situs ini seperti pembuatan QR Code,pemesanan NFC,iBeacon,SMS Mobile Messaging dan Pengenalan Gambar (Scan QR).

Cara Membuat QR Code Google Map Melalui Situs QRCode Unitag.io

  1. Buka Browser di Smartphone Android.
  2. Ketikan Alamat Situs https: //www.unitag.io/qrcode dan Tekan Enter.
  3. Setelah berhasil masuk ke Homepage situs.Tentukan Tipe QR Code yang ingin di buat apakah type Web & Social Network atau Other Types (calendar,text,phone,email,geolocation,wireless dll).
  4. Jika ingin membuat QR Code Google Map,Pilih Menu Other Types.Klik Tombol Geolocation dan Masukan letak Koordinat Latitude dan Longitude lokasi yang ingin dibuat kode QRnya.Untuk menentukan nilai Latitude dan Longitude dengan akurat bisa melihatnya di Google Map.
  5. Klik Tombol Confirm yang ada di bawahnya untuk konfirmasi.
  6. Munculah Kode QR yang kalian buat.Klik Tombol Download The QR Code yang ada di bawahnya untuk mengunduh gambar kode QR yang kalian buat.
  7. Klik Tombol twitter atau facebook untuk share link QR Code.
  8. Klik Tombol Download QR Code.
  9. Proses Pengunduhan QR Code pun berjalan hingga selesai.

Melalui Situs QRCode-Monkey.com

Dengan situs ini,kalian bisa membuat berbagai tipe kode QR seperti URL,Text,Phone,SMS,Email,VCard,MeCard,Location, Facebook,Youtube,Wifi dll.

Cara Membuat QR Code Wifi Melalui Situs QRCode-Monkey.com

  1. Buka Browser di Perangkat Android.
  2. Kemudian pada kolom URL kalian.Ketikan Alamat website berikut ini https://www.qrcode-monkey.com dan Tekan Enter.
  3. Setelah berhasil masuk halaman situs.Pilih Type QR Code yang ingin dibuat.
  4. Setelah tipe QR Code dipilih (contoh : Wifi).Klik Menu Enter Content.Selanjutnya masukan Wireless SSID,Password dan Encryption pada kolom yang tersedia
  5. Kalian juga bisa memilih menu di bawahnya seperti Menu Set Color (untuk merubah warna kode QR),menu Customize Design (untuk memilih bentuk dan bingkai kode QR) dan Quality (untuk menentukan qualitas gambar QR Code low atau High).
  6. Setelah semua pengaturan QR Code di pilih.Klik Tombol Create QR Code.
  7. Setelah QR Code yang dibuat Muncul.Klik Tombol Download PNG untuk mengunduh gambar QR Code atau juga bisa menyimpannya dengan format lain seperti SVG, PDF dan EPS dengan mengklik tombol yang ada.
  8. QR Code password Wifi siap untuk di bagikan kepada pelanggan setia café atau restoran yang kalian miliki sebagai layanan tambahan.

Melalui Situs QRCode Goqr.me

Situs ini memiliki beberapa fitur pembuatan QR Code dengan berbagai type seperti alamat situs,email,kontak telepon dll.

Cara Membuat QR Code Teks Melalui Situs Goqr.me

  1. Buka Browser di Hp Android.Ketikan alamat situs web http: //goqr.me/# pada kolom URL yang tersedia.
  2. Setelah berhasil masuk ke halaman situs.Pilih Tipe file yang ingin di buat QR Codenya.Seperti Type URL,Vcard, Geolocation dll.
  3. Setelah type QR Code di pilih (Contoh : Teks).Masukan Teks yang ingin di buat kode QR pada Menu Contents.
  4. Selanjutnya Scroll ke bawah dan pada Menu Live Preview klik Kotak Bertuliskan “Data?Daten?Donnes?”.
  5. Munculah Kode QR yang kalian buat.Klik Tombol Download.
  6. Munculah Halaman Download QR Code.Di sini kita bisa mengubah warna background dan forground sekaligus menentukan jumlah border QR Code kalian.
  7. Setelah semua pengaturan QR Code di tentukan.Scroll layar ke paling bawah dan Klik Tombol JPG untuk menyimpan gambar QR Kode dengan format JPG atau bisa memilih format lain seperti SVG,EPS & PNG.
  8. Proses pengunduhan QR Code pun berjalan hingga selesai.Kini QR Code Teks yang kalian buat bisa diprint atau share ke media sosial sebagai media promosi.

Aplikasi Barcode Generator

Dengan aplikasi ini pengguna bisa membuat Bar Code dan QR Code sesuai dengan yang di inginkan.

Cara Membuat QR Code Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

  1. Download dan Instal Apl ikasi Barcode Generator melalui link berikut ini https: //play.google.com/store/apps/details?id=com.blogspot.aeioulabs.barcode.
  2. Setelah berhasil di install.Buka Aplikasi Barcode Generator.
  3. Setelah Aplikasi terbuka dan berada di Homepage.Klik Tombol Plus (+) warna merah yang berada di kanan bawah layar.
  4. Muncul dua Menu yang harus di Pilih yaitu Scan Code dan Add Code.Pilih Menu Add Code untuk membuat kode baru
  5. Muncul Beberapa Code Type yang harus dipilih seperti QR Code,DataMatrix,Aztec Code,Codabar,Code39 dan Code128.Pilih Opsi QR Code untuk membuat kode QR.
  6. Pilih tipe QR Code yang ingin dibuat apakah bertipe email,text,nomor telepon,sms,wifi dan lainnya.Contoh saat ingin membuat kode QR dengan type email maka Pilih Opsi Email dan Isi Alamat Email yang tersedia dan Klik icon Centang yang berada di pojok kanan atas layar.
  7. Setelah semua data di Isi.Lalu Klik Tombol Next.
  8. Kemudian Kode QR yang kalian buat pun muncul di layar.
  9. Klik Tombol Save dan Export untuk menyimpan kode QR yang kalian buat dalam bentuk gambar.Selain itu juga bisa membagikan gambar QR Code yang kalian buat dengan cara klik tombol Share.

Cara Membuat QR Code di iOS

Pada kali ini kami akan menjelaskan cara membuat QR Code melalui perangkat iOS.Hal ini tentunya sangat berguna terlebih semakin banyaknya pengguna iPhone di Indonesia.

Pengguna harus mendownload aplikasi nya terlebih dahulu di Appstore.Adapun salah satu aplikasi yang bisa membuat kode QR di iOS yakni aplikasi QR Reader yang mana bisa digunakan untuk membuat kode QR,untuk memindai dan membaca kode QR.

Cara Membuat QR Code di iOS Menggunakan Aplikasi QR Reader

  1. Download dan Instal terlebih dahulu aplikasi QR Reader melalui link berikut ini https://apps.apple.com/us/app/qr-reader-for-iphone/id368494609
  2. Selesai di Instal Buka Aplikasi QR Reader
  3. Setelah Aplikasi terbuka. Lalu kita Klik icon berbentuk Panah ke bawah yang berada di pojok kanan atas layar
  4. Kemudian kita Klik icon QR Code yang ada di bawah layar
  5. Selanjutnya Klik Tombol Plus (+) yang ada di pojok kiri atas layar untuk memulai proses pembuatan QR Code
  6. Kemudian kita Pilih Tipe QR Qode yang ingin kita buat. Contoh QR Code jenis media sosial facebook. Maka kita bisa Memilih Opsi Profil Facebook
  7. Selanjutnya kita Klik Tombol Create
  8. Proses Pembuatan QR Code pun berjalan hingga selesai
  9. Setelah QR Code Muncul kita bisa langsung membagikannya ke berbagai aplikasi dengan cara Klik Tombol Share atau menyimpannya sebagai gambar dengan cara Klik Simpan Gambar
  10. Selesai. Kode QR buatan kita pun sudah jadi melalui perangkat iPhone

Scan QR Code Di Hp Android & iOS

Pada kali ini kami akan menjelaskan cara membaca dan Scan QR Code di Hp Android.Hal ini tentunya penting sebagai alat uji pada Scan QR Code yang baru saja dibuat.Selain itu juga bisa memindai dan melacak status barang yang sedang dalam proses pengiriman,memudahkan pendataan item saat menjalankan sebuah usaha dan kegunaan lainnya.

Cara Memindai QR Code Di Hp Android

  • Foto Kode QR yang ingin di pindai atau scan hingga foto tersebut muncul di galeri ponsel.
  • Buka Browser Hp Android.Ketikan Alamat website https://webqr. com pada kolom URL dan tekan Enter.
  • Setelah Halaman website terbuka.Muncul 2 icon Camera yang di sebelah kanan untuk memindai QR Code dengan cara memotretnya secara langsung dengan kamera ponsel sedangkan sebelah kiri untuk scan QR Kode menggunakan foto yang sudah ada di galeri ponsel.
  • Klik icon Kamera di sebelah kanan layar.
  • Kemudian Klik Tombol Pilih File.Lalu Website akan menelusuri file gambar QR Kode yang sebelumnya telah kalian foto.
  • Setelah File Gambar QR Kode di temukan,Klik Gambar tersebut agar bisa di upload dan gambar QR code tampil di dalam website.
  • Setelah Gambar masuk ke halaman situs,maka website menampilkan data informasi gambar sehingga pengguna mengetahui isi QR Code tersebut yang selanjutnya bisa mengklik link yang ada untuk menuju link website tujuan.

Cara Memindai QR Kode di Perangkat iPhone

  • Buka Aplikasi Kamera pada perangkat iPhone.
  • Arahkan Kamera pada Kode QR yang hendak di pindai.Baik yang tertempel di barang,kemasan,kertas maupun media lainnya.
  • Bila Kamera depan masih aktif harap langsung di matikan dan cukup menggunakan kamera depan saja agar gambar lebih jernih.
  • Pastikan Kode QR di posisikan berada di tengah layar kamera sehingga ke empat sudut kode QR tertangkap kamera.
  • Setelah QR Code berhasil di foto.Tunggu hingga kode QR di pindai dan muncul notifikasi di atas layar dari aplikasi safari untuk membuka halaman web atau informasi data penting lainnya yang terdapat pada QR Code.
  • Setelah notif di buka maka kalian pun sukses memindai kode QR dan jadi mengetahui apa isi dari kode QR tersebut.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu kode QR,Jenis QR Code Serta cara membuat dan memindai QR kode.Semoga artikel ini bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

13 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

17 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

1 day ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago