HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Hotspot PC dan Laptop Terbaik 2022

Di era serba digital seperti sekarang, pasti pernah berpikir buat menggunakan aplikasi Hotspot PC terbaik buat internetan dengan lebih cepat dan lancar. Hal ini tidak mengherankan karena tidak sedikit jaringan internet dari provider langganan sering “lola” dan terkadang harganya juga kurang ramah di kantong.

Meskipun begitu, kadang kalanya juga menggandalkan jaringan WiFi yang tentunya lebih hemat dibanding menggunakan kuota pada smartphone. Sayangnya, tidak semua tempat menyediakan jaringan internet tanpa kabel tersebut. Tapi, tenang saja bisa menggunakan PC atau laptop untuk membuat jaringan WiFi sendiri.

Berikut merupakan beberapa aplikasi hotspot PC dan laptop, yaitu :

1. HostedNetworkStater

Aplikasi hotspot PC windows 7 pertama yang ditawarkan ialah HostedNetworkStater. Aplikasi ini termasuk ke dalam software pembuat hotspot yang layak diinstall di perangkat PC. HostedNetworkStarter banyak direkomendasikan karena kualitasnya membuat jaringan Wi-Fi yang mumpuni.

Fitur di dalamnya pun begitu beragam dan bisa dieksplorasi oleh penggunanya. Misalnya adalah fitur menampilkan notifikasi ketika terdapat kesalahan konfigurasi jaringan Wi-Fi.

Dengan demikian, pengguna dapat mengetahui alasan mengapa akses internet tidak dapat dilakukan di perangkat PC. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan perangkat mobile seperti Android dan iPhone.

Detail HostedNetworkStater
Developer NirSoft
Platform Windows All version

iOS dan Android

Size 347.039062 KB
Harga Free

2. SeventhGate

Sevengate juga merupakan aplikasi hotspot PC windows 10 yang bisa digunakan secara gratis.. Meskipun dapat diakses secara cuma-cuma, fungsi dasarnya pun sama seperti aplikasi sejenis.

SeventhGate dapat membuat jaringan Wi-Fi yang handal untuk mengakses internet. Selain itu, terdapat pula fitur lainnya yang membuat aplikasi ini layak di-install.

Di antaranya adalah fitur sharing file, membuat private network, dan membuat LAN Game bagi mereka yang suka bermain game.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki fitur additional background yang tidak terlalu memakan ruang memori. Bagi yang suka dengan aplikasi gratisan, tentunya SeventhGate layak untuk dicoba.

Detail SeventhGate
Developer Piotr Gawron
Platform Windows All version
Versi 0.3.4422
Harga Free

3. Antamedia

Antamedia adalah aplikasi WiFi untuk PC Windonws 10 yang disebut sebagai WiFi cerdas. Antamedia sangat mumpuni untuk membuat jaringan Wi-Fi yang handal dan memiliki akses cepat.

Menariknya bisa mengakses hotspot tanpa menggunakan router atau perangkat tambahan lainnya. Antamedia juga bisa digunakan sebagai akses Wi-Fi berbayar sehingga sangat layak dicoba.

Mengakses internet dengan jaringan Wi-Fi memang bukanlah hal yang asing lagi. Adanya aplikasi hotspot PC semakin mempermudah penggunanya untuk selalu terhubung dengan internet. Baik untuk keperluan pekerjaan atau pun pendidikan. Dengan demikian tidak perlu repot menggunakan banyak perangkat tambahan untuk membuat jaringan Wi-Fi.

Detail Antamedia
Developer Antamedia
Platform Windows All version
Versi Bervariasi bergantung perangkat
Harga Free

4. Connectify Hotspot

Aplikasi ini sudah cukup banyak digunakan berbagai kalangan untuk mengakses internet di PC. Kelebihan aplikasi ini adalah interface yang sederhana sehingga penggunaannya mudah dipahami oleh siapa saja.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi hotspot PC Connectify adalah bisa menyambungkan internet menggunakan kabel maupun modem dengan jaringan 3G dan 4G. Selain itu juga bisa melakukan pengaturan SSID Hotspot melalui aplikasi ini.

Sayangnya hanya bisa menggunakan Connectify versi gratis sebagai hotspot PC selama 30 menit. Jika ingin penggunaan yang tidak terbatas, harus men-download versi berbayarnya.

Detail Connectify Hotspot
Developer Connectify, Inc.
OS Minimal Windows 10

Windows 8

Windows 7

Ukuran 11,2MB
Download 500.000+
Harga Free

5. Virtual Router Manager

Aplikasi ini sangat mumpuni untuk membuat jaringan Wi-Fi di PC. Terutama untuk desktop berbasis Windows. Menariknya, pengguna tidak memerlukan router lagi untuk memperkuat jaringan.

Hal ini karena ‘virtual router’ yang ada di dalamnya. Selain itu, software ini bersifat opensource sehingga tidak perlu mengkhawatirkan penggunaannya. Tampilan interface pun begitu sederhana dan memudahkan seorang pemula untuk menggunakannya.

Bagi yang ingin menghemat penyimpanan memori, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Virtual Router tidak memiliki background process sehingga lebih menghemat ruang penyimpanan.

Detail Virtual Router Manager
Developer Chris Pietschmann
OS Minimal Windows 10

Windows 8

Windows 7

Windows Vista

Windows XP

Ukuran 1,31MB
Download 2.773
Harga Free

6. Maryfi

Software hotspot PC ini sangat cocok bagi yang tidak suka dengan software yang memakan memori terlalu besar. Karena MaryFi hanya menggunakan sedikit ruang penyimpanan pada komputer dan laptop.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat jaringan Wi-Fi dengan mudah. Keunggulan utama dari MaryFi adalah kemampuannya untuk bisa menjadi repeater yang mumpuni.

Dengan demikian, sinyal Wi-Fi yang didapatkan lebih kuat untuk mengakses berbagai hal. Pengguna juga dapat mengontrol perangkat apa saja yang terkoneksi dengan jaringan yang dibuat. Tidak semua perangkat dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Detail Maryfi
Developer MarySoft
OS Minimal Windows 10

Windows 8

Windows 7

Windows Vista

Windows XP

Ukuran 2,48MB
Download 4.759
Harga Free

7. Baidu WiFi Hotspot

Aplikasi Baidu Wi-Fi Hotspot tampaknya memang sudah cukup populer. Bisa menemukan beberapa fitur yang tersemat di dalamnya. Tentunya, fitur-fitur tersebut akan sangat bermanfaat ketika membutuhkannya. Di antaranya adalah fitur pendeteksi adapter Wi-Fi, blacklist, track table, dan freeware.

Sisi menarik dari aplikasi hotspot ini adalah fitur blacklist yang cenderung jarang ditemui. Pengguna bisa bebas memilih perangkat mana saja yang bisa terhubung dan perangkat mana yang di-blacklist.

Dengan demikian, tidak semua perangkat akan diizinkan untuk terhubung dengan Wi-Fi yang digunakan. Aplikasi ini kompatibel untuk desktop berbasis Windows.

Detail Baidu WiFi Hotspot
Developer Baidu, Inc.
OS Minimal Windows 10

Windows 8

Windows 7

Windows Vista

Windows XP

Ukuran 4,92MB
Download 34.000+
Harga Free

8. mHotspot

Pengguna PC berbasis Windows 7, 8, dan Windows 10 tampaknya wajib meng-install aplikasi hotspot satu ini. Software ini mampu membuat jaringan Wi-Fi sendiri untuk berbagai keperluan.

Fitur-fitur di dalamnya pun tidak kalah menarik dan berguna untuk tugas-tugas ketika mengakses internet. Di antaranya adalah fitur freeware, sharing jaringan Wi-Fi, bebas membuat pengaturan SSID, dan lainnya.

Bagi pengguna yang ingin mengetahui alamat IP dan Mac address perangkat terhubung, aplikasi ini bisa menampilkannya. Kemampuan satu ini cukup unik dan tidak terdapat di aplikasi sejenis. Bagi pengguna yang membutuhkan fitur ini, tentunya bisa menjadi keunggulan yang menarik.

Detail mHotspot
Developer mHotspot Team
OS Minimal Windows 10

Windows 8

Windows 7

Ukuran 3,2MB
Download 1.293
Harga Free

9. OSToto Hotspot

Aplikasi OSToto Hotspot menjadi software berikutnya yang bisa dicoba untuk membuat jaringan Wi-Fi. Bagi pemula yang baru pertama kali ingin menggunakan hotspot di PC, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang jitu.

Hal ini bukan tanpa alasan, OSToto Hotspot memiliki interface yang mudah dipahami sekalipun belum pernah menggunakannya. Terdapat pula fitur tracking dan blacklist yang menjadi unggulan aplikasi hotspot ini. Bisa mengatur mana saja gadget yang boleh terhubung dan dapat mengakses Wi-Fi.

Detail OSToto Hotspot
Developer Drive The Life Co
OS Minimal Windows 10

Windows 8

Windows 7

Windows Vista

Windows XP

Ukuran 3,23MB
Download 2.387
Harga Free

10. MyPublicWiFi

Aplikasi ini berjenis sharing Wi-Fi freeware yang mudah digunakan berbagai kalangan. Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki cara kerja dengan software sejenis.

Pengoperasiannya adalah dengan cara mengubah adapter PC menjadi sebuah AC (Access point)sampai terhubung dengan internet via Wi-Fi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan firewall yang dapat dikontrol pemilik akses internet.

Dengan demikian bisa mengendalikan perangkat mana saja yang bisa mengakses internet via Wi-Fi yang telah dibuat. Hal ini tentunya dapat menghemat penggunaan data internet karena tidak semua orang bisa nebeng dengan perangkat.

Detail MyPublicWiFi
Developer True Software
OS Minimal Windows 10

Windows 8

Windows 7

Ukuran 1,09MB
Download 440.251
Harga Free
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

16 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago