HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Langkah Mudah Cara Membuat Website Menjadi Aplikasimu Sendiri

Saat ini, jumlah pengguna Android tanpa batasan umur semakin meningkat. Hal ini memungkinkan pemilik website untuk memperluas jangkauan websitenya, terutama melalui aplikasi Android.

Jika Anda memiliki situs web, seperti toko online, blog, atau portal berita, Anda dapat mengubahnya menjadi aplikasi Android. Yaitu mengubah file website menjadi file berekstensi .APK. Selanjutnya Anda dapat mendistribusikannya di Google Play Store dan berbagai platform aplikasi lainnya untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Bagaimana cara menjadikan website saya APK? Simak langkahnya di bawah ini!

Apa Itu File .APK ?

Android Application Package atau dikenal juga dengan file .apk merupakan format file apket aplikasi yang biasa digunakan ketika menginstal aplikasi di smartphone. File .apk biasanya dapat dijalankan di sistem operasi Android. Sama halnya dengan sistem operasi Windows yang menggunakan format file .exe saat menginstal software. Mudahnya jika Windows menggunakan .exe dan Android menggunakan .apk.

Saat Anda menginstal game dan aplikasi Android, biasanya Anda menginstalnya langsung dari Google Play Store. Oleh karena itu, jika Anda menginstal aplikasi dari Google Play Store, Anda akan mendapatkan file berekstensi .apk.

Format file APK ini terutama digunakan oleh developer mobile untuk pengujian dengan pengembang internal sebelum diunggah ke Google Play Store. Aplikasi dalam format file .apk diuji untuk memeriksa bug atau error sebelum digunakan oleh banyak orang.

Cara Mengubah Website Menjadi APK

Ada beberapa cara mengubah website menjadi aplikasi Android. Anda dapat mengonversi situs web Anda menjadi aplikasi Android tanpa pengetahuan pemrograman Android apa pun menggunakan metode berikut:

Mengubah Website Menjadi APK Menggunakan Layanan Online

Cara mengubah website menjadi APK yang pertama adalah dengan menggunakan layanan online. Ada beberapa layanan online atau website yang bisa mengubah website Anda menjadi aplikasi Android. Apa saja itu? Di bawah ini adalah contoh layanan online yang mengaktifkan web authoring di aplikasi Android.

AppsGeyser

Contoh layanan online yang memungkinkan Anda mengubah website menjadi aplikasi Android adalah AppsGeyser.

Appsgeyser adalah platform atau layanan berbasis web yang membantu pengguna membuat situs web atau mengubah situs web menjadi aplikasi Android. Appgeyser disebut juga launcher. Launcher sendiri merupakan aplikasi khusus yang dirancang untuk mengelola aplikasi web dan mobile dengan mengubah struktur tema dan tampilannya tergantung pada perangkat Android.

Oleh karena itu, AppsGeyser memungkinkan Anda mendistribusikan konten dari situs web atau blog Anda dengan mudah dan membuatnya dapat diakses oleh banyak orang melalui aplikasi Android Anda.

Mengakses AppsGeyser

Ini adalah langkah pertama untuk mengakses website AppsGeyser dan mengkonversi website Anda menjadi APK melalui AppsGeyser seperti terlihat pada gambar berikut.

Membuat APK

Setelah berhasil mengakses website AppsGeyser, klik CREAT APP FOR FREE. Kemudian pilih Website dan masukkan alamat URL website yang ingin diubah menjadi aplikasi Android.

Setelah memasukkan URL website, gulir ke bagian bawah halaman, klik NEXT, dan ikuti langkah selanjutnya untuk membuat aplikasi Android. Ada opsi untuk pengaturan App Monetization. App Monetization memungkinkan Anda mengubah aplikasi Android menjadi mesin penghasilan uang. Ada beberapa opsi yang tersedia. Yaitu, Ads In-App Purchases, Ads only, dan No Monetization.

Setelah Anda menyiapkan app monetization, masukkan nama aplikasi Android yang ingin Anda buat untuk melanjutkan. Misalnya, “My Website“.

Lanjutkan menentukan simbol. AppsGeyser memiliki ikon default seperti gambar di atas, tetapi jika Anda ingin menggunakan ikon Anda sendiri, Anda dapat memilih opsi “Ikon Khusus” dan pilih yang Anda miliki.

Setelah selesai, Klik Create. Pastikan kamu sudah memiliki akun pada AppsGeyser.

Setelah selesai, klik Create. Pastikan Anda sudah memiliki akun AppsGeyser. Jika Anda belum memilikinya, klik Sign Upuntuk mendaftar akun AppsGeyser, atau gunakan Continue with Google untuk langsung masuk kemudian login dengan akun google Anda.

Download Aplikasi

Setelah proses pembuatan aplikasi selesai, Anda akan diarahkan ke dashboard AppsGeyser untuk akun yang Anda buat. Di bagian atas terdapat menu drop-down yang berisi aplikasi Android yang dibuat. Pilih aplikasi Android yang Anda buat dan klik Download.

Aplikasi Android akan dikirim melalui email. Anda kemudian dapat membuka aplikasi melalui email di Android Anda.

Membuka Email

Kemudian buka email dan klik Download untuk menginstal aplikasi website di perangkat Android Anda. Dengan demikian, versi aplikasi Android website Anda sudah siap digunakan.

Webintoapp

Layanan online berikutnya yang memungkinkan Anda membuat website dengan aplikasi Android adalah Webintoapp. WebIntoApp adalah platform aplikasi online yang memungkinkan Anda mengubah situs web apa pun menjadi aplikasi Android dan iOS secara gratis, cepat, dan mudah.

Mengakses Webintoapp

Langkah pertama untuk mengubah website Anda menjadi APK melalui Webintoapp adalah dengan mengakses website Webintoapp seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Lalu klik Get Started untuk mulai membuat versi aplikasi Android website Anda.

Set URL, Nama, dan Icon

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke alur membuat aplikasi Android untuk website Anda. Masukkan informasi yang diperlukan. Misalnya alamat URL website Anda, App Name untuk nama atau judul aplikasi Android yang Anda buat, Brand Name atau nama Company Anda, dll.

Anda juga dapat memilih gambar icon untuk aplikasi Anda. Pastikan untuk menggunakan gambar dengan ukuran maksimum 200×200 pixel untuk icon Anda. Jika sudah, klik Next>>.

Pemilihan Layanan

Pilih layanan “Free Android App (Free)“. Anda juga dapat memilih opsi “Dedicated iOS & Android” dengan membayar biaya tertentu. Harap pastikan bahwa informasi aplikasi yang Anda tulis sudah benar. Jika sudah, klik Make App.

Register Akun Webintoapp

Jika Anda belum memiliki akun Webintoapp, silakan masukkan nama, email, dan kata sandi Anda pada formulir pendaftaran yang muncul. Namun, jika Anda sudah memiliki akun, klik “Login” sekarang.

Proses Modifikasi

Tunggu hingga proses pembuatan aplikasi Android selesai. Jika sudah, Anda akan diarahkan ke dashboard akun Webintoapp Anda.

Download Aplikasi

Daftar aplikasi Android yang dibuat akan ditampilkan pada tampilan dasbor. Klik pada ikon download untuk mendapatkan aplikasi Android.

Pada pop-up yang muncul, pilih Download | Free dan tunggu hingga file zip aplikasi Android terdownload. Anda kemudian dapat memindahkan file tersebut ke perangkat Android Anda dan menginstalnya.

Selain layanan online, Anda juga bisa menggunakan software khusus yang bisa diinstal di laptop atau PC Anda. Ada berbagai software seperti Website 2 APK Builder Pro yang bisa anda download langsung dari situs resminya. Software pembuatan aplikasi website untuk Android ini menyediakan fitur yang lebih lengkap untuk membuat aplikasi Android sesuai kebutuhan Anda.

Ubah Website Anda Menjadi APK Menggunakan Aplikasi Android

Jika Anda tidak ingin repot memindahkan aplikasi dari laptop atau PC ke Android, Anda bisa mencoba mengkonversi website Anda menggunakan Android.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah Hermit – Lite Apps Browser. Cara mengubah website menjadi APK menggunakan aplikasi Android antara lain:

Install Aplikasi Hermit-Lite Apps Browser

Anda dapat mengakses aplikasi dari Play Store dan klik “Install” untuk mulai menginstal aplikasi pada perangkat Android Anda.

Membuat Aplikasi

Selanjutnya, klik icon + dan pilih Create Your Own untuk mulai membuat aplikasi Anda.

Cari atau masukkan alamat URL website Anda pada kolom Search or type URL dan klik Create a Lite App untuk mulai membuat aplikasi Anda.

Tulis Nama Aplikasi

Beri nama aplikasi yang Anda buat misalnya, “My Website“. Pastikan alamat URL website yang Anda masukkan sudah benar. Anda dapat menambahkan aplikasi ke layar beranda dengan mengklik tanda centang di sebelah Add to Home Screen dan mengklik OK.

Menambahkan Aplikasi ke Layar

Terakhir, akan muncul pop-up konfirmasi untuk menambahkan aplikasi yang Anda buat ke layar beranda. Klik Tambah untuk membuat situs web versi aplikasi Android tersedia.

Segera Buat Website Dalam Bentuk Aplikasi Android!

Ada dua cara untuk mengubah website menjadi APK, yaitu menggunakan layanan online atau menggunakan aplikasi Android yang diunduh dari Google Play Store. Keduanya memerlukan langkah sederhana. Jadi, jika suatu saat Anda ingin mengubah website Anda menjadi aplikasi Android, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena smartphone tersebar luas.

Mau tidak mau website Anda harus responsive jika diakses dari smartphone. Bagi yang ingin membuat aplikasi Android, kami perkenalkan cara membuat aplikasi Android dengan mudah.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago