HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mempelajari SOC: Garda Depan Dalam Melindungi Data dan Sistem

 

Security Operation Center (SOC) merupakan layanan pusat yang menyediakan jasa keamanan siber ke server perusahaan. SOC terdiri dari tim pakar cyber security yang dapat mencegah, mendeteksi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah keamanan siber dalam suatu perusahaan. Tim ahli SOC biasanya terdiri dari manajer SOC,  SOC Analyst (Tier 1, Tier 2, dan Tier 3), serta Security Engineer.  Setiap anggota mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing dalam menjaga keamanan server perusahaan.

SOC Analyst dan Security Engineers ditugaskan untuk memantau supaya ancaman dapat diidentifikasi dengan cepat. Segera laporkan segala ancaman yang ditemukan kepada manager SOC Anda. Tugas manajer SOC adalah melapor kepada CISO (Chief Information Security Officer).

UKM dan perusahaan besar sering menjadi incaran serangan kejahatan ciber. Pekerja yang tidak memahami cara kerja sistem keamanan menjadi celah bagi para pelaku kejahatan. Banyak dari mereka yang kurang sadar akan ancaman siber dan mengoperasikan server perusahaan mereka dengan buruk.

Inilah sebabnya SOC menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan layanan keamanan sederhana untuk server perusahaan mereka. Hal ini tidak memerlukan pembentukan tim baru dan melakukan pelatihan keamanan siber.

Layanan Managed SOC

Layanan Managed SOC merupakan tim keamanan siber internal yang memantau dan melindungi jaringan perusahaan. SOC memantauan secara 24/7, analisis intelijen ancaman, perencanaan respons insiden, dan koordinasi dengan penegak hukum sesuai kebutuhan.

Tim SOC juga bisa membantu dalam hal-hal berikut ini:

  • Pemantauan jaringan – Ini termasuk memantau kesehatan jaringan Anda melalui pemindaian dan pengujian rutin.
    Identifikasi kelemahan dan kerentanan sebelum menjadi masalah.
  • Analisis Intelijen Ancaman – Intelijen ancaman merupakan informasi tentang potensi ancaman, seperti infeksi malware, peretas yang berusaha mencuri data dari jaringan organisasi. SOC akan melakukan analisis data ancaman tersebut untuk membantu mengidentifikasi ancaman baru sebelum mencapai sistem Anda.
  • Perencanaan dan Koordinasi Respons Insiden – Rencana tanggap insiden keamanan yang efektif meliputi definisi peran personel yang memerlukan akses dalam situasi darurat dan menentukan langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi kegagalan sistem.

MANFAAT SOC

SOC membantu organisasi bertahan dari serangan dan pelanggaran keamanan secara lebih efisien dan efektif dengan mengintegrasikan sumber daya manusia, alat dan proses yang digunakan untuk melindungi organisasi dari ancaman.

  1. Strategi kemanan yang kuat
  2. Kemudahan dalam pengaturan privasi
  3. Respons insiden yang cepat
  4. Menurunkan biaya pelanggaran

TIPE SOC

Ada beberapa cara organisasi mempersiapkan SOC. Beberapa memilih untuk mempekerjakan karyawan penuh waktu dan membangun SOC mereka sendiri. Jenis SOC ini dapat dilakukan secara internal di lokasi fisik lokal atau secara virtual, dengan karyawan yang berkomunikasi dari jarak jauh menggunakan alat digital. Banyak SOC virtual menggunakan kombinasi staf kontrak dan staf penuh waktu. SOC yang dialihdayakan, juga dikenal sebagai SOC terkelola atau pusat operasi keamanan sebagai layanan, dioperasikan oleh penyedia layanan keamanan terkelola yang bertanggung jawab atas pencegahan, deteksi, investigasi, dan respons ancaman. Anda juga dapat melakukan kombinasi staf sendiri dengan penyedia keamanan terkelola. Versi ini disebut manajemen bersama atau SOC hybrid.

Organisasi menggunakan singkatan tersebut untuk menambah staf mereka. Misalnya, jika organisasi Anda tidak memiliki peneliti ancaman, mungkin akan lebih mudah untuk mempekerjakan pihak ketiga daripada mempekerjakan seseorang secara internal.

Teknologi SOC dan Alat

  •  Security information and event management (SIEM)

Salah satu alat terpenting dalam SOC yaitu solusi SIEM berbasis cloud yang mengumpulkan data dari berbagai solusi keamanan dan file log. Alat-alat ini menggunakan intelijen ancaman dan AI untuk membantu SOC mendeteksi ancaman yang terus berkembang, mempercepat respons insiden, dan mempersiapkan diri menghadapi penyerang.

  • Orkestrasi, otomatisasi, dan respons keamanan (SOAR)

SOAR melakukan tugas pengayaan secara otomatis, respons, dan remediasi yang dapat diulang serta diprediksi,  sehingga menghemat waktu dan sumber daya untuk penyelidikan lebih lanjut.

  • Deteksi dan respons yang diperluas (XDR)

XDR adalah alat software sebagai Layanan yang memberikan keamanan komprehensif dan optimal dengan menggabungkan produk dan data keamanan ke dalam solusi yang disederhanakan. Organisasi menggunakan solusi ini untuk secara proaktif dan efisien mengatasi lanskap ancaman yang terus berkembang dan tantangan keamanan yang kompleks di lingkungan hibrid multicloud. Berbeda dengan sistem seperti Endpoint Detection and Response (EDR), XDR memperluas cakupan keamanan dan menyatukan perlindungan di beberapa produk, termasuk endpoint organisasi, server, aplikasi cloud, email, dan banyak lagi. XDR menyatukan pencegahan, deteksi, investigasi, dan respons untuk memberikan visibilitas, analitik, peringatan insiden yang berkorelasi, dan respons otomatis untuk meningkatkan keamanan data dan memerangi ancaman.

  •  Firewall

Firewall memantau traffic dari dan menuju jaringan, memberi izin tau memblokir traffic berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan oleh SOC.

  • Manajemen log

Solusi manajemen log sering kali menjadi bagian dari SIEM dan mencatat semua peringatan yang berasal dari semua perangkat lunak, perangkat keras, dan titik akhir yang berjalan dalam suatu organisasi. Log ini memberikan informasi tentang aktivitas jaringan.

  • Pengelolaan kerentanan

Alat-alat ini memindai jaringan Anda untuk mengidentifikasi kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh penyerang.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

8 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

9 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

10 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago