HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal 6 Komponen Basis Data Serta Penjelasannya

Apa Saja Komponen dari basis data ? Sebelumnya kita mulai sedikit dengan pengertiannya

Basis data terdiri dari 2 kata,yakni basis dan data.Basis jika diartikan berarti sebuah markas,gudang,maupun tempat berkumpul. Data adalah sekumpulan catatan yang berkaitan dengan fakta dunia yang merepresentasikan sebuah objek,baik manusia, hewan,konsep,kejadian dan lain-lain.Data tersebut nantinya ditulis atau outputnya berupa huruf maupun angka.Nah,jika kedua kata ini digabung maka bisa dinamakan sebagai database yang mana memang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti basis data.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa basis data memiliki beberapa pengertian sekaligus sebagai berikut :

  • Himpunan dari kelompok data yang saling berhubungan serta diorganisasi sedemikian rupa agar nantinya bisa kembali dimanfaatkan dengan mudah dan cepat
  • Media penyimpanan elektronik yang di dalamnya memuat data atau informasi secara sistematis sehingga bisa diakses dengan menggunakan program komputer manakala data atau informasi tersebut diperlukan
  • Kumpulan data yang di dalamnya terdapat informasi yang terorganisir sehingga mudah untuk diperbarui, dikelola maupun diakses

6 Komponen Basis Data

Berikut ini penjelasan mengenai komponen basis data :

Pengguna

Pengguna atau yang dinamakan user merupakan seseorang yang membutuhkan informasi dari database.User juga memiliki hak untuk melakukan interaksi atau hubungan dengan database.Jadi,dengan berdasarkan berbagai persyaratan yang telah dibuat,maka para pengguna akan diberikan kebebasan untuk mengakses database dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Pengguna bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian dengan mengacu kepada jenis pengguna itu sendiri,yaitu :

  • Database Administrator : Seseorang yang sudah memiliki otoritas untuk mengendalikan semua sistem yang ada pada database.Pengguna tersebut juga bertugas mengelola dan mengontrol mengenai keamanan dan integritasnya.
  • Database Designer : Seseorangn yang berperan di dalam mendesain database.Tugas yang dilakukan adalah merancang sebuah desain konseptual atau logical database dan merancang database tersebut dalam bentuk fisik.
  • End User : Pengguna dari database itu sendiri yang dikategorikan dengan berdasarkan bagaimana cara mereka berhubungan dengan sistem.Di dalamnya termasuk user khusus atau specialized user,user mahir atau casual user, program aplikasi dan user umum atau naive user.

Data

Data adalah sekumpulan dari berbagai file ataupun tabel yang dapat membentuk sebuah database atau basis data.Komponen yang satu ini merupakan komponen terpenting di dalam kelompok basis data.Semua organisasi dan institusi sudah tentu akan membuat memproses dan menyimpan data tersebut sesuai dengan keperluan dan tujuannya masing-masing.

Ada 3 jenis data yang perlu dipahami,yakni :

  • Data pengguna : merupakan sebuah data yang di dalamnya berupa tabel yang dinamakan sebagai relasi dan kolom yang ada tersebut dinamakan sebagai bidang atribut.Sementara barisnya dinamakan sebagai catatan untuk tabel.Relasi yang terjadi haruslah disusun secara benar dan sistematis agar tidak sampai terjadi kesalahan-kesalahan yang bisa mengakibatkan dampak negatif untuk pengguna.
  • Metadata : Sebuah deskripsi yang ada di dalam database dinamakan metadata. Metadata sebenarnya memiliki arti yakni data tentang data. Metadata ini di dalamnya menyimpan informasi diantaranya: jumla dan juga nama tabel, primary key, dan juga nama maupun jumlah pada bidang.
  • Metadata aplikasi : Jenis data yang satu ini digunakan untuk menyimpan berbagai informasi yang berkaitan dengan laporan, format pertanyaan maupun hal-hal yang berkaitan dengan komponen.

Hardware

Tentang hardware mungkin sebagian dari kalian mengetahui bahwa komponen basis data yang satu ini berkaitan dengan perangkat keras.Artinya,perangkat tersebut berupa komputer,media penyimpanan (sekunder) dan juga media yang digunakan untuk komunikasi jaringan.Setidaknya terdapat tiga jenis komputer jika mengacu pada jenis data yang diolah,yaitu digital, analog dan juga hybrid.

Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengendalikan dan memfungsikan berbagai sumber daya. Sistem operasi inilah yang nantinya akan melakukan operasi standar terhadap suatu komputer.Sebelumnya ada informasi yang sangat penting dimana sebuah sistem operasi yang akan digunakan harus sesuai atau kompatibel dengan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data tersebut.

Sistem Pengolah Basis Data

Sstem inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengelola sebuah basis data.Database Management System atau yang disingkat menjadi DBMS akan memiliki peranan penting bagaimana data tersebut diatur,disimpan,diorganisir maupun juga diubah sesuai dengan kebutuhan.Software ini juga memiliki sebuah mekanisme kerja yang fungsinya digunakan sebagai pengamanan data maupun konsistensi data yang terjadi secara bersamaan.

Optional Software

Komponen basis data berikutnya yakni optional software yang merupakan sebuah perangkat lunak yang bertugas sebagai pelengkap sehingga memang sifatnya optional.Jadi,database yang satu ini bisa digunakan maupun tidak sesuai dengan kebutuhan atau keperluan masing-masing.

Artinya bila memang butuh dan mau bisa digunakan dan jika tidak,tidak perlu digunakan.

Software pendukung ini sangat banyak dan beberapa diantaranya yang dianggap sebagai perangkat yang high level ialah Microsoft SQL Server, Oracle, XBase dan MySQL.

 

Basis data merupakan sesuatu yang sangat penting terutama bagi perusahaan yang memerlukan pencatatan data,mengolah data serta menggunakan data.Namun,agar basis data dapat benar-benar menjalankan fungsinya dengan baik,maka komponen basis data harus terpenuhi.

Demikian artikel penjelasan mengenai komponen basis data ini,semoga informasi ini dapat membantu memberikan wawasan tambahan yang berkaitan dengan database.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

17 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

21 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago