HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Apa Itu Maintenance Server? Ini Penyebab dan Tujuannya

Pemeliharaan sistem atau maintenance server adalah fenomena yang sering terjadi pada website dan aplikasi game. Adanya maintenance server tersebut menyebabkan aktivitas pengguna di website atau aplikasi menjadi tertunda karena aksesnya akan dibatasi selama beberapa waktu.

Apa Itu Maintenance Server?

Apabila sering bermain game atau mengakses situs online, mungkin pernah mendapati adanya website yang sedang maintenance server. Namun sebenarnya, tahukah apa itu maintenance server?

Secara sederhana, maintenance server adalah kondisi di mana server website sedang mengalami perbaikan atau perawatan. Hal ini mungkin terjadi mengingat semua game online maupun website menggunakan server untuk dapat beroperasi.

Di sisi lain, arti maintenance server juga merujuk akan adanya pembatasan sementara bagi visitor yang ingin mengakses website ataupun game online tersebut.

Dalam hal ini, akan ada baiknya jika pengelola website mengirim pemberitahuan kepada para pengguna agar mereka mengetahui bahwa website tersebut sedang tidak bisa diakses dalam jangka waktu tertentu.

Penyebab Maintenance Server

Pada dasarnya, maintenance server adalah proses yang penting untuk dilakukan secara berkala. Para pengelola website sendiri tentu memiliki alasan tertentu untuk melakukan maintenance server ini. Adapun salah satu penyebab dari diadakannya maintenance server adalah untuk memperbarui situs web agar informasi di dalamnya tetap up-to-date.

Di samping itu, maintenance server adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga keamanan website, terutama bila ش sedang memiliki program terbaru pada backend. Apalagi jika situs web mendapatkan ancaman keamanan seperti hacker, maka maintenance server adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Hal tersebut dilakukan agar sistem tidak dapat diganggu atau dieksplorasi secara keseluruhan oleh sang hacker. Langkah ini juga bertujuan untuk meminimalisasi kerusakan lebih lanjut dan berbahaya yang mungkin terjadi.

Tujuan dan Fungsi Maintenance Server

Agar lebih memahami apa itu maintenance server, ada baiknya jika memahami tujuan dan fungsinya. Adapun beberapa tujuan dan fungsi maintenance server adalah sebagai berikut :

  • Menghindari serangan virus dan hacker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu tujuan dan fungsi maintenance server adalah untuk menghindari situs web dari serangan virus dan hacker terhadap website.

Dalam hal ini, maintenance server dilakukan untuk membatasi gerak gerik hacker yang mungkin dapat mengancam keamanan website secara lebih parah.

  • Backup atau menghapus data

Maintenance server juga biasanya dilakukan dengan tujuan untuk backup atau penghapusan data.

Langkah ini bermaksud untuk mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan seperti server mendadak bermasalah yang mengakibatkan kehilangan data. Singkatnya, maintenance server adalah cara yang umum dilakukan agar pengelola website tidak kehilangan data begitu saja.

Di sisi lain, maintenance server juga dapat dimanfaatkan untuk menghapus data-data tidak diperlukan yang mungkin bisa membebani penyimpanan pada server.

  • Memperbaiki bug

Seperti yang kita tahu, keberadaan bug dapat mengganggu kelancaran sebuah website ataupun game online. Sehubungan dengan itu, ternyata maintenance server adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki bug.

Langkah ini juga diambil dengan tujuan untuk meminimalisasi risiko yang mungkin terjadi seperti crash apabila maintenance server dilakukan saat server masih menyala.

  • Memperbaharui fitur

Selanjutnya juga dapat melakukan maintenance server saat ingin memperbaharui fitur ataupun mengupdate informasi. Maka dari itu, jika sebuah game online melakukan update, tentu kerap mendapati situsnya sedang mengalami maintenance server.

  • Meningkatkan kenyamanan pengguna

Fungsi utama maintenance server adalah tentu untuk menjaga sekaligus meningkatkan kenyamanan pengguna. Pasalnya, maintenance server memang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas server sehingga situs pun dapat beroperasi dengan lancar tanpa adanya gangguan.

Alhasil, pengguna pun dapat mengakses situs tersebut dengan nyaman.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

9 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

11 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago