HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik

Menggunakan aplikasi pengatur keuangan adalah salah satu cara untuk membantu bagi yang kesulitan mengelola finansial. Terkadang beberapa orang perlu mencatat cash flow-nya dengan jelas agar tahu ke mana uang tersebut digunakan.

1. MoneyLover

Money Lover telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia. Bahkan Money Lover termasuk ke dalam Editor’s Choice. Artinya, aplikasi ini memang menawarkan kemudahan dalam pencatatan keuangan pribadi. Pengguna dapat mengelompokkan pengeluarannya berdasarkan kategori tertentu.

Money Lover juga memiliki kemampuan untuk menganalisis pengeluaran dan pemasukan yang paling besar dari masing-masing kategori.

Money Lover menyajikan grafik batang dan diagram lingkaran untuk memudahkan pengguna dalam memantau seluruh pengeluaran dan pemasukan. Ada pula fitur pengingat untuk pembayaran tagihan rutin.

Fitur-fitur yang bisa diatur adalah sebagai berikut :

  • Budget
  • Savings
  • Event

2. Monefy

Monefy mulai diluncurkan pada tahun 2014 lalu dan sampai saat ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna. Monefy memiliki user interface yang intuitif dan mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Selain itu fitur utamanya, yaitu melacak cashflow sangat efektif dan sederhana dalam proses memasukkan transaksi. Sehingga pengguna tidak kebingungan ketika hendak memakai. Hingga saat ini Monefy memiliki rating 4.6 dan banyak yang menyebut jika aplikasinya mudah digunakan.

Aplikasi keuangan ini secara otomatis akan menghitung persentase pengeluaran tiap kategori setiap hari hingga setiap tahun.

Versi berbayar untuk aplikasi ini akan membebaskan kamu dari iklan yang mengganggu dan batasan kategori yang bisa dipakai.

3. Finansialku

Cukup berbeda dengan sebelumnya, Finansialku tidak hanya sebagai aplikasi pengatur keuangan. Lebih dari itu, mereka juga perencanaan keuangan dan investasi. Dengan beragam fitur tersebut bisa mendapatkan aplikasi ini dengan membayar 30 ribuan saja per bulan.

Selanjutnya pada aplikasi tersebut juga terdapat fitur event, yaitu event terkait finansial atau keuangan yang bisa diikuti. Bisa melakukan berbagai aktivitas seperti konsultasi online, tambahan informasi tentang keuangan hingga pembelian produk keuangan hanya melalui fitur di aplikasi canggih ini, antara lain :

  • Rencana keuangan
  • Tanya jawab
  • Edukasi keuangan
  • Rekeningku (saldo simpanan pemilik usaha)
  • Investasi (pilihan investasi yang dilakukan perusahaan)
  • Event
  • Asset
  • Laporan keuangan (laporan laba rugi, neraca dan perubahan ekuitas)
  • Transaksi berulang

Menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan terbukti membuat kondisi finansial menjadi lebih baik. Pemasukan tercatat dengan baik dan pengeluaran pun dapat diatur sedemikian rupa.

Selain itu tentu saja akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari aplikasi pencatat keuangan atau aplikasi pembukuan toko.

4. Wallet

Wallet adalah aplikasi untuk mengatur keuangan usaha di Android yang bisa di dapatkan secara gratis. Ada pula layanan aplikasi berbayar dengan fitur lebih lengkap. Biaya langganannya sangat terjangkau, yaitu Rp 28.000 per bulan.

Fitur dari Wallet yang memudahkan pengguna adalah mengimpor transaksi dari file jenis spreadsheet. Jadi tidak harus masukkan rincian transaksi secara manual.

Penggunanya juga bisa menghubungkan Wallet dengan berbagai aplikasi mobile banking. Seluruh transaksi yang dilakukan di m-banking akan tercatat dalam Wallet secara otomatis.

Satu lagi fitur yang tidak bisa dijumpai di aplikasi lainnya adalah pembuat rencana pembayaran yang disertai dengan pengingat.

5. AndroMoney (Expense Track)

AndroMoney  dapat menjadi solusi aplikasi catatan keuangan. Beberapa fitur menarik yang dimiliki aplikasi ini diantaranya adalah multiple account, cloud storage atau Dropbox dan Google Docs, sinkronisasi dengan perangkat lain, statistik untuk cash flow, hingga backup data.

Aplikasi pengatur keuangan ini sangat cocok dipakai untuk berbagai macam urusan keuangan seperti anggaran untuk :

  • Jalan-jalan.
  • Menonton film.
  • Makan.
  • Keperluan gawai.
  • Keperluan rumah tangga.
  • Keperluan belanja pakaian.

6. Money Pro

Money Pro menawarkan tampilan aplikasi pengatur keuangan yang lebih profesional dibandingkan aplikasi lain. Secara default, aplikasi ini memiliki latar belakang gelap dengan konten yang berwarna kontras. Masing-masing kategori pengeluaran ditampilkan dalam warna yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat dilakukan di Money Pro antara lain menganggarkan pendapatan serta pengeluaran dengan sangat mudah. Selain itu juga dapat mengatur pengingat untuk tagihan yang meliputi jenis tagihan, tanggal jatuh tempo, serta jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Pengguna pun dapat mensinkronasi akun bank dan juga kartu kredit dengan aplikasi Money Pro. Seluruh transaksi yang dilakukan secara non tunai akan tercatat secara otomatis.

Hal ini dapat mengurangi belanja yang berlebihan. Aplikasi ini membantu dalam menganggarkan pendapatan dan pengeluaran, membayar tagihan secara tepat waktu, dan melacak setiap rekening yang dimasukkan. Sehingga semua uang dapat terkontrol dengan baik dengan tambahan bantuan laporan, grafik, dan diagram.

7. Spendee

Aplikasi Spendee yang akan membantu melacak pengeluaran agar anggaran tetap optimal. Spendee memungkinkan menghubungkan dengan akun e-wallet hingga crypto-wallet.

Untuk meningkatkan wawasan finansial, Spendee juga memiliki tips dan trik yang bisa diterapkan dalam keputusan finansial. Selain itu keunikan Spendee terletak pada fitur keuangan bersama yang bisa digunakan dengan pasangan atau rekan.

8. Moneon

Moneon dapat membantu untuk mengambil prioritas pembelian atau pengeluaran dengan lebih baik. Dapat merencanakan pembelian sesuai kategori dan Moneon akan membantu untuk melaporkan gambaran cash flow secara umum.

Aplikasi pengatur keuangan ini mampu menghitung semua pendapatan dan pengeluaran dalam berbagai kategori dan juga mengelompokkannya. Sehingga arus uang bisa dibaca dengan jelas tiap kategorinya.

Keunggulan Moneon yang tidak dapat ditemui pada aplikasi keuangan usaha lainnya adalah melampirkan foto pada setiap catatan transaksi. Bila diperlukan, pengguna juga bisa mengekspor data keuangan ke file spreadsheet (CSV). Hebatnya, Moneon menggratiskan seluruh layanannya.

9. UangKu

UangKu adalah aplikasi keuangan yang cocok untuk orang-orang yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur uang. Dengan fitur yang terperinci serta terstruktur dan dikemas dengan sederhana, para pemula tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi ini.

Saat menggunakan aplikasi ini akan diminta untuk mengisi target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan. Lalu, aplikasi ini secara otomatis akan menganjurkan berapa batas uang yang bisa dikeluarkan setiap harinya untuk mencapai target yang diinginkan.

Pengeluaran dan pemasukan yang tercatat di dalam aplikasi bisa dikelompokkan dalam berbagai kategori. Hal ini akan membantu melacak uang yang masuk dan keluar.

10. Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian adalah aplikasi keuangan yang mudah dan sederhana untuk membantu mencatat pengeluaran harian. Fitur yang ditawarkan juga cukup simple diantaranya yaitu :

  • Fitur pencatatan pemasukan dan pengeluaran.
  • Laporan pendapatan dan pengeluaran per bulan.
  • Export laporan dalam bentuk excel.
  • Menambahkan kategori.

Meski sederhana, namun pengguna aplikasi ini sudah lebih dari 1 juta dengan rating mencapai 4.7.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

4 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

5 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago