Tahukah anda? text editor sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi. Masih banyak orang yang menggunakan notepad dan word untuk mengolah kata-kata. Dengan adanya text editor ini, para web developer dan designer akan lebih mudah dalam kegiatan coding yang menjadi salah satu faktor penting. Selain itu, code editor juga berperan dalam membantu dan mempermudah proses deployment suatu website. Oleh karena itu, code editor sangat dibutuhkan oleh seorang programmer  dalam membuat sebuah program. Saat ini cukup banyak pilihan code editor yang dapat anda gunakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Berikut 5 pilihan Code Editor gratis yang dapat anda gunakan:

  1. Notepad++

Merupakan aplikasi pertama yang menunjang kegiatan coding. Text editor ini merupakan pengembangan bawaan Windows yang sering digunakan untuk membuat file txt, dan menyediakan fitur tambahan yang lebih modern dan canggih.

Aplikasi ini dapat membaca berbagai macam bahasa pemograman dan menu plugin untuk menambah fitur.

Notepad++ juga menggunakan tampilan jendela tab yang akan berguna dalam membuka file dalam satu waktu. Fitur lain yang dapat anda gunakan yaitu shortcut customization, text-shortening, macro recording, auto-completion, dan  lain sebagainya.

Notepad++ dapat digunakan secara gratis dan anda dapat mendownload aplikasinya di https://notepad-plus-plus.org/

  1. Brackets

Merupakan aplikasi editor open source  untuk pemograman web. Kelebihan brackets yaitu tampilannya yang bersih dan modern. Editor ini cocok untuk scripting HTML, CSS, pemrograman Javascript, PHP dan sebagainya. Sistem operasi yang didukung oleh Brackets seperti Mac OS, Windows dan Linux.

Disini juga terdapat split screen untuk mengedit beberapa dokumen dalam satu waktu.

  1. BlueFish

BlueFish  sebagai salah satu code editor gratis yang dapat berjalan di berbagai macam Operating System dan mendukung berbagai macam bahasa pemograman. Selain itu, juga dapat digunakan untuk menangani ukuran filke yang cukup besar dan mampu menjaga kecepatan pemrosesan yang stabil.

  1. Sublime Text

Memiliki tampilan yang dinamis, dan beberapa tema yang dapat dipilih sesuai keinginan anda. Code editor ini mendukung berbagai macam  sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux. Selain itu, juga dapat berjalan pada berbagai platform yang berbeda. Keunggulan dari sublime text yaitu cepat dan dapat digunakan diperangkat dengan resource kecil. Text editor ini dapat digunakan secara gratis dengan batasan waktu.

  1. Visual Code Studio

Merupakan aplikasi text editor keluaran Microsoft dengan tampilan manarik dengan beberapa ornament yang khas. Selain itu, juga mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman seperti vb.net, C#, C, C++, Java, XML, HTML, .ASP, PHP dan sebagainya.

Visual Code Studio merupakan text editor yang gratis dan powerful. Hal lain yang terdapat pada code editor ini yaitu terdapat fitur integrasi dengan Git dan fitur debugging yang dapat digunakan untuk mengecek kesalahan pada baris kode.

Diatas merupakan  artikel tentang 5 Code Editor Gratis Untuk Web Developer. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

 

Terima Kasih

0 Shares