HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Apa Itu Resoomer? Fitur dan Cara Menggunakannya

Merangkum tulisan secara manual dengan membaca seluruh materi dan halaman tentu melelahkan dan memakan waktu lama. Resoomer adalah website yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah aktivitas meringkas atau membuat rangkuman.

Pengertian Resoomer

Resoomer adalah situs yang bisa Anda gunakan untuk meringkas dan menganalisis sebuah artikel, teks, atau bacaan lainnya. Aplikasi Resoomer akan memberikan ringkasan dengan struktur tulisan yang baik dan mudah untuk dibaca.

Resoomer adalah jawaban untuk Anda yang malas membaca tulisan atau teks panjang, karena rangkuman tulisan akan dikerjakan secara otomatis oleh sistem pada situs ini. Aplikasi Resoomer dapat digunakan oleh semua kalangan, mulai dari pelajar sampai penulis untuk meringkas bacaan yang mereka pelajari.

Resoomer memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, Anda hanya bisa mendapatkan rangkuman sebanyak 2.000-5.000 karakter. Sedangkan untuk versi premiumnya, Anda dapat membayar biaya berlangganan Rp 82.000 untuk mendapatkan mendapatkan rangkuman hingga 200.000 karakter, atau kurang lebih 80.000 kata.

Manfaat Resoomer

Salah satu manfaat Resoomer adalah mempermudah Anda dalam meringkas sebuah tulisan. Tapi, tahukah Anda jika ada beberapa manfaat lain dari Resoomer? Berikut penjelasannya :

1. Menghemat waktu

Salah satu manfaat yang terasa bagi Anda saat menggunakan alat perangkum otomatis ini adalah dari segi efisiensi waktu. Anda dapat melakukan proses perangkuman teks atau tulisan dengan cepat dan juga praktis.

Anda juga dapat memperoleh inti dari sebuah tulisan maupun teks dalam sekejap. Ini tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi Anda, terlebih jika Anda sedang malas meringkas berbagai tulisan dengan manual saat ini.

2. Mempelajari artikel atau teks menjadi lebih mudah

Hal selanjutnya yang bisa Anda peroleh berkat penggunaan Resoomer online adalah mempermudah Anda dalam mempelajari suatu teks atau artikel sekalipun. Kemudahan seperti ini akan membantu Anda dalam segala hal.

Alat peringkas yang satu ini memungkinkan Anda untuk meringkas sebuah tulisan dengan jumlah besar menjadi intisari tulisannya saja. Tentu hal ini memudahkan Anda untuk langsung mempelajari langsung intinya daripada harus meringkasnya dahulu.

3. Terkesan lebih praktis

Menggunakan Resoomer terbukti lebih praktis dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan tulisan yang Anda ingin ketahui rangkuman atau isi ringkasannya. Selebihnya Anda hanya perlu menunggu system mengerjakannya.

Di samping itu, mengakses ke dalam situs Resoomer id pun dinilai sangatlah mudah. Anda bisa mengakses ke dalam sius tersebut di mana pun dan kapan pun Anda berada. Anda hanya memerlukan perangkat seperti ponsel dengan koneksi internet untuk mengaksesnya.

4. Dapat diakses secara gratis

Terdapat 2 jenis Resoomer yang dapat Anda akses, baik itu yang berbayar maupun juga yang gratis. Bagi Anda yang ingin merangkum tanpa dipungut biaya sepeser pun, Anda dapat memilih opsi akses secara gratis.

Meskipun gratis, Anda tetap dapat menikmati fitur yang ditawarkan dalam situs peringkas otomatis tersebut. Dengan memilih akses gratis, tulisan dengan karakter 2000 hingga 5000 dapat Anda rangkum dengan praktis tanpa dipungut biaya.

Cara Kerja Resoomer

Cara kerja Resoomer adalah dengan melakukan identifikasi bacaan atau artikel yang ingin dirangkum. Selanjutnya, sistem pada Resoomer akan melakukan scanning selama beberapa saat. Hasil rangkuman dari Resoomer akan dimunculkan pada clipboard dan Anda bisa langsung memeriksa hasil rangkuman tersebut.

Fitur yang Ada Dalam Resoomer

Untuk lebih memahami web Resoomer, ada baiknya Anda mengenal lebih dalam fitur-fitur yang disediakan oleh Resoomer untuk Anda pergunakan. Untuk itu, berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai fitur-fitur yang tersedia dalam website atau situs Resoomer.

1. Otomatis

Salah satu fitur yang bisa Anda nikmati di dalam website atau situs Resoomer adalah fitur otomatis. Sesuai Namanya, tulisan apa pun yang Anda input atau masukkan ke dalam situs Resoomer akan diproses oleh system secara otomatis.

Fitur otomatis ini tentu akan sangat membantu Anda yang ingin hasil ringkasan yang cepat dengan hasil memuaskan. Jika Anda menggunakan fitur otomatis ini, biasanya tulisan yang Anda input akan dirangkum dengan kisaran 50% dari teks aslinya.

2. Analisis Teks

Fitur yang satu ini juga merupakan salah satu jenis fitur Resoomer yang sangat penting, apalagi jika Anda dituntut untuk memahami isi dari teks yang Anda input. Sistem akan memberikan tanda pada poin penting yang ada dalam hasil ringkasan tulisan yang Anda masukkan.

Biasanya, sistem akan memproses, bagian-bagian mana saja yang dinilai penting dari rangkuman teks yang sudah teringkas. Biasanya sistem akan menunjukkannya dengan memberikan highlight pada bagian yang dinilai cukup penting.

3. Optimal

Fitur Selanjutnya yang sangat membantu Anda dalam pengoperasian website Resoomer Indonesia adalah fitur optimal. Bagi Anda yang ingin menentukan kata dalam tulisan yang menjadi keyword, dapat memfilter kata tersebut terlebih dahulu.

Fitur ini membantu Anda untuk pengoptimalan filter dengan cara memasukkan keyword. Supaya Anda lebih mudah dalam memahami materi dalam tulisan tersebut, Anda dapat menginput keyword yang merupakan inti dari rangkuman tersebut.

4. Manual

Fitur unggulan terakhir yang ditawarkan oleh Resoomer adalah fitur manual yang dapat digunakan untuk mengatur jumlah karakter pada ringkasan sesuai keinginan. Anda bisa memilih ukuran ringkasan yang diinginkan dengan fitur ini.

Cara Menggunakan Resoomer

Setelah memahami apa itu Resoomer hingga cara kerjanya, apakah Anda penasaran bagaimana cara menggunakan Resoomer? Resoomer adalah layanan yang cukup mudah untuk digunakan. Berikut kami rangkum cara menggunakannya untuk Anda!

  • Pertama-tama, buka dokumen yang ingin Anda ringkas, lalu copy kata mana saja yang ingin Anda ringkas
  • Buka website Resoomer https://resoomer.com/id/.

  • Paste artikel yang ingin diringkas ke Clipboard.
  • Klik tombol Resoomer berwarna merah di bagian atas Clipboard. Tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil merangkum tulisan tersebut.

  • Tunggu proses meringkas hingga selesai, lalu Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Jika Anda ingin meringkas secara otomatis sesuai dengan pilihan Resoomer, maka pilih “Automatic”.

  • Jika Anda ingin memilih seberapa banyak teks yang diringkas, maka pilih “Manual”. Disini Anda bisa menentukan berapa persen teks dan jumlah kata yang ingin Anda ringkas.

  • Jika Anda ingin meringkas sesuai kata kunci, maka pilih “Optimized”. Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci yang ingin Anda ringkas, sistem Resoomer akan meringkas sesuai kata kunci yang Anda masukkan.

  • Jika Anda ingin melihat kata mana saja yang diambil langsung dari teks aslinya, maka pilih “Analyze”.

  • Jika sudah, silahkan gulir ke bawah maka Anda akan dihadapkan kembali terhadap beberapa pilihan. Jika Anda merasa hasil ringkasannya belum sesuai, maka pilih “Rewrite”. Jika Anda merasa sudah cukup, Anda bisa pilih “PDF” untuk mengunduh dalam format file PDF. Jika Anda merasa hasil ringkasannya masih harus dirapihkan ataupun diedit, maka pilih “DOC” untuk mengunduh dalam format file Word (.docx), selanjutnya silahkan buka file tersebut dan rapihkan di Microsoft Word. Jika Anda hanya ingin copy hasil ringkasan, maka pilih “Copy”.

  • Anda juga bisa translate hasil ringkasan tersebut kedalam beberapa bahasa, silahkan pilih “Translate”, lalu pilih bahasa yang Anda inginkan.

  • Jika sudah, silahkan gulir kebawah, dan unduh sesuai dengan format yang Anda inginkan, atau pilih “Copy” untuk menyalin hasil ringkasan yang sudah diterjemahkan.
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

22 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago