HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Apa itu Value? Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Setiap orang pasti memiliki kepercayaan atau nilai-nilai penting yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai penting tersebut disebut juga dengan value. Value adalah keyakinan atau nilai yang dipegang oleh sekelompok individu dan menjadi pedoman atau tuntunan dalam bersikap.

Dengan kata lain, value merupakan nilai penting dalam diri manusia yang menentukan cara kita dalam berinteraksi dengan sesama, baik di kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia pekerjaan. Value merupakan hal penting dalam diri manusia, sehingga manusia perlu tahu bagaimana cara untuk meningkatnya agar kualitas diri menjadi lebih baik.

Simak penjelasan mengenai pengertian value dan cara meningkatkan value diri menjadi lebih baik berikut ini :

Apa Itu Value?

Value adalah istilah Bahasa Inggris, yang jika diterjemahkan secara harfiah dapat berarti nilai. Value sebenarnya memiliki beragam arti. Misalnya, Kamus Cambridge mengartikan value sebagai nilai dalam bentuk mata uang, angka, harga, hingga tingkat kegunaan atau kepentingan.

Selain berkaitan dengan ekonomi, value juga dapat didefinisikan sebagai nilai atau kepercayaan yang dipegang oleh seseorang dalam hidupnya. Nilai-nilai inilah yang akan menentukan seseorang dalam bersikap atau berinteraksi dengan orang lain.

Value adalah nilai yang bersifat individual. Artinya, setiap orang punya pemahaman atau interpretasi berbeda terhadap nilai yang mereka pegang. Jadi, tidak semua orang memegang value yang sama.

Sebagai contoh, beberapa orang lebih mengedepankan nilai moral, namun ada pula yang mengedepankan nilai spiritual. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada cara mereka menjalani kehidupan sehari-hari.

Dari penjelasan tadi, maka dapat disimpulkan bahwa value adalah sesuatu hal yang penting karena menjadi dasar etika untuk mengatur perilaku dalam masyarakat.

Jenis Value

Karena value adalah nilai yang beragam, maka terdapat beberapa jenis atau tipe value yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Personal value

Personal value adalah nilai yang dapat membantu seseorang untuk lebih bahagia dan menemukan apa yang diinginkan dalam hidup. Nilai yang dianut oleh masing-masing orang tidaklah sama. Misalnya, ada yang memegang teguh kedisiplinan, ada yang fokus pada kegigihan, empati, dan lain sebagainya.

Jenis value yang satu ini dipengaruhi oleh personal experience, sehingga masing-masing orang memiliki parameter yang berbeda dalam memandang benar atau salah, baik atau buruk, dan hal lainnya.

2. Social value

Social value atau nilai sosial adalah value yang ditentukan oleh komunitas atau masyarakat. Jenis value ini penting untuk dipatuhi oleh setiap individu karena kita hidup secara sosial. Secara umum, social values disebut juga sebagai etos.

Contoh dari social value adalah adanya solidaritas dalam bermasyarakat. Solidaritas menunjukkan komitmen untuk membantu sesama dan saling bersosialisasi antar masyarakat.

Contoh lainnya yaitu identitas budaya. Dalam suatu lingkungan, kamu harus bisa menghormati budaya yang ada di dalamnya.

3. Spiritual values

Menurut Life Persona, spiritual values atau nilai-nilai religius adalah nilai yang dianut individu berdasarkan keyakinannya. Nilai ini tidak sama dengan sisi material yang terlihat, nilai ini sifatnya tidak berwujud tetapi bisa sangat dalam dan berhubungan dengan kehidupan.

Nilai spiritual juga dirasakan dan diterapkan berdasarkan pengalaman pribadi. Contoh nilai spiritual adalah keimanan (faith) dan ketakwaan (holiness).

4. Moral values

Nilai-nilai moral mencakup nilai-nilai yang kita ikuti dan yakini untuk mencari kebahagiaan dan realisasi diri melalui kualitas-kualitas yang baik.

Individu tidak harus mengikuti nilai-nilai itu sendiri, tetapi alangkah baiknya jika diikuti, nilai-nilai moral juga merupakan nilai-nilai yang diterima oleh masyarakat.

Kejujuran, kebaikan dan etika adalah contoh nilai moral yang harus diterapkan. Nilai-nilai moral mengarah pada menemukan kebahagiaan dalam diri sendiri dengan menerapkan nilai-nilai tersebut.

5. Constitutional value 

Jenis atau tipe lain terkait value adalah constitutional value. Constitutional value adalah nilai yang ditentukan oleh konstitusi atau pemerintah sebuah negara. Warga negara wajib mematuhi nilai tersebut karena mencerminkan nilai dan cita-cita negara.

Contoh constitutional value yang dianut oleh Indonesia adalah Pancasila. Lima sila dasarnya menjadi landasan hidup bermasyarakat dan bernegara.

Cara Meningkatkan Value

Value adalah nilai yang dianut dalam menjalani kehidupan. Setiap value yang Anda pegang tentu akan berpengaruh pada kehidupan Anda sendiri, baik kini maupun nanti. Value ini diharapkan mampu membawa seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dan tentunya membawa kebahagiaan untuk dirinya sendiri.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk selalu mencoba meningkatkan value yang ada pada diri Anda. Apa saja cara untuk meningkatkan Value? Berikut diantaranya :

1. Tentukan value yang Anda pegang

Anda bisa membuat daftar value yang selama ini dipegang. Value tersebut bisa dilihat dari momen saat Anda merasa bahagia atau merasa bangga. Pegang teguh value tersebut karena ada saatnya nilai-nilai tersebut akan diuji atau bertentangan dengan orang lain.

2. Belajar dari kesalahan

Kesalahan adalah hal yang lumrah. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri atau sampai mempertanyakan self-worth Anda. Hal yang terpenting adalah belajar dari kesalahan tersebut dan memperbaikinya di waktu mendatang.

3. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Setiap orang punya value masing-masing. Dengan begitu, pengembangan diri, sikap, perilaku, hingga proses mencapai tujuannya bisa jadi berbeda dengan Anda. Jadi, fokuslah pada diri sendiri dalam mencapai tujuan sendiri. Tidak perlu membandingkan kesuksesan Anda dengan orang lain.

4. Memahami bahwa tidak semua hal bisa dikontrol

Anda harus belajar untuk membuat diri Anda sadar bahwa tidak semua hal ini bisa dikontrol. Tidak semuanya akan berjalan sesuai keinginan atau kuasa Anda. Karena itulah, Anda lebih baik fokus pada hal-hal baik di sekitar Anda dan tidak perlu stres dengan hal-hal yang tak bisa Anda kontrol.

Pentingnya Memahami Value dalam Bisnis

Value sangat berperan penting dalam bisnis dan kehidupan. Bagaimana peran dari value terhadap dua aspek tersebut? Mari kita mulai dari membahas tentang peran value dalam bisnis.

1. Membantu dalam proses pengambilan keputusan bisnis

Value yang diterapkan dalam sebuah bisnis akan menjadi landasan yang membantu karyawan dalam proses pengambilan keputusan. Mereka lebih mudah mengambil keputusan terutama ketika dihadapkan pada situasi krisis perusahaan karena mengetahui tujuan dan value perusahaan yang harus diterapkan dalam bisnis.

2. Meningkatkan semangat karyawan

Value haruslah tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari supaya visi bisnis bisa dikomunikasikan kepada seluruh tim. Kekompakan tim meningkat dan mereka bisa menghindari keputusan yang kurang efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan. Value bisnis yang kurang jelas justru membuat anggota tim kurang konsisten dan sering bingung karena tidak mengetahui arah tujuan utama perusahaan.

3. Menyatukan anggota dalam tim

Bisnis yang memiliki value yang jelas akan lebih mudah termotivasi dan mampu mendorong keterlibatan karyawan dalam setiap proses perkembangan bisnis. Karyawan pun bisa menentukan perilaku dan keputusan yang menjadi prioritas utama jika mengetahui value utama suatu bisnis.

4. Menjadi identitas perusahaan di mata publik

Pelanggan mana pun pasti akan memilih bisnis yang memiliki value yang kuat dan mampu menghadirkannya di tengah masyarakat. Value sebuah bisnis dapat mengedukasi pelanggan dan membantu mereka memahami tujuan utama dan prinsipnya.

5. Menentukan kandidat yang tepat

Value menjadi filter utama dalam menemukan kandidat karyawan yang tepat ketika melakukan perekrutan. Value perusahaan yang jelas dapat menarik, merekrut, dan mempertahankan para tenaga profesional yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

5/5 - (3 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

11 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

14 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

4 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago