HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Aplikasi Line : Aplikasi Pengirim Pesan Instan Gratis

Perkembangan teknologi informasi yang terus meningkat cepat membuat perusahaan teknologi terus menghadirkan fitur dan inovasi baru, tujuannya untuk mendapatkan pengguna sebanyak-banyaknya dan membuat pengguna nyaman berlama-lama menggunakan.Salah satu sosial messenger yang cukup populer dikalangan anak muda yakni aplikasi LINE.

Aplikasi LINE menawarkan fitur yang cukup beragam,beberapa fitur unggulannya yakni LINE Webtoon,LINE Today dan Sticker..Jumlah pengguna LINE memang membuktikan pengguna LINE di Indonesia terbilang cukup banyak,dominasi 80 % remaja dan millennial.

Pada artikel kali ini,kita akan membahas secara lengkap mengenai apa itu LINE ? Lalu fitur,manfaat serta kelebihan kekurangan aplikasi LINE :

Mengenal Apa Itu Aplikasi LINE ?

LINE merupakan aplikasi pesan instan yang membuat penggunanya saling berkomunikasi melalui jaringan internet.LINE sebagai aplikasi paling laris di 42 negara,termasuk di negara Indonesia.Pengguna LINE saling berkomunikasi dengan mengirim pesan teks,gambar,foto,video,audio dan lainnya.Dalam perkembangannya,LINE didukung pada beragam sistem operasi seperti iOS (iPhone),Android,Windows,MacOS,BlackBerry dan Firefox OS.

Dimanakah Download Aplikasi LINE ?

Untuk pengguna Android dapat mengunduh aplikasi LINE dari Google Play dan iOS (iPhone) bisa mengunduhnya melalui App Store.Sedangkan untuk pengguna Microsoft Windows bisa mengunduhnya melalui Windows Store atau bisa juga melalui layanan unduhan pihak ketiga yang banyak tersedia di Internet.Selain menghadirkan LINE Standar yang ukurannya relatif besar,perusahaan telah mengembangkan LINE dengan ukuran dan penggunaan yang lebih ringan,yakni LINE Lite.Jika kalian ingin mendownload aplikasi LINE yang tidak banyak memakan memori penyimpanan kalian bisa gunakan Line Lite saja.

Perkembangan Aplikasi LINE

  • Pengembang : LINE Corporation,LINE pada awalnya dikembangkan oleh NHN Corporation.Saat ini dimiliki oleh Lee Hae-jin, Chairman Naver (pemilik LINE).
  • Sistem Operasi : iOS,Android,Windows Phone,BlackBerry,Microsoft Windows,Mac OS X, NOKIA Asha series dan Firefox OS.
  • Jenis : Pengiriman pesan instan.
  • Lisensi  : erangkat lunak milik perorangan.
  • Situs web : line.me/en

Awalnya,aplikasi LINE dikembangkan saat tanggap bencana yang terjadi tahun 2011 di Tohuka Jepang.Saat itu,tsunami melanda negara jepang dan merusak sistem komunikasi secara nasional.Dengan alasan tersebut,NHN Jepang unit dari NHN Corporation Korea Selatan mulai mengandalkan sumber daya berbasis internet.Solusi yang diambil yakni mengembangkan aplikasi LINE sebagai alat komunikasi dan rilis secara publik pada Juni 2011.

LINE membuat publik puas dan terbantu.Terbukti pada akhir Oktober 2011,LINE memiliki banyak pengguna sampai membuat kelebihan pada beban server.Akhirnya,mereka mencoba meningkatkan skalabilitas dengan mengadopsi penyimpanan HBase untuk profil pengguna,kontak dan grup.Depan bulan semenjak dirilis,LINE memiliki lebih dari 100 juta pengguna; enam bulan kemudian mencapai 200 juta pengguna.Akhir Nobember 2013,LINE memiliki pengguna hingga 300 juta lebih.Bulan April 2014,LINE mengumumkan telah memiliki pengguna hingga 400 juta.Tahun 2017,pengguna LINE terus berkembang hingga 700 juta pengguna.Selain menghadirkan aplikasi pesan instan,LINE terus mengenbangkan fitur lain,yakni LINE webtoon,LINE Pay,LINE Taxi,LINE Wow,LINE Man,LINE Today,LINE Shopping dan lainnya.

Fitur Aplikasi LINE

LINE menghadirkan beragam fitur menarik yang belum banyak dihadirkan aplikasi serupa lainnya.Di Indonesia,aplikasi LINE banyak digunakan untuk hiburan seperti LINE Today dan Webtoon.Berikut ini daftar fitur-fitur yang ada di aplikasi LINE :

  • Chat,Voice Call,Video Call,Story Dan Group

Melalui aplikasi LINE pengguna dapat melakukan beragam aktivitas komunikasi seperti : berkirim pesan teks,sticker,gambar,foto,video,melakukan panggilan suara,panggilan video,membuat dan bergabung dalam sebuah grup/komunitas serta berbagi aktivitas lainnya melalui fitur story. Pengguna juga bisa saling berbagi format file attachment atau lampiran,seperti dokumen,RAR,ZIP,JPG,PNG dan lainnya.Selain itu,pengguna juga dapat berbagi kontak,lokasi,keep (file yang disimpan),split bill,polling,jadwal dan lainnya.

  • Sticker dan Tema

LINE adalah juaranya sticker,LINE menghadirkan beragam sticker yang lucu dan unik yang jarang ada di aplikasi chat lainnya.Melalui fitur Toko Sticker,pengguna dapat mengunduh Sticker pilihan,ada yang gratis dan berbayar.Selain Sticker,LINE tersedia kostumisasi tampilan dengan mengunduh beragam pilihan tema unik dan keren.Sayangnya,semua tema berbayar,pengguna perlu isi koin sesuai dengan harga koin melalui Google Play,GoPay dan kartu kredit/debit.

  • LINE Jobs

Bagi pengguna LINE dapat mencari lowongan pekerjaan melalui fitur LINE Jobs.Fitur tersebut dapat memungkinkan pengguna untuk mencari pekerjaan sesuai dengan lokasi terdekat.Jangan takut mengenai loker penipuan,LINE bekerja sama dengan situs loker yang tentunya legal dan terpercaya.

  • LINE Shopping

LINE Shopping yang mana pengguna dapat mencari produk marketplace melalui aplikasi LINE.LINE Shopping bekerja sama dengan iPrice yang merupakan situs perbandingan harga dari banyak marketplace di Indonesia seperti Tokopedia,Bukalapak,Lazada,Blibli dan Shopee.Beragam kebutuhan tersedia di LINE Shopping seperti Celana,Kaos,Charger,Gadget hingga Obat-obatan.

  • Watch Now

Pengguna dapat menonton beragam video hiburan dan informasi menarik yang disediakan oleh LINE Today.Selain melalui aplikasi,pengguna dapat menonton video LINE Today melalui situs LINE Today yang dapat diakses melalui browser smartphone ataupun komputer.

  • LINE Today

Merupakan portal berita yang berisi informasi menarik tentang dunia artis,hiburan,games,otomotif,musik,teknologi dan lainnya.LINE Today juga merupakan bagian dari LINE Corporation yang telah bekerja sama dengan media di Indonesia seperti Kompas,Liputan6, Medcom,Kumparan dan lainnya.Pengguna dapat mengakses LINE Today melalui aplikasi LINE atau melalui browser.

  • LINE Webtoon

Merupakan portal webtoon yang dikembangkan oleh Naver Corporation di Korea Selatan pada tahun 2004.Pengguna dapat menemukan beragam komik seru dan menghiburan setiap harinya secara bebas dan gratis.LINE bekerja sama dengan Naver Corporation sehingga pengguna LINE dapat mengakses semua komik melalui aplikasi LINE atau dengan mengunduh LINE Webtoon lewat Google Play dan App Store.

  • Keep

Keep merupakan fitur penyimpanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan berkas file foto, gambar,video,tautan,teks dan lainnya.Batas penyimpanan berkas di LINE Keep yakni 1 GB.Dengan memanfaatkan fitur tersebut,pengguna lebih mudah dalam berbagi foto, video serta jenis format lainnya.

  • LINE Pay

LINE Pay Corporation memperkenalkan fitur LINE Pay yand dapat membuat pengguna saling mengirim uang ke sesama pengguna LINE dan melakukan pembayaran pada sebuah toko/ minimarket.Layanan ini terus dikembangkan seperti aplikasi digital payment pada umumnya.Selain menghadirkan fitur pembayaran, pemilik merchant dapat mengintegrasikan dengan aplikasi POS (Point of Sales) sehingga memudahkan merchants untuk mengelola transaksi.LINE Pay saat ini tersedia di negara Jepang,Taiwan dan Thailand.

  • LINE Taxi

LINE menghadirkan fitur baru bernama LINE Taxi,seperti aplikasi GO-JEK dan Grab di Indonesia,LINE Taxi memungkinkan pengguna untuk memesan taxi secara online.LINE bekerja sama dengan Nihon Kotsu,sebuah layanan taksi online di Jepang.Pengguna dapat melakukan pembayaran secara otomatis dengan menghubungkan aplikasi LINE ke LINE Pay.Hingga kini,fitur ini hanya tersedia untuk negara Jepang.

  • LINE TV

LINE TV merupakan layanan video on demand tersedia untuk negara Taiwan dan Thailand.Melalui fitur ini,pengguna dapat menonton beragam layanan streaming seru seperti TV Shows,TV Original serta beragam pilihan kategori menarik lainnya mulai dari Drama,Movie, Music, Entertaiment, Y-Series,Lifestyle dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Aplikasi LINE

Aplikasi LINE tidak hanya berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi antar pengguna,namun juga dikembangkan dalam banyak hal, seperti bisnis,hiburan,jasa hingga pembayaran.Namun secara umum,berikut fungsi dan manfaat menggunakan aplikasi LINE :

  • Media Komunikasi Personal dan Publik

Aplikasi LINE dirancang sebagai media komunikasi personal dan publik dimana pengguna dapat saling berkirim pesan singkat dalam bentuk teks,gambar,foto,video hingga beragam jenis format file lainnya.LINE mengandalkan jaringan internet untuk berkirim dan bertukar informasi secara bebas dan gratis.

LINE menggunakan teknologi end-to-end encryption untuk keamanan berkirim pesan secara personal dan grup,melakukan panggilan suara dan video.Fitur terbaru juga membuat pengguna dapat melakukan meeting dengan mengundang anggota atau menggunakan tautan/ link.Jumlah anggota dalam sebuah meeting LINE terbatas,maksimal untuk 50 anggota.

  • Media Hiburan dan Bisnis

Pengguna dapat saling berinteraksi melalui kolom berkomentar seperti LINE Today dan LINE Webtoon.Melalui media tersebut,pengguna dapat menemukan kabar terbaru dunia hiburan dan artis paling hits saat ini.Dalam media Webtoon,pengguna juga dapat menikmati beragam komik seru,lucu dan romantis yang bisa diakses secara bebas dan gratis.Khusus untuk pengguna LINE yang ada di Jepang,pengguna dapat menggunakan LINE Pay sebagai media pembayaran dan LINE Taxi untuk memesan taksi secara online.Meski masih terbatas,fitur tersebut sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.Tentunya banyak manfaat LINE pada bidang bisnis dan hiburan.

  • Media Berbagi dan Penyimpanan

Fitur Keep membuat pengguna dapat menyimpan beragam jenis file seperti teks,foto,gambar,video,audio,dokumen,tautan dan lainnya.Fitur ini memudahkan pengguna untuk saling berbagi file secara cepat tanpa harus mencarinya satu persatu.Pengguna LINE saling berbagi file melalui ruang obrolan personal atau dalam sebuah grup/komunitas.Fitur terbaru yang ada di Timeline juga memungkinkan pengguna membuat cerita (story) dalam bentuk foto atau video dengan penambahan efek-efek seperti FB atau Instagram.

  • Jaringan Pertemanan Tanpa Batas

Pengguna yang telah terdaftar di LINE,Secara otomatis akan terhubung dengan pengguna lain.Fitur ini sama dengan aplikasi chat pada umumnya.Menariknya,ketika grup WhatsApp hanya dibatasi maksimal 256 anggota,LINE memiliki jumlah lebih besar hingga 500 anggota (termasuk admin).Dengan jaringan pertemanan yang lebih luas,maka LINE bisa jadi pilihan ketika ingin membuat grup/komunitas dengan anggota yang banyak.

Kelebihan Aplikasi LINE

Aplikasi LINE tentunya tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangannya.Pengguna dapat menemukan kelebihan aplikasi LINE berikut ini :

  • Digunakan secara gratis : Pengguna bisa menggunakan LINE secara bebas dan gratis melalui jaringan internet.
  • Jumlah anggota grup cukup banyak : LINE menghadirkan jumlah lebih banyak yakni 500 anggota.
  • Mendukung banyak platform : LINE dikembangkan pada banyak sistem operasi populer,seperti : Android,iOS,Windows Phone,Microsoft Windows,Mac OS,Nokia Asha Series dan Firefox OS.
  • Sticker LINE  : LINE menghadirkan beragam sticker lucu dan unik yang lebih baik ketimbang stiker yang dihadirkan oleh aplikasi pesan instan lainnya.Untuk mendapatkannya,pengguna harus membeli dengan point atau melakukan pembayaran dengan Google Play/pulsa.
  • Ada LINE Lite : Untuk pengguna ponsel low-end dengan memori internal dan RAM terbatas,maka disarankan untuk menggunakan LINE Lite dengan ukuran dan penggunaan memori yang lebih sedikit.

Kekurangan Aplikasi LINE 

Meski ada kelebihannya,tentunya penggunaan aplikasi LINE memiliki kekurangan :

  • Perlu koneksi internet stabil : Ketika menggunakan LINE,pengguna membutuhkan koneksi internet stabil agar aktivitas tetap optimal, terutama ketika membuka konten LINE Today,memutar video Watch Now atau membaca komik di LINE Webtoon.Semua perlu koneksi stabil.
  • Ukuran aplikasi cukup besar : LINE memiliki ukuran yang relatif besar sehingga menguras penyimpanan internal dan RAM ketika dijalankan. Alternatif untuk pengguna smartphone low-end bisa gunakan LINE Lite dengan ukuran lebih kecil.
  • Tema LINE banyak yang berbayar : LINE memungkinkan pengguna untuk melakukan kostumisasi tampilan,namun kebanyakan tema LINE yang dihadirkan tidak gratis,lebih banyak yang berbayar.
  • Beberapa fitur belum tersedia secara publik : Fitur unggulan LINE,seperti LINE Pay,LINE Taxi dan LINE TV hanya tersedia untuk beberapa negara saja,jadi penggunaanya masih terbatas.

 

Di Indonesia banyak pengguna LINE di dominasi oleh remaja dan dewasa.Ciri khas Sticker,Webtoon,LINE Today,LINE Shopping serta beragam fitur menarik lainnya membuat remaja di Indonesia masih terus menggunakan LINE.Selain itu,para kreator sticker LINE juga tumbuh lebih cepat mengingat pembuatan sticker dibuat lebih mudah daripada dahulu.Untuk membuat Sticker,pengguna cukup mengambil foto,kemudian edit dan sedikit tambahkan kata-kata,lalu dijadikan itu sebagai Sticker.

Demikian artikel penjelasan tentang pengertian,perkembangan,fitur,fungsi dan manfaat aplikasi LINE.Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan,silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah.Sekian artikel ini,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

21 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

1 day ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago