HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

PayPal : Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Pengertian PayPal

PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, di mana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Metode yang digunakan PayPal sangat berbeda dengan metode sebelumnya, di mana pengiriman uang masih dilakukan dengan menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos, yang pada umumnya akan membutuhkan sejumlah waktu yang terbilang cukup lama dalam pelaksanaannya.

Hingga saat ini PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para marketer online, sebab transaksi menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang terbilang cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa.

Berbeda dengan transaksi online banking lainnya yang hanya terbatas pada transaksi satu negara saja, PayPal memiliki jaringan luas dan bisa dilakukan antar negara sekalipun.

Hal ini menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggunakan PayPal di dalam bisnis online yang mereka kelola, sebab PayPal memudahkan pengiriman uang dan juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pebisnis online di mana saja berada. Transaksi menggunakan PayPal akan berjalan dengan mudah dan sangat lancar, selama pengguna memiliki rekening PayPal yang terhubung dengan bisnis yang mereka jalankan.

Manfaat Menggunakan PayPal

Dengan menggunakan PayPal bisa memperoleh berbagai manfaat seperti berikut ini :

1. Fleksibilitas bagi penjual

PayPal sangat bermanfaat bagi penjual yang menawarkan produknya lewat situs belanja online. Pasalnya seorang penjual dapat menerima transaksi dengan cepat dan mudah dari pembeli ketika seorang pembeli memutuskan untuk membeli barangnya secara online.

Pembeli tinggal menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit, lalu uang akan masuk dengan cepat dan mudah ke akun penjual. Fleksibilitas seperti ini tentu sangat memudahkan penjual untuk tetap menawarkan produknya lewat situs belanja online.

2. Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan menggunakan PayPal transaksi terbilang akan berjalan dengan cepat antara penjual dan pembeli. Pasalnya transfer dari sesama akun PayPal ataupun dari akun PayPal ke rekening bank hanya memakan waktu 24 jam.

3. Harga terjangkau

Meskipun membayar dengan PayPal akan dikenakan biaya administrasi, tetapi biayanya tersebut terbilang sangat murah dan terjangkau.

Biaya administrasi ketika menggunakan PayPal adalah 30 sen dolar AS per transaksi, ditambah 3% dari total jumlah tranksaksi.

4. Membeli dengan aman

Membeli menggunakan akun PayPal sudah dipastikan aman dan tidak akan ada penipuan. Sebab PayPal memberikan jaminan kepada penjual maupun pembeli.

Bagi pembeli, mereka dapat menghubungi PayPal apabila terjadi masalah terhadap pesanannya, seperti tidak sesuai ataupun barang tidak sampai dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Bagi penjual sendiri, PayPal sangat aman karena mereka tidak perlu takut penipuan yang akan dilakukan oleh pembeli, karena hal tersebut dihindari oleh PayPal.

5. Privasi akun PayPal aman

Jangan khawatir jika sebagai pembeli terhadap keamanan dari akun PayPal. Sebab, PayPal menjaga kerahasiaan data diri kamu sehingga tidak menyebar ke mana-mana dan menimbulkan penyalahgunaan akun.

6. Mudah melihat histori transaksi

Ketika menggunakan PayPal dapat melihat transaksi apa saja yang telah dilakukan selama sebulan atau bahkan seminggu ke belakang.

7. Bersifat global

Saat ini PayPal merupakan salah satu metode pembayaran yang mudah diterima oleh berbagai situs belanja online di seluruh dunia.

Dengan demikian, maka PayPal ini bersifat global karena mampu melakukan transaksi jual beli antar negara.

Cara Menggunakan PayPal untuk Belanja

Banyak orang yang ingin menggunakan PayPal namun masih belum tahu caranya bagaimana. Oleh karena itu, berikut akan menjelaskan bagaimana menggunakan PayPal.

Menurut Digital Unite, sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya perlu membutuhkan dua hal berikut :

  • Komputer ataupun handphone dengan koneksi internet.
  • Rekening bank/ kartu kredit/ debit.

1. Pergi ke website PayPal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke website PayPal, lalu setelah itu klik Sign Up untuk melakukan pendaftaran.

2. Pilih akun pribadi

Setelah klik Sign Up maka akan dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu akun bisnis atau akun pribadi. Pilih akun pribadi untuk menggunakannya untuk diri sendiri. Setelah itu klik lanjutkan.

3. Isi data diri

Selanjutnya akan diminta untuk mengisi seluruh data diri, seperti nama, alamat email dan juga password. Setelah itu, pilih lagi lanjutkan.

4. Isi alamat lengkap

Isi alamat dengan selengkap mungkin, karena ini akan menjadi tempat di mana akan menerima barang dari barang yang dibeli secara online.

Setelah diisi lengkap, klik di kotak kedua untuk mengkonfirmasi bahwa telah memahami dan membaca perjanjian user.

5. Pilih belanja online

Dalam tahap ini akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu belanja online atau mengirimkan uang kepada orang.

Karena di contoh ini fokus kepada belanja online, maka pilih belanja online setelah itu klik “Get Started“.

6. Tambahkan kartu kredit atau debit

Jika sudah memilih mulai, hanya harus menambahkan kartu kredit ataupun kartu debit sebagai salah satu pembayaran online dengan menggunakan PayPal nantinya.

7. Mulai Belanja

Saat ingin berbelanja atau melakukan suatu donasi secara online dengan memanfaatkan akun PayPal, maka hanya perlu memilih logo paypal dan masuk pada akun PayPal dengan menggunakan alamat email dan juga kata sandi untuk melakukan pembayaran.

Nantinya, PayPal akan secara otomatis memberikan jaminan pada produk barang yang sudah dibeli apabila terjadi suatu kerusakan atau ketidak sesuaian pesanan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Rekening PayPal

Perbedaan Paypal dan Kartu Kredit

  1. Tidak semua merchant atau orang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Jika menggunakan kartu kredit harus mendaftar ke bank terlebih dahulu. Jika menggunakan paypal tentu mudah karena membuat akun paypal tidak sulit dan syaratnya tidak sebanyak membuat kartu kredit.
  2. Keamanan. Jika menggunakan kartu kredit maka informasi kartu bisa saja terekspos oleh banyak pihak apalagi dalam melakukan transaksi online. Bisa saja akun rentan dicuri. Kalau paypal, akan lebih aman, tidak ada info yang terekspos pihak luar. Hanya paypal yang tahu.
  3. Bisa menyimpan saldo. Hal ini berbeda dengan kartu kredit. Misalnya ingin jual beli online cukup menyimpan saldo yang sudah diterima di rekening paypal. Tidak perlu biaya transfer, saldo langsung bisa digunakan.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago